Home » Berita » Daihatsu Ungkap Alasan Diskon Sirion Hanya Rp5 Juta

Daihatsu Ungkap Alasan Diskon Sirion Hanya Rp5 Juta

Daihatsu Sirion
Daihatsu Sirion akan meluncur kembali bulan depan. Foto/Okezone.

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia sampai sekarang masih mempertahankan keberadaan Sirion. Padahal dari segi penjualan, Daihatsu Sirion hanya mampu mengumpulkan 150 hingga 200-an unit dalam satu bulan. Angka tersebut jauh di bawah para pesaingnya seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, dan Suzuki Baleno.

Rupanya setelah ditelisik lebih dalam dan berkat masukan dari banyak pihak, Daihatsu berhasil menemukan jawaban mengapa Sirion kurang mendapat sambutan baik dari konsumen. Ternyata permasalahan utamanya terletak pada pemberian diskon.

Daihatsu memberikan diskon kecil kepada konsumen yang hendak atau tertarik untuk memiliki Sirion. Adapun besaran diskonnya hanya Rp5 juta. Berbeda dari mobil hatchback lain, katakanlah Baleno yang berani memberikan diskon cukup besar hingga Rp25 juta.

Apabila diskon kecil maka uang muka atau down payment (DP) yang harus konsumen bayar dinilai cukup memberatkan. Sedangkan diskon besar uang muka menjadi lebih terjangkau. Lantas mengapa Daihatsu sejak dulu menerapkan strategi diskon kecil untuk pembelian Sirion?

“Sebenarnya kami enggak mau buang-buang diskon, tetapi karena kompetitor buang-buang diskon, ya mau enggak mau kami harus ikuti,” ungkap Amelia Chandra selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Berkaca dari situ, Daihatsu pun berencana membuat gebrakan baru tahun ini. Daihatsu bakal meluncurkan Sirion dengan sedikit penyegaran termasuk menyiapkan strategi pemasaran baru berupa pemberian diskon lebih besar.

“Harga Sirion baru enggak bisa turun. Kalau mau diskonnya naik (lebih besar) yang penting DP-nya, jadi yang akan kami lakukan nanti melalui strategi diskon,” papar perempuan yang akrab disapa Amel itu.

Membenahi Penjualan Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion (Foto: Carmudi/Youtube)

Daihatsu mengakui memang jumlah penjualan Daihatsu Sirion jauh dari kata cemerlang. Oleh karena itu melalui strategi pemasaran baru Daihatsu sangat yakin bisa membenahi angka penjualan mobil yang menyasar kaum muda itu.

“Intinya, Daihatsu Sirion market share-nya di segmen hatchback itu paling kecil sekali, hanya 7 persen. Nah, kami berharap nanti Maret saat meluncur Sirion baru, momentum itu nanti akan kami pakai untuk membenahi paket kreditnya. Kemudian kami lebih konsentrasi lagi supaya penjualannya bisa lebih bagus dari pada yang sekarang,” timpal Marketing dan CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso.

Seperti diketahui, Daihatsu Sirion merupakan rebadged dari Perodua Myvi. Mobil ini didatangkan dalam bentuk utuh (CBU) dari Malaysia. Sirion sendiri terakhir kali mendapatkan pembaruan pada 2018.

Berbekal mesin 1NR-VE 1.3L DOHC Dual VVT-i, Daihatsu Sirion lebih irit bahan bakar dibanding versi lawasnya. Selain itu, Sirion juga dilengkapi beberapa fitur seperti keyless system, start/stop button, 2DIN Touch Screen Audio dan kamera parkir.

Daihatsu Sirion ditawarkan dalam dua varian, Sirion transmisi manual seharga Rp191,1 juta, sedangkan yang bertransmisi otomatis Rp202,1 juta.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Bedah Kelemahan Nissan Serena C24, MPV Boxy Mewah Murah Meriah

Previous post
Simak Kelebihan KIA Seltos yang Siap Melawan Honda HR-V
Next post
Wajib Tahu, Ini 5 Tanda Helm Motor Harus Diganti

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *