Sepeda motor

Deretan Skuter Matik Honda yang Harganya Tak Sampai Rp20 Juta

Beberapa pabrikan sepeda motor di Indonesia menawarkan skuter matik (skutik) ke konsumen, sebut saja satu di antaranya Honda. Setidaknya ada 10 model skuter matik yang dimiliki oleh Honda sekarang ini.

Bila melihat beberapa puluh tahun ke belakang, sepeda motor jenis skuter matik dianggap sebelah mata oleh banyak masyarakat Indonesia. Tidak sedikit yang berpendapat bahwa skuter matik boros bahan bakar dan suka ‘jajan’.

Skuter Matik Honda

Booth Honda IIMS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Kiprah skuter matik di Tanah Air diawali dengan kemunculan Hatsuda Adly pada 1988. Kemudian tiga tahun setelah itu, masuk Vespa Corsa yang cukup populer di kalangan kaum muda.

Lompat ke tahun 2002, di mana pabrikan Yamaha mencoba peruntungan di segmen skuter matik dengan mendatangkan Nouvo. Alhasil produk pertamanya itu mendapat sambutan positif dari konsumen.

Melihat animo konsumen terhadap skuter matik mulai tumbuh, pabrikan berlambang garputala ini kembali mendatangkan produk baru, yaitu Yamaha Mio.

Seolah tak mau kalah dari pesaingnya, Honda ikut menelurkan skuter matik pertamanya bernama Vario.

Sejak saat itu, sepeda motor bertransmisi otomatis makin membanjiri pasar otomotif Indonesia. Imej masyarakat yang menganggap skuter matik boros telah sirna, seiring dengan perkembangan teknologi.

Skuter matik Honda

Tak Cuma Indonesia, Honda BeAT Juga Laris di Luar Negeri (Foto: AHM)

Menariknya lagi, angka penjualannya sudah mengalahkan sepeda motor jenis bebek dan sport.

Harga Skuter Matik Honda

Melihat peminat sepeda motor tanpa gigi semakin banyak dan kebutuhan pasar kian baragam, maka Honda menghadirkan beragam model skuter matik terbaru. Antara lain, Honda BeAT, Vario, PCX, ADV hingga Forza.

Namun, dari semuanya hanya ada tiga model skuter matik saja yang ditawarkan dengan harga tak sampai Rp20 juta.

Lantas, model skuter matik Honda apa saja yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp 20 juta?

Berikut ini daftarnya:

All New Honda BeAT diklaim mengalami pengembangan spesifikasi yang lebih baik (Foto: Carmudi/Rizen)

Honda BeAT dan BeAT Street

Honda BeAT pertama kali masuk Indonesia pada 2008, hingga saat ini sudah terjual lebih dari 17 juta unit. Populasi BeAT yang semakin besar membuat Honda menghadirkan tipe baru dengan nama BeAT Street.

BeAT dan BeAT Street terakhir kali mendapatkan penyegaran pada Januari 2020. Skuter matik berukuran mungil ini dibekali mesin generasi terbaru, eSP berkapasitas 110 cc yang diklaim hemat bahan bakar dan menyuguhkan performa andal.

BeAT tampil sporty, sedangkan BeAT Street memiliki desain karakter Street Style dengan gaya khas anak muda perkotaan.

Bicara soal harga, BeAT varian CBS dibanderol Rp16,665 juta, BeAT CBS ISS Rp17,365 juta, dan BeAT Street Rp17,365 juta.

Warna dan grafis baru Honda Genio

Honda Genio mendapat penyegaran dari warna dan grafis baru (Foto: AHM)

Honda Genio

PT Astra Honda Motor (AHM) resmi memperkenalkan Genio pada Juni 2019. Kedatangannya untuk memenuhi kebutuhan kaum muda yang lebih mengedepankan gaya, tapi tetap mempertimbangkan performa kendaraan.

Pendatang baru di kelas skutik 110 cc ini telah dilengkapi lampu depan LED, panelmeter digital, dan material aluminium pada pijakan kaki pembonceng.

Selain itu dibekali pula dengan berbagai fitur penunjang kenyamanan dan keamanan berkendara, seperti kapasitas bagasi 14 liter, tombol pembuka jok, Brake lock, sistem pengereman combi brake, dan side stand switch.

Honda Genio ditawarkan dalam dua pilihan varian, Genio CBS dijual seharga Rp17,945 juta dan Genio CBS-ISS Rp18,415 juta. (OTR Jakarta).

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts