Mobil Reviews

Datsun Go+, Mobil Keluarga Irit dan Terjangkau

Membahas sebuah mobil kecil dengan konsumsi bahan bakar yang irit, tentu saja Anda tidak dapat melupakan mobil yang satu ini. Mobil ini merupakan Datsun GO+ yang me

njadi salah satu alternatif bagi konsumen yang menginginkan mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit dan harga yang terjangkau. Agar lebih paham, kita bahas dulu sedikit sejarahnya ya.

Sejarah Datsun GO+

Mobil ini pertama kali diluncurkan oleh Datsun dan Nissan Motor Company sebagai salah satu mobil keluarga pada tahun 1986. Namun, di tahun 2014, Datsun kembali merilisnya setelah belasan tahun vakum.

Di tahun ini juga Datsun memperkenalkan dua varian, yakni Datsun GO yang hadir dengan bentuk hatchback dan Datsun GO+ dengan bentuk MPV. Keduanya mampu mengangkut penumpang hingga 5 orang.

Pada saat pertama kali meluncur, mobil ini dibekali dengan mesin 1.200 cc, dengan transmisi manual. Baru di tahun 2018 ini, Datsun memberikan ubahan dengan menawarkan transmisi otomatis untuk kedua model tersebut.

Sayang, mobil ini dirasa terlalu lama memberikan transmisi otomatisnya, sehingga penjualannya terus menurun setiap tahun.

Namun, kita tidak akan membahas hal tersebut, tetapi kami akan membahas mengenai apa yang ada pada Datsun GO. Pada pertama kali meluncur, desain yang digunakan pada model ini dinilai sangatlah buruk dan membosankan.

Banyak yang menyoroti model mobil ini, tetapi banyak juga yang memakluminya karena harga jualnya cukup terjangkau dibanding mobil lainnya.

Ubahan Datsun GO+ 2018

Tampilan depan Datsun Go Panca Edisi Khusus

Di tahun 2018 ini, fascia depannya mengalami banyak perubahan terutama pada bagian Front Bumper. Tampilannya menjadi lebih tegas dengan desain bergaya Racing. Fitur modern sekelas lampu Daytime Running Light (DRL) juga semakin menghias elok bodi depannya.

Tentu kehadiran fitur tersebut mampu memberikan kualitas penerangan yang lebih optimal.

Oiya, di tahun ini Datsun menawarkan GO+ dengan beberapa varian. Mulai dari GO+ D M/T, GO+ A M/T, GO+ T M/T, dan GO+ T-STYLE M/T.

Pihak Datsun mengklaim jika eksterior dari All New Datsun GO+ ini terlihat lebih elegan dan stylish berkat ubahan di bagian bumper depan, belakang dan samping. Adanya aksen krom pada mobil ini juga dinilai menjadi sisi kelebihan bagi konsumen Datsun.

Jika melihatnya secara kasat mata, memang sepintas tak ada ubahan yang berarti di mobil ini. Bentuknya hampir sama seperti generasi sebelumnya jika dilihat dari sisi samping.

Di bagian belakang, desain bumper dari Datsun GO+ ini terlihat sedikit lebih lebay, tetapi bagi yang menyukai desain seperti ini, rasanya tak masalah.

Sah-sah aja sih bagi yang menyukai desain mobil keluarga ini. Di bagian belakang ia sudah dilengkapi dengan wiper, dan di sisi samping ia sudah dibekali dengan electric mirror, lampu daytime running LED, dan velg 14 inchi berbahan alumunium.

Interior Datsun GO+

Berlanjut ke bagian dalam. Desain interior dari mobil ini sebenarnya tidak ada yang menjadi nilai lebih. Bagi kami, interior dari mobil terlihat sangat biasa saja, bahkan cenderung standard.

Desain dari dashboard juga masih menggunakan desain seperti model sebelumnya. Menyalakan AC masih menggunakan model kenop seperti kompor, dan kualitas dashboard-nya bisa dibilang di bawah rata-rata.

Oiya, untuk jok, mobil ini sudah menggunakan desain semi bucker dengan bahan fabric, lebih nyaman bagi Anda yang mudah berkeringat. Karena bahan jok ini dapat memberikan aliran angin yang baik tanpa membuat Anda berkeringat lebih banyak.

