BeritaMobilProdukSumber informasi

Desain Baru Pelumas Toyota Makin Sulit Dipalsukan

Tangerang – Selain menghadirkan satu varian pelumas baru, TMO 5W-30 Full Synthetic Formula di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Toyota juga memberikan kemasan baru pada seluruh lini produk pelumasnya yang total kini memiliki 7 varian untuk mobil diesel maupun bensin.

Pelumas Toyota

Salah satu Toyota Pretty memperlihatkan kemasan baru dari Toyota Motor Oil, pelumas khusus mobil Toyota (Foto : Carmudi Indonesia/CW)

Desain kemasan anyar ini juga meliputi desain tutup botol yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga TMO akan makin sulit untuk dipalsukan.

Tutup botol pelumas Toyota rupanya dirancang untuk rusak dalam satu kali pemakaian oli, sehingga tidak dapat digunakan kembali, misalnya dengan modus bekas kemasan beserta tutup botol yang dimanipulasi sedemikian rupa untuk dijual kembali atau dipalsukan.

Nah karena ada perubahan desain tutup botol, praktis desain botol juga berubah menyesuaikan dengan kelebihan fungsi dari tutupnya tersebut.

Ada beberapa tahapan dalam membuka tutup botol pelumas Toyoota (Toyota Motor Oil) yang didesain khusus tersebut seperti berikut:

1. Temukan cap tamper atau bagian menonjol di sisi cap
2. Lepas tap camper sampai terlepas dari badan cap
3. Buka bagian atas cap dengan alat dari celah cap tamper
4. Lepas hologram/inner foil
5. Bagian atas cap dapat digunakan sebagai plug untuk penutup botol jika ada sisa oli di botol

Ciri-ciri dari Produk TMO Asli

TMO

Oli TMO 5W-30 Full Synthetic Formula, cocok dan direkomendasikan untuk mesin diesel Toyota, baru maupun lama (Foto : Carmudi Indonesia/Zie)

Setidaknya ada beberapa cici-ciri dari pelumas TMO asli yang dipaparkan PT Toyota Astra Motor.

Pertama adalah warna cairan oli yang identik dengan warna botolnya, yakni emas. Kedua adalah dibalik tutup barunya terdapat hologram khusus yang menandakan keotentikannya.

“Sama seperti oli lainnya, TMO juga memiliki bau khusus yang menjadi ciri dan membedakan TMO dengan oli lainnya,” kata Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service TAM.

TAM menyarankan konsumen untuk mendapatkan lini produk TMO di bengkel atau outlet resmi Toyota. Meski TMO juga dipasarkan di toko spareparts dan bengkel umum tertentu, namun TAM sangat merekomendasikan untuk membeli di jaringan distribusi resmi demi menjamin keasliannya.

Selain itu konsumen juga harus berhati-hati jika menemukan produk pelumas Toyota dengan banderol harga yang terlampau murah.

Sebagai pembanding, produk anyar TMO 5W-30 Full Synthetic untuk mobil diesel dibanderol Rp140 ribuan per liter dan tersedia baik dalam ukuran 1 liter maupun 4 liter.

SSelain di bengkel resmi Toyota, toko spareparts dan bengkel umum tertentu, TMO juga bisa didapatkan di sejumlah toko online atau marketplace yang marak di Indonesia. (CW/Zie)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts