Home » Berita » Demi Menghalau Pemudik, Ratusan Titik Penyekatan Disiapkan

Demi Menghalau Pemudik, Ratusan Titik Penyekatan Disiapkan

Penerapan PSBBB di Surabaya (Foto: NTMCPolri)

Jakarta – Pemerintah beberapa waktu lalu mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak mudik. Bagi mereka yang membandel, pihak Kepolisian akan menghalaunya di ratusan titik penyekatan pemudik yang telah disiapkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Brigadir Jenderal Benyamin, Kabag Ops Korlantas Polri. Ia mengatakan akan ada 300 titik penyekatan yang tersebar di seluruh akses jalan.

“Akan ada ratusan, sekitar 300 titik sekat termasuk dengan jalan-jalan kecil. Kalau jalan besar ada 56 titik,” ujarnya Senin (25/5/2020) kemarin.

Penyekatan pemudik ini nantinya akan difokuskan tak hanya di dalam jalan tol saja. Akan tetapi ruas non tol dan akses jalan kabupaten juga disiapkan. Penyekatan dikhususkan untuk menghalau masyarakat yang tetap nekat membandel untuk melakukan kegiatan mudik. Intinya menghalau kendaraan akan masuk yang bukan berasal dari tempatnya berasal.

Polisi hanya memperbolehkan berboncengan saat PSBB untuk pengemudi dan penumpang yang satu tujuan atau domisili.

“Kendaraan dari Jawa Timur dia mau masuk ke Jawa Tengah, nanti akan kita perintahkan untuk kembali lagi ke Jawa Timur,” tegasnya.

Oleh sebab itu, pihak Kepolisian mengimbau agar masyarakat tak melakukan perjalanan keluar dari tempat asal. Polisi akan melakukan tindakan putar balik bagi mereka yang tak mempunyai surat keterangan.

“Kita akan putarbalikkan, kalau memaksakan diri risikonya akan ditanggung oleh para masyarakat sendiri, bisa terombang ambing karena setiap kabupaten akan disekat,” kata Benyamin.

Personil yang bertugas nantinya akan dibantu oleh petugas gabungan. Sementara bagi pemudik nakal yang hendak masuk ke Jakarta akan dilarang masuk.

Pelarangan tersebut juga akan dilakukan di jalur tikus menuju Jakarta. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo akan melakukan koordinasi dengan petugas gabungan antara Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

“Akan ada 11 titik penyekatan di batas wilayah Jabodetabek. Ini tentu polanya tidak akan ada lagi jalan tikus di sana ya. Sehingga tidak akan ada lagi pergerakan orang-orang yang colongan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya akan menyekat warga yang kembali ke Jakarta setelah Lebaran. Penyekatan dilakukan di 11 titik perbatasan Jakarta dengan Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Polisi memeriksa kendaraan di saat PSBB, photo: 100KPJ.com
Polisi memeriksa kendaraan di saat PSBB. (Foto: 100KPJ.com)

11 Titik Penyekatan Pemudik

Kabupaten Tangerang

  1. Jalan Syekh Nawawi
  2. Gerbang Tol Cikupa
  3. Jalan Raya Serang
  4. Jalan Raya Maja

Kabupaten Bogor

  1. Jalan Jasinga
  2. Jalan Ciawi-Cianjur
  3. Jalan Ciawi-Sukabumi
  4. Jalan Raya Tanjung Sari

Kabupaten Bekasi

  1. Jalan Raya Pantura (Kedung Waringin)
  2. Jalan Inspeksi Kalimalang
  3. Ruas Tol Cikarang Km 47 arah Jakarta.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas 

Baca Juga:

Pengawasan Arus Balik Lebaran Menuju Jakarta Diperketat

Previous post
Pengawasan Arus Balik Lebaran Menuju Jakarta Diperketat
Next post
Kapan Sistem Ganjil Genap di Jakarta Kembali Berlaku?