Home » Berita » Mobil Nasional Vietnam Curi Perhatian Dunia, Diluncurkan David Beckham

Mobil Nasional Vietnam Curi Perhatian Dunia, Diluncurkan David Beckham

David Beckham muncul saat peluncuran mobil nasional Vietnam (Foto: Autodaily)

Paris – Vietnam sekarang sudah punya mobil nasional yang diberi nama VinFast. Kabar tersebut cukup mengagetkan dunia otomotif, mengingat negara itu bisa dibilang kurang begitu menonjol dalam industri otomotif. Apalagi mobil nasional Vietnam dipamerkan di pameran sekelas Paris Motor Show 2018 yang tentunya mencuri perhatian dunia.

Selama ini Vietnam hanya bergantung pada negara lain untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam membeli mobil. Menandai keseriusan dalam menggarap mobil nasional Vietnam, VinFast meluncurkan dua model yaitu LUX A2.0 Sedan dan LUX SA2.0 SUV.

Hadir dalam peluncuran eks gelandang flamboyan Manchester United, David Beckham, didampingi Miss Vietnam 2018, Tran Tieu Vy serta para petinggi perusahaan VinFast. Mantan pesepakbola itu terlihat tersenyum lebar saat memegang bendera Vietnam bersama Miss Vietnam.

“Ini luar biasa. Maksud saya, untuk menciptakan sesuatu dalam waktu yang sangat singkat adalah benar-benar luar biasa. Vinfast adalah keajaiban bagi Vietnam, luar biasa, cantik sekali. Ini ramping, modern, menggunakan teknologi tinggi, berkelas premium. Ini luar biasa. Selamat ya,” ujar Beckham seperti dilansir dari Dailymail.

Suami dari Victoria itu menambahkan bahwa dirinya merasa sangat terhormat bisa berada di tengah-tengah dua mobil nasional Vietnam ini.

“Sungguh menakjubkan tim desain VinFast yang diaplikasikan ke mobil-mobil yang luar biasa ini,” sambung dia.

LUX A2.0 Sedan dan LUX SA2.0 SUV disebut bakal masuk jalur produksi dalam waktu dekat. Sekarang ini pabrik VinFast masih dalam tahap pembangunan lebih lanjut setelah mengakuisisinya dari General Motors (GM).

Perusahaan berharap pada 2025, pabrik dapat memproduksi 500.000 mobil per tahun. Nantinya mobil VinFast tidak hanya diproduksi untuk memenuhi pasar domestik saja, tapi juga ekspor ke Asia dan Eropa.

Rencananya setelah di Paris, kedua mobil akan diperkenalkan ke publik di Vietnam pada akhir 2019.

LUX A2.0 Sedan (Foto: dailymail)

Mobil Nasional Vietnam Berbasis dari BMW

Meskipun berstatus mobil nasional Vietnam, namun tidak semua komponen yang ada di VinFast diproduksi lokal. Sebut saja mesin. LUX A2.0 Sedan dan LUX SA2.0 SUV mengadopsi mesin BMW berkode N20. Mesin ini memiliki kapasitas 2.000 cc, 4 silinder dengan kemampuan mengeluarkan daya maksimal sekuat 174 hp dan 228 hp.

Sejatinya model sedan VinFast berbasis dari BMW 5-Series sementara model SUV berbasis BMW X5. Desainnya digarap rumah desain beken Italia, Pininfarina. (dna)

Lokasi pabrik Vinfast (Foto: Telegraph)
ekspor mobil
Previous post
Pemerintah Bidik Australia untuk Ekspor Mobil Buatan Indonesia
Next post
Antisipasi Kemacetan, Hari Ini Kepolisian Lakukan Rekayasa Lalu Lintas