Home » Berita » DAM “Telurkan” Bibit Unggul Mekanik di Kalangan Siswa dan Guru SMK

DAM “Telurkan” Bibit Unggul Mekanik di Kalangan Siswa dan Guru SMK

Para siswa yang menjadi juara
Para siswa yang menjadi juara

Bandung – PT Daya Adicipta Motora (DAM) kembali menggelar kompetisi bertajuk Astra Honda Skill Contest for Vocational School 2019. Lewat kompetisi tersebut, DAM mencoba menelurkan bibit unggul mekanik terbaik dari siswa dan guru SMK. Tujuannya hanya satu, mencari potensi terpendam lewat siswa dan guru yang mengikuti ajang ini.

Kompetisi yang sudah memasuki tahun ke-10 ini mampu menarik animo sebanyak 5.434 siswa dari 134 SMK Teknik di seluruh Jawa Barat. Seluruh peserta kompetisi diharuskan melewati seleksi awal. 10 orang terpilih akan kembali dilombakan untuk maju ke kompetisi nasional. Dari hasil seleksi yang sangat ketat, akhirnya terpilih 40 siswa.

Peserta sedang melakukan uji teori
Peserta sedang melakukan uji teori

“Astra Honda Skill Contest ini merupakan pelaksanaan ke-10 sejak diselenggarakan pada tahun 2010. Yang baru dari kompetisi ini, kita juga mengadakan kompetisi untuk guru SMK-nya juga. Dan ini menjadi tahun pertama untuk kompetisi bagi guru,” buka Denny Budiman, General Manager Technical Service DAM di Bandung, Kamis (12/9/2019) kemarin.

Seleksi AHSC for Vocational School 2019 ini semakin ketat dan komprehensif dengan kriteria dan penilaian yang menyeluruh. Para siswa diharuskan mengikuti babak penyisihan meliputi soal teori dan kerja bangku. Kemudian hari kedua, para finalis akan diuji dengan uji kemampuan teknik yang meliputi ujian teori, ujian Kerja Bangku (analisa teknik) dan ujian trouble shooting.

Siswa sedang melakukan uji praktek.
Siswa sedang melakukan uji praktek.

Kompetisi ini melibatkan juri independen yang berasal dari jaringan bengkel AHASS dan instruktur teknis DAM. Nantinya, kompetisi ini akan menghasilkan 5 orang pemenang. Para pemenang akan maju ke babak nasional dalam ajang Astra Honda Skill Contest for Vocational School 2019 yang diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada bulan Oktober di Jakarta.

Kompetisi Mekanik untuk Guru

Kompetisi ini pun menjadi yang kali pertama DAM menggelar kontes untuk guru SMK. Ada tiga orang guru yang terpilih dan berhasil menjadi juara. Salah satunya Deden Bhakti Indradi Daryana dari SMKN 8 Bandung yang terpilih menjadi juara. Juara dua Iman Mawardi dari SMK Islam Cipasung, dan juara ketiga Khoirul Hidayat dari SMK Bina Mandiri Bekasi.

Instruktur DAM sedang menilai siswa yang mengikuti kompetisi.
Instruktur DAM sedang menilai siswa yang mengikuti kompetisi.

“Di tahun ini, Pak Deden ini menjadi pemenang juara pertama. Ini baru pertama kali diadakan. Nantinya para guru yang menjadi juara ini akan maju di tingkat nasional,” sambung Denny.

Hingga saat ini DAM sudah membina sebanyak 134 SMK yang sudah menjalankan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda (KTBSM) di Jawa Barat. DAM juga menyediakan dan membuka kesempatan bagi lulusan-lulusan SMK TBSM Honda di Jawa Barat untuk dapat bekerja di seluruh jaringan AHASS yang tersebar luas di Jawa Barat.

Berikut Nama-Nama Pemenang Astra Honda Skill Contest for Vocational School 2019

Para siswa yang menjadi juara
Para siswa yang menjadi juara

Tingkat Siswa SMK

1. Danang Bayu Bimantoro – SMK Mitra Industri MM2100

2. Ishaq Zuhala Rosada – SMK Bina Mandiri Bekasi

3. Robi – SMK Karya Nasional Kuningan

4. Muchamad Hambali – SMK Teladan Kertasamaya

5. Andi Surya Dirya – SMK Widya Dirgantara

Para guru yang menjadi juara.
Para guru yang menjadi juara.

Tingkat Guru SMK

1. Deden Bhakti Indradi Daryana dari SMKN 8 Bandung

2. Iman Mawardi dari SMK Islam Cipasung

3. Khoirul Hidayat dari SMK Bina Mandiri Bekasi.

 

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana/Dimas

Baca juga:

Harga Honda Tiger Pantang Goyah, Macan Tua yang Mengaum Lantang

Previous post
Alasan Toyota Menjual All New Corolla Altis Hybrid di Indonesia
Next post
Beli Mobil DFSK di GIIAS Makassar 2019 Dapat Cashback Puluhan Juta