Home » Berita » Daihatsu Sigra Masih Duduki Penjualan Tertinggi

Daihatsu Sigra Masih Duduki Penjualan Tertinggi

Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.

Jakarta – Penjualan mobil di awal 2020 terbilang sepi bila dibandingkan dengan akhir 2019. Hal ini disebabkan karena akhir tahun tidak sedikit diler-diler mobil menawarkan promo menarik kepada konsumen. Sepinya penjualan mobil pada Januari 2020 turut dirasakan oleh Daihatsu. Januari tahun lalu saja Daihatsu mampu membukukan penjualan retail (diler ke konsumen) sebanyak 16.274 unit, dan wholesales (dari pabrik ke diler) 14.769 unit. Sedangkan penjualan retail pada periode yang sama di tahun ini menurun tipis. Daihatsu hanya berhasil menjual sebanyak 14.582 unit mobil dan wholeasales 14.173 unit.

Pada periode Januari, penjualan retail Daihatsu masih dipimpin oleh Sigra. Total penjualan Daihatsu Sigra selama Januari 2020 sebanyak 4.307 unit atau berkontribusi sekira 29,5% dari total keseluruhan penjualan mobil Daihatsu. Di bawah Daihatsu Sigra diisi oleh Gran Max (PU) dengan penjualan retail sebesar 2.920 unit (20%), dan diikuti Terios 2.261 unit (15,5%).

Produk Daihatsu lain seperti Xenia terjual 1.883 unit (12,9%), Ayla mencapai 1.566 unit (10,7%), dan Gran Max (MB) 1.251 unit (8,6%). Tiga produk Daihatsu lain yang juga turut memberikan kontribusi penjualan sepanjang Januari meski tidak terlalu besar yaitu Daihatsu Luxio dan Sirion. Total penjualan dari ketiganya hanya 394 unit atau menyumbang sekira 2,7% dari total penjualan mobil.

penjualan mobil baru
Daihatsu Terios meraih penghargaan desain terbaik. Foto/ADM

“Kami bersyukur, Daihatsu mengawali tahun 2020 dengan capaian penjualan yang cukup baik di tengah penurunan market dan merebaknya virus Corona. Daihatsu tetap mencatatkan pencapaian positif,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangan resminya.

Pencapaian ini tak lepas dari kuatnya jaringan penjualan dan purna jual (after sales) yang tersebar di seluruh Indonesia dan selalu bertambah jumlahnya. Hal ini tentunya dapat memberikan kemudahan kepada konsumen yang hendak membeli mobil maupun melakukan perawatan.

“Menunjukkan komitmen Daihatsu untuk terus meningkatkan pelayanan penjualan dan purna jual bagi seluruh Sahabat Daihatsu,” pungkas perempuan yang akrab disapa Amel itu.

Penjualan Daihatsu di Awal Tahun Selalu Turun

Bila dibandingkan dengan Januari 2019, angka penjualan Daihatsu turun sekira 10 persen untuk retail sales, lalu 4 persen wholesales. Penurunan penjualan di awal tahun merupakan hal yang sudah biasa terjadi.

“Tapi itu wajar karena Desember ya kami jualan besar-besaran. Kalau tidak salah sampai 16.000 unit lebih,” terang Hendrayadi.

Dari total mobil Daihatsu yang terjual sepanjang Januari 2020, Sigra masih menjadi produk dengan penjualan tertinggi di antara produk Daihatsu lainnya. Kemudian dibelakang Daihatsu Sigra ada Gran Max, Xenia dan Terios.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Sudah Punya Teknologi dan Produknya, Kenapa Suzuki Belum Luncurkan Mobil Hybrid?

Previous post
Resmi Diluncurkan, Harga Suzuki XL7 Dibanderol Mulai dari Rp230 Juta
Next post
Honda Skill Contest Cara Ciptakan Tenaga Handal untuk Konsumen