Setirnya juga masih sama, menggunakan desain versi sebelumnya yang bagi kami sudah cukup usang untuk ukuran mobil baru.

Karena Datsun GO+ ditujukan sebagai mobil keluarga, tak heran jika ia mampu mengangkut kapasitas penumpang hingga 7 orang. Di baris pertama dan kedua memang tak ada masalah, tetapi di baris ketiga ruang kaki dari mobil ini terbilang cukup sempit.

Kurang nyaman jika untuk diisi oleh penumpang dewasa. Lebih cocok untuk di duduki oleh penumpang anak-anak saja.

Berlanjut ke ruang penyimpanan. Datsun GO+ ini juga dibekali dengan berbagai ruang penyimpanan yang cukup banyak agar dapat bersaing dengan kompetitornya.

Kita bahas dari bagian depan dulu ya. Di bagian depan, mobil ini punya cup holder yang cukup banyak. Di sisi kiri ada penyimpanan yang mampu memuat 2 botol, dan di sisi kanan juga ada ruang penyimpanan yang bisa dipakai untuk menaruh 2 botol.

Di bagian tengah, ada dua cup holder yang dapat dijadikan alat menaruh tempat minum. Lanjut ke baris kedua. Di baris kedua, mobil ini sayangnya tidak memiliki cup holder di sisi pintu.

Di bagian belakang, terdapat ruang kecil di bagian samping yang dapat digunakan untuk menaruh benda kecil. Jumlah ini terbilang cukup lah untuk menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Datsun GO+.

Kemudahan bagasi dari mobil ini juga terhitung bagus. Karena kursi di baris kedua dan ketiga dapat dilipat dengan mudah untuk memberi lebih banyak ruang untuk bagasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mau membawa barang banyak dan besar? Tinggal dilipat saja kursinya, beres deh.

Fitur Entertainment

Datsun GO 2018

Untuk mobil berharga di bawah Rp 200 juta, Head Unit All New Datsun GO ini berkualitas di atas rata-rata

Setelah membahas soal ergonomi dari mobil ini, kami akan lanjut membahas di sisi head unit yang ia miliki. Datsun mencoba menawarkan calon konsumen dengan head unit 2 DIN berukuran 6,75 inci yang dapat terkoneksi secara langsung ke smartphone kesayangan Anda. Fitur yang ada pada headunitnya ini pun juga tak lupa dijejali agar menjadi kelebihan yang menarik bagi calon konsumen Datsun GO+.

Head unit ini mampu digunakan untuk menyetel semua lagu favorit yang tersimpan di smartphone melalui system stereo. Anda juga dapat mendengarkan lagu-lagu kesayangan lewat radio AM dan FM. Bahkan kualitas suaranya terbilang cukup mengesankan untuk mobil berkapasitas 7 orang lewat terintegrasinya 2 buah speaker. Smartphone connection yang ada juga sudah tersedia lubang untuk menyetel USB dan juga AUX. Bluetooth yang terkoneksi dengan handsfree pada mobil juga mampu memudahkan Anda pada saat berkendara.

Fitur Datsun GO+ 2018

Semua kaca pada Datsun GO+ ini sudah dilengkapi dengan elektrik power window, tetapi sayangnya hanya sisi pengemudi saja yang sudah dilengkapi dengan auto down dan belum dilengkapi dengan auto up. Jika saja semua kaca sudah dilengkapi dengan auto up and down, wah pasti mobil ini menjadi salah satu mobil yang bisa diperhitungkan secara fitur.

Di generasi terbaru ini, Datsun menanamkan satu fitur baru yang bernama Follow Me Home. Fitur ini diklaim mampu memudahkan penumpang dan pengemudi saat hendak memasuki rumah seketika Anda meninggalkan mobil. Jadi, fitur ini akan menyala setelah Anda mematikan mesin dan keluar dari mobil.

Lampu utama pada mobil nantinya akan secara otomatis menyala demi membantu visibilitas Anda pada saat hendak memasuki pintu rumah.

Fitur ini sebenarnya bukanlah fitur baru di dunia otomotif, namun, adanya fitur ini untuk sekelas mobil murah cukup baik menurut kami. Cara menyalakan fitur ini secara manual, Anda dapat menarik tuas lampu sebanyak 1 kali untuk mendapatkan penerangan lanjutan selama 30 detik.

