HomeMobilDeretan Mobil Listrik di Indonesia, Berapa Harga Termurah?

Deretan Mobil Listrik di Indonesia, Berapa Harga Termurah?

mobil listrik termurah
Mobil listrik Nissan Re-Leaf dibekali soket dan colokan listrik (Foto: Nissan)

Jakarta – Mobil listrik termurah saat ini menjadi salah satu mobil pilihan dan idaman masyarakat Indonesia. Selain bisa membuat lingkungan lebih baik, ternyata biaya perawatannya cukup minim.

Sayangnya di Indonesia belum ada mobil listrik yang menyabet predikat harga termurah. Karena harga mobil listrik di Indonesia masih cukup tinggi.

Hal inilah yang masih membuat banyak orang enggan beralih ke mobil listrik. Harga yang sangat mahal menjadi faktor masyarakat Indonesia kurang meminatinya.

Padahal jika saja ada mobil listrik dengan harga termurah di Indonesia bisa saja mobil tersebut langsung laris terjual.

Tapi kembali lagi, “apakah ada?”

Pilihan Mobil Listrik Termurah di Indonesia

Berikut kami akan membeberkan beberapa mobil listrik yang sudah dijual resmi di Indonesia. Lalu, manakah yang mampu menjabat predikat sebagai mobil listrik termurah di Indonesia?

Tesla Model 3

Sebenarnya mobil ini dijual bukan dari produsen asal Amerika Serikat, Tesla. Melainkan dijual secara langsung oleh Importir Umum (IU).

Tesla model 3 beberapa tahun lalu sudah dijual secara resmi di Indonesia. Namun, harganya yang sangat fantastis membuat banyak orang hanya menelan air liur untuk membelinya.

tesla model 3
Peluncuran Tesla Model 3 di Indonesia

Harga yang dipatok untuk memboyong Tesla model 3 ke garasi bahkan mencapai lebih dari Rp2 miliar. Hal ini pun juga disesuaikan dengan pilihan baterai yang dipilih oleh konsumen.

Semakin tinggi kapasitas baterainya, maka harganya pun bisa menjadi lebih tinggi juga. Secara harga, mobil berdesain futuristik ini paling murah berada di rentang harga Rp1 miliar sampai Rp2 miliar.

Wah, jelas aja sih ini cuma buat mereka yang berduit aja yang bisa beli Tesla, ya. Soalnya harganya aja sudah setara sama rumah cluster yang ada di Jakarta, nih.

BMW i3

Mobil listrik yang lain tapi harganya bukanlah yang termurah adalah BMW i3. Yap, padahal ini adalah mobil kecil tetapi harganya cukup tinggi. Wah, setara rumah juga, nih!

BMW i3 bisa dibilang menjadi mobil listrik pertama yang dijual oleh produsen otomotif secara resmi di Indonesia. Mobil kecil ini dijual dengan harga Rp1,3 miliaran (off the road).

mobil listrik termurah
BMW i3 Sport akhirnya diluncurkan di Indonesia. (Foto: Carmudi/Yongki)

Tenaga yang dihasilkan dari mobil ini mencapai 184 hp dengan torsi maksimum mencapai 270 Nm. Angka ini sebenarnya lumayan gede buat ukuran mobil kecil seperti ini.

Mobil ini juga kecil-kecil cabe rawit karena BMW i3 juga punya banyak fitur menarik. Misalnya uphill & downhill control, VSC, brake assist dan EBD.

Baca Juga: BMW i3S, Mobil Listrik Mungil nan Gahar Telah Masuk Indonesia

Hyundai Ioniq

Setelah BMW i3 ada juga Hyundai yang membawa mobil full listrik dengan nama Hyundai Ioniq yang merupakan mobil listrik pertama yang dijual resmi oleh Hyundai Indonesia.

Mobil berkapasitas 5 orang dengan desain bentuk liftback ini punya kisaran harga Rp569 jutaan. Ioniq dibekali dengan baterai berkapasitas 38,3 kWh dan bisa berjalan sejauh 373 km.

Tenaga yang bisa dihasilkan baterai ini mencapai 134 hp dengan torsi yang cukup besar, 295 Nm. Saat melakukan pengisian memakai slow charging bisa memakan waktu 6-7 jam.

Hyundai Ioniq resmi dijual PT Hyundai Mobil Indonesia mobil listrik termurah
Tampak depan Hyundai Ioniq

Sedangkan dengan fast charging 100 kWh pengisiannya hanya butuh waktu sekitar 57 menit saja. Tetapi jelas listrik yang dibutuhkan oleh Ioniq ini jelas lebih besar saat memakai fast charging.

Nah, minimal listrik rumahan yang bisa digunakan untuk mengisi baterai mobil listrik ini biasanya ada di 1.300 watt. Kalau listrik di bawah itu, sebaiknya di-upgrade untuk menjadi lebih besar.

Hyundai Ioniq bukanlah mobil listrik termurah yang ada di Indonesia. Tetapi harganya sudah sangat jauh dibanding Tesla maupun BMW i3.

Baca Juga: Hyundai Putuskan Ioniq Jadi Sub-Merek Baru Khusus Mobil Listrik

Nissan Kicks e-Power

Mobil listrik termurah lainnya yang ada di Indonesia adalah Nissan Kicks e-Power dan menjadi mobil listrik terbaru yang dikenalkan oleh Nissan Indonesia.

Bahkan ini adalah mobil listrik termurah yang ada di Indonesia saat ini yakni hanya Rp449 jutaan saja, lebih murah Rp120 jutaan dibandingkan dengan Hyundai Ioniq.

Selisihnya lumayan jauh kan!

Nissan Kicks e-Power sebenarnya masih membutuhkan bahan bakar berupa bensin. Tapi, bahan bakar tersebut digunakan hanya untuk menggerakkan generator.

mobil listrik termurah
Isao Sekiguchi dan Bagus Susanto, saat seremonial peluncuran Kicks e-Power (Foto: Nissan)

Generator inilah yang nantinya akan berguna untuk mengisi baterai listrik.

Nissan Kicks e-Power menggunakan mesin bensin HR12DE, berkapasitas 1.198 cc, 3 silinder, DOHC, CVTV.

Mesin bensin ini mampu menghasikan tenaga 78 hp dengan torsi 103 Nm. Sedangkan mesin listriknya mampu mengeluarkan tenaga 128 hp dengan torsi 260 Nm.

Setelah mesin bensin mengisi penuh baterai listriknya maka mesin bensin tersebut akan otomatis mati. Lalu penggerak akan berpindah ke mesin listrik sampai baterainya habis.

Saat baterainya habis, maka mesin bensin akan kembali menyala untuk mengisi daya. Ibaratnya mesin bensin ini berfungsi sebagai genset berjalan yang dibutuhkan oleh Nissan Kicks.

Dengan harga Rp449 jutaan, kami setuju kalau Nissan Kicks e-Power menjadi mobil listrik termurah yang ada di Indonesia saat ini.

Baca Juga: Kabar Gembira, Nissan Mulai Lakukan Pengiriman Kicks e-Power ke Konsumen

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Kawasan Blok M kerap menjual mobil bekas lawas
Previous post
Ini Daftar Mobil Bekas di Bawah Rp50 jutaan, Pilihannya Banyak
Perubahan Daihatsu Thor
Next post
Lebih Segar, Ini 4 Perubahan Tampilan Daihatsu Thor