Berita Mobil Produk Sumber informasi

Deretan 10 Mobil Konsep Terbaik di 2017

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Setiap tahunnya produsen otomotif menghadirkan mobil konsep untuk dipamerkan ke publik, sekaligus menunjukkan bahasa desain yang akan digunakan sebagai generasi penerus dari model tertentu. Jika sebelumnya mobil konsep hanya dijadikan pajangan saja, namun akhir-akhir ini tidak sedikit produsen mobil memproduksinya secara massal dan menjualnya ke konsumen di seluruh dunia.

Tahun ini puluhan mobil konsep telah diperlihatkan, rata-rata menghadirkan desain eksterior dan interior yang futuristik. Autoguide telah memilih 10 mobil konsep terbaik yang pernah dipamerkan dan diperlihatkan sepanjang 2017. Berikut ini daftarnya:

1. Honda Urban dan

Honda Sports EV Concepts

Honda Sports EV Concepts. Foto/Istimewa.

Memanfaatkan pameran otomotif Frankfurt Motor Show 2017 yang berlangsung pada 14 September lalu, Honda membawa dua mobil konsep yang diberi nama Urban dan Sports EV. Hampir semua produsen mobil menonjolkan sisi desain yang mencolok untuk mobil konsepnya, tapi Honda justru lebih mengedepankan teknologi. Desain eksterior Honda Urban dan Sports EV Concepts didasarkan dari salah satu model retro yang pernah dimiliki Honda.

Honda belum mengungkapkan secara terbuka, apakah akan memproduksi Urban dan Sports EV atau tidak? Namun banyak yang berharap satu dari dua mobil tersebut masuk jalur produksi untuk bersaing dengan kendaraan listrik lainnya.

2. Infiniti Prototype 9

Infiniti Prototype 9

Infiniti Prototype 9. Foto/Istimewa.

Infiniti Prototype 9 melakukan debut di ajang Pebble Beach Concours d’Elegance di California, Amerika Serikat. Event akbar untuk para pecinta mobil klasik itu dinilai Infiniti sangat cocok sebagai tempat diluncurkannya Prototype 9, sebab mobil konsep tersebut memiliki desain bernuansa retro. Infiniti tidak akan menjadikannya sebagai mobil masa depan, namun bisa dikatakan Prototype 9 merupakan kendaraan ramah lingkungan karena sumber penggeraknya menggunakan motor listrik milik Nissan Leaf baru.

3. Mazda Vision Coupe Concept

Mazda Vision Coupe Concept

Mazda Vision Coupe Concept. Foto/Istimewa.

Memulai debutnya di Tokyo Motor Show 2017, kemungkinan besar Mazda Vision Coupe Concept akan menjadi generasi penerus dari Mazda6. Saat ini sedan tersebut menjadi salah satu mobil konsep dengan tampilan yang menarik dan terbaik di segmennya. Jika benar Mazda6 akan menggunakan bahasa desain dari Vision Coupe, maka model Mazda lainnya juga mengikuti pola desain dari mobil berkelir silver itu.

4. BMW Concept Z4

BMW Z4 adalah salah satu mobil konsep bergaya roadsters yang paling ditunggu-tunggu oleh pengemar kendaraan premium berkarakter sport. Pasalnya mobil asal pabrikan Jerman ini memiliki desain yang memukau dan kemungkinan besar akan diproduksi secara massal. BMW Concept Z4 menggunakan platform mobil sport yang dikembnagkan bersama Toyota.

BMW Concept Z4

BMW Concept Z4. Foto/Istimewa.

Versi produksi Z4 akan mirip sekali dengan mobil konsepnya. Kapan akan diproduksi? ini hanya masalah waktu. Namun yang pasti kolaborasi BMW dengan Toyota akan menghasilkan suatu produk yang benar-benar spesial.

5. Kia Proceed Concept

Mobil jenis wagons dan shooting brakes tidak begitu popular di Amerika Serikat. Namun dengan penuh keberanian Kia malah memperkenalkan Proceed Concept yang merupakan jenis mobil paling tidak disukai di sana. Produsen mobil asal Korea Selatan itu tidak hanya membawa Proceed Concept tapi juga mempertegas bahwa ada tujuan dibalik perkenalan mobil konsep tersebut yaitu visi yang berani untuk masa depan dan memberi petunjuk tentang bagaimana generasi penerusnya nanti.