Jika Anda menarik tuas sebanyak 4 kali, Anda akan mendapatkan penerangan tambahan selama 120 detik, lumayan kan?

Untuk sekelas mobil murah, fitur intelligent wiper system, long range headlamps menjadi barang langka. Tetapi, Datsun menyematkan fitur tersebut sebagai peranti standard.

Fitur intelligent wiper system mampu menyesuaikan frekuensi gerak dengan kecepatan mobil. Sedangkan long range headlamps memungkinkan Anda untuk mendapatkan visibilitas yang lebih jauh dan luas guna mendapatkan visibilitas di tempat yang minim cahaya.

Setelah membahas eksterior, interior dan fitur yang tersemat, kami akan melanjutkan pembahasan dengan membahas sektor mesin. Untuk mesin yang digunakan, Datsun membekali GO+ ini dengan mesin 3 silinder. Hah? 3 silinder? Iya, benar kok 3 silinder.

Mesin Datsun GO+ 2018

Datsun Go Cross

Datsun Cross dan Go Panca menggunakan mesin yang sama. Foto: /carmudi.co.id

Ada alasan menarik mengapa Datsun menanamkan mesin 3 silinder pada model GO+ ini. Mesin 3 silinder ini dinilai lebih baik dalam mengurangi gesekan dibandingkan mesin 4 silinder. Mesin ini dinilai juga mampu memberikan efisiensi bahan bakar yang sangat baik.

Agar semakin nyaman, mesin tersebut dipadukan dengan speed sensitive electric power steering demi memberikan pengendalian dan kenyamanan saat berkendara. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan. Datsun mengklaim jika Anda menginjak pedal dari mobil ini, Anda akan merasakan halusnya getaran mesin.

Hal tersebut dikarenakan Datsun menanamkan pedal akselerator elektronik yang dikendalikan penuh secara elektronik, bukan dengan kabel. Bantingan dari mobil ini juga dikenal empuk berkat penggunaan suspensi depan double pivot arm dengan coil spring di bagian belakang. Lalu, bagaimana dengan system keamanan yang ada pada mobil ini?

Untuk membantu memberikan keamanan, Datsun melengkapi mobil ini dengan cakram dengan sistem ventilasi yang diklaim mampu mengurangi gangguan kinerja rem pada saat overheating. Rem akan jauh lebih aman pada saat kondisi menurun dan juga menanjak. Selain itu, Datsun juga menawarkan mobil ini dengan radius putar yang kecil.

Fitur Keselamatan Datsun GO+ 2018

Datsun GO+ ini juga sudah memberikan Airbag di bagian depan, sehingga mampu meminimalisir potensi cidera ketika terjadi kecelakaan. Pada bangku pertama juga sudah dibekali Seatbelt 3P ELR dengan Pretensioner. Tak kalah, sisi kursi belakang juga sudah dilengkapi 2 buah 3P ELR serta 2P. Kira-kira berapa harganya ya untuk mobil ini?

Harga Datsun GO+ 2018

Untuk model GO+ terdapat 4 varian dengan harga yang berbeda-beda. Datsun GO+ D M/T dijual di angka Rp 112,3 jutaan, GO+ A M/T dijual di kisaran Rp 119,9 jutaan, GO+ T M/T dijual Rp 128,9 jutaan dan GO+ T-Style M/T di harga Rp 133,9 jutaan. Bagaimana menurut Anda, apakah harga tersebut cukup mahal?

Bagi Anda yang sedang mencari mobil dengan harga terjangkau dan konsumsi bahan bakar yang irit, mobil ini cukup layak untuk dibeli dengan beberapa kelebihan yang ada dibandingkan dengan mobil competitor sekelasnya. Sensasi berkendara yang diberikan oleh mobil ini juga tidak terlalu buruk untuk jalanan Ibukota Jakarta yang cukup padat.

Fitur follow me home, head unit touch screen, harga yang terjangkau menjadi sisi positif yang ada pada mobil ini. Selain itu, mobil ini juga berpotensi untuk menjadi juara baru di kelas mobil dengan harga di bawah Rp 150 jutaan.

Untuk cek harga pasaran Datsun GO+ silahkan klik di sini.

Sementara untuk lihat spesifikasi lengkap Datsun GO+ lihat juga di sini.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/