 Kia Proceed Concept

Kia Proceed Concept. Foto/Istimewa.

Kia Proceed Concept merupakan langkah awal dalam memperkenalkan generasi penerus untuk Stinger. Namun diharapkan versi produksinya tidak mirip dengan model konsep karena akan sulit diterima oleh konsumen di Amerika Serikat.

6. Mercedes-AMG GT Concept

Mercedes-AMG GT Concept

Mercedes-AMG GT Concept. Foto/Istimewa.

BMW telah meluncurkan mobil konsep jenis coupe, seakan tak mau kalah dengan pesaing terdekatnya itu, maka Mercedes-AMG juga menghadirkan mobil konsep coupe empat pintu. Mercedes-AMG GT Concept merupakan hasil pengembangan dari model GT sports. Model konsep ini sepenuhnya dikembangkan oleh AMG. Belum dikatahui apakah versi produksinya menggunakan mesin konvensional atau sudah mengendong teknologi hybrid.

7. BMW Concept 8 Series

Bila Mercedes-AMG memperkenalkan mobil konsep coupe-nya di ajang Geneva Motor Show 2017, BMW justru memilih tempat yang berbeda. Produsen mobil asal Jerman itu lebih memilih memperkenalkan mobil konsep 8 Series di Monterey Car Week & Concours, di California. BMW membuat Concept 8 Series dengan desain yang menakjubkan dan terlihat modern serta menambah unsur gaya masa depan.

BMW seri 8

BMW seri 8. Foto/Istimewa.

Bila diproduksi massal kemungkinan besar sedan dua pintu itu akan menjadi salah satu model yang memiliki penampilan terbaik di segmen coupe.

8. Volkswagen I.D. Buzz Concept

Volkswagen I.D. Buzz Concept

Volkswagen I.D. Buzz Concept. Foto/Istimewa.

Perusahaan mobil asal Jerman, Volkswagen memamerkan I.D. Buzz Concept. Rencananya mobil jenis mikrobus tersebut akan diproduksi massal dan menjadi generasi penerus dari Transporter atau dikenal juga dengan Kombi. VW bakal meluncurkan versi produksinya pada 2022. Volkswagen I.D. Buzz Concept merupakan kendaraan listrik kedua setelah sebelumnya ada I.D. hatchback yang diperkenalkan di Paris, Prancis, pada tahun lalu.

9. Toyota FT-4X Concept

Toyota FT-4X Concept

Toyota FT-4X Concept. Foto/Istimewa.

Melihat bentuknya yang kotak, banyak yang beranggapan bahwa Toyota FT-4X Concept bakal menjadi penerus dari Cruiser FJ. Jika benar diproduksi maka mobil jenis crossover ini kemungkinan akan menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) sehingga tidak terlalu sulit bagi pabrikan mobil asal Jepang itu untuk memproduksinya.

“Multi-Hatch” adalah salah satu fitur utama dari mobil konsep ini, yang dapat dibuka dengan dua cara, horizontal dan vertikal. Fitur ini memberikan fleksibilitas tambahan untuk FT-4X, tapi tergantung bagaimana kendaraan digunakan.

10. MINI John Cooper Works GP Concept

MINI John Cooper Works GP Concept

MINI John Cooper Works GP Concept. Foto/Istimewa.

 

MINI memamerkan mobil listrik konsep pertamanya. Tapi tidak semua penggemar mobil MINI tertarik dengan desain yang dihadirkan perusahaan. Lewat John Cooper Works GP Concept, sepertinya MINI hanya ingin memperlihatkan bahwa produknya bisa ditanamkan motor listrik dan tetap andal dilintasan balap.

Mobil konsep MINI jauh berbeda dengan MINI Cooper biasa karena menggunakan serat karbon untuk membungkus tubuhnya sehingga berat kendaraan lebih ringan. Desain eksteriornya begitu agresif sedangkan interiornya sangat sporty. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts