Sumber informasi

Intip Destinasi Road Trip Menuju Bandung, Recommended Pisan!

Mencari destinasi road trip menuju kota Bandung, Jawa Barat selalu menyenangkan. Bahkan bagi orang Jakarta, kota tersebut selalu punya magnet yang kuat untuk didatangi.

Entah apa alasannya, tetapi sangat banyak warga Jakarta khususnya yang hampir setiap akhir pekan menuju ke sana. Padahal ada juga yang menganggap Bandung itu membosankan.

Mahatma Gandhi pernah berkata,”Hiduplah seolah-olah Anda mati besok. Belajarlah seolah-olah Anda akan hidup selamanya”.

Perjalanan touring komunitas MJI. Foto/MJI.

Kata-kata tersebut rasanya sangat cocok bagi Carmudian yang sedang merasa bosan. Ibaratnya, kita tetap harus menikmati setiap waktu yang ada.

Salah satu menghilangkan rasa bosan adalah melakukan road trip atau touring menuju Bandung.

Loh, kok disebut road trip? Kan, jaraknya dekat?

Sedekat apapun jaraknya jika tetap melakukan perjalanan lewat darat tentu disebut road trip. Road trip menjadi bahasa keren yang selalu diucapkan oleh masyarakat yang kekinian.

Ketika ingin melakukan road trip menuju Bandung, kira-kira destinasi apa saja yang cocok didatangi? Carmudi akan coba memberikan sedikit referensi yang lumayan oke, nih!

Lokasi Road Trip Menuju Bandung

Situ Patenggang Rancabali

Jika bosan mendatangi kotanya, Carmudian bisa memilih pinggiran kota sebagai destinasi road trip menuju Bandung. Salah satunya adalah daerah Rancabali yang ada di Kabupaten Bandung.

Rancabali merupakan lokasi yang menjadi pemekaran dari Kecamatan Ciwidey. Di lokasi ini ada salah satu destinasi yang jarang dikunjungi bernama Glamping Lakeside.

Glamping Lakeside terletak satu wilayah dengan Situ Patenggang. Di lokasi ini Carmudian bisa menikmati udara segar khas pegunungan dengan pemandangan yang menyejukkan mata.

Nama Lakeside sendiri memiliki makna bersebelahan dengan danau. Danau yang dimaksud adalah Situ Patenggang.

Di lokasi ini terdapat beberapa tempat wisata. Misalnya penginapan, outdoor games, restoran berbentuk kapal, area kebun teh, pemandian air panas, hingga kawah Cibuni.

Situ Patenggang sendiri merupakan danau yang terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Danau ini terletak di dataran tinggi dengan pemandangan yang eksotis.

lokasi road trip bandung

Untuk menuju ke kawasan ini, Carmudian bisa melewati tol dan keluar di pintu tol Soreang. Dari pintu tol, kalian bisa sampai di lokasi dengan memakan waktu sekitar lebih kurang 45 menit.

Jalanan yang dilalui bisa dibilang cukup mulus. Bagi pecinta road trip, menuju kawasan Bandung Selatan ini sangatlah menyenangkan.

Sebab jalannya menanjak dan banyak berliku-liku khas pegunungan. Di area Rancabali ini juga punya udara yang sejuk, lho.

Ranca Upas

Sedikit naik ke atas dari Rancabali, kalian bisa mendatangi kawasan Ranca Upas. Di kawasan ini lebih terkenal dengan perkebunan stroberi dan penangkaran rusa.

lokasi road trip bandung

Ranca Upas atau kampung Cai Ranca Upas juga menjadi salah satu destinasi favorit bagi pecinta camping. Sebab di Ranca Upas juga terdapat kawasan bumi perkemahan yang satu area dengan penangkaran rusa.

Dari Rancabali untuk menuju ke Ranca Upas masih harus menempuh jarak lebih kurang 45 menit lagi. Di area ini usahakan jangan pakai AC mobil, sebab siang hari saja udaranya sudah sejuk.

Jika mau mendatangi kawasan perkemahan Ranca Upas untuk melihat rusa, biaya masuknya cukup murah. Hanya berkisar Rp20 ribuan saja per orangnya.

Bagi yang tidak membawa tenda, di lokasi ini juga menyediakan penginapan. Biayanya tergantung dari tipe kamar dan ukuran yang dipilih oleh konsumen.

Ngaku pecinta road trip? Harus banget nih menuju ke dua lokasi tadi, sebab jalannya benar-benar sangat nikmat dilewati mobil!

Situ Cileunca

Destinasi berikutnya untuk melakukan road trip menuju Bandung adalah Situ Cileunca. Lokasi ini benar-benar cocok bagi mereka yang suka dengan pemandangan alam.

Lokasi wisata ini terletak di Kecamatan Pangalengan. Sehingga tipikal daerahnya mirip-mirip dengan Ranca Upas yang berada di dataran tinggi.

Situ Cileunca menawarkan beberapa aktivitas permainan luar ruang seperti camping, rafting, pemandian air panas dan danau.

Objek wisata seluas 1.400 hektar ini konon memiliki cerita yang cukup menarik untuk disimak. Pada zaman dahulu lokasi ini kabarnya merupakan area hutan.

Namun pada 1918 area ini disulap untuk dibuat situ (danau) oleh salah satu tokoh Belanda. Alasan membuat situ tersebut adalah untuk membantu masyarakat sekitar yang dianggap sering kesulitan mendapatkan air bersih.

Sendang Geulis Kahuripan

Destinasi lainnya adalah Sendang Geulis Kahuripan. Lokasi wisata yang satu ini terletak di Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Bandung Barat.

lokasi road trip bandung

Arti dari Sendang Geulis Kahuripan adalah danau yang berada di tengah pegunungan yang memberi kehidupan. Menurut legenda, mata air ini bisa membuat awet muda.

Namun coba singkirkan dulu legenda tersebut ya. Sebab, lokasi untuk menuju ke Sindang Geulis Kahuripan ini lumayan menyenangkan, apalagi menggunakan mobil.

Sangat disarankan menggunakan mobil SUV atau mobil yang punya ground clearance tinggi. Untuk mobil sedan sebenarnya bisa saja, namun akan cukup sedikit menyiksa karena jalannya yang cukup jelek.

Lembang Park Zoo

Bagi yang punya anak kecil, destinasi yang cukup menyenangkan ada Lembang Park Zoo. Lembang Park Zoo merupakan kebun binatang yang berada di dataran tinggi.

lokasi road trip bandung

Untuk menuju ke daerah ini bisa melewati dua jalur utama. Pertama melalui jalur lama Jl. Kolonel Masturi, dan kedua bisa melewati Bandung kota.

Bagi pecinta road trip, sangat disarankan melewati jalan Kolonel Masturi. Sebab kontur jalannya benar-benar sangat nikmat bagi pecinta perjalanan jauh.

Tanjakan tinggi, belokan tajam, dan udara sejuk menjadi kenikmatan bagi warga Jakarta yang jarang mendapatkan hal tersebut. Kondisi jalan terbilang mulus, sehingga memakai sedan pun tak menjadi masalah.

Observatorium Bosscha

Lokasi terakhir yang bisa didatangi saat melakukan road trip ke Bandung adalah observatorium Bosscha. Lokasi ini merupakan tempat peneropongan bintang tertua yang ada di Indonesia.

lokasi road trip bandung

Observatorium Bosscha didirikan sejak 1923 dan sempat rusak akibat Perang Dunia II. Namun pada 1940-an, renovasi besar-besaran dilakukan di tempat penelitian antariksa ini.

Pada tahun 1951, Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) yang memiliki makna sebagai perkumpulan astronom Hindia-Belanda menyerahkan observatorium ini kepada pemerintah RI.

Setelah ITB berdiri pada 1959, observatorium Bosscha kemudian menjadi bagian dari ITB hingga saat ini.

Bagi pecinta wisata edukasi, observatorium Bosscha ini sangat menarik dan sangat direkomendasikan. Sebab banyak hal yang bisa digali dari tempat bersejarah tersebut.

lokasi road trip bandung

Beberapa lokasi di atas bisa menjadi tujuan road trip saat Carmudian menuju Bandung. Bahkan beberapa lokasi wisata di atas terbilang jarang didatangi oleh masyarakat Jakarta.

Bagi pecinta touring, jalanan menuju lokasi di atas sangatlah nikmat untuk dilalui dengan mengendarai mobil bersama keluarga tercinta.

Penasaran? Coba saja datangi lokasi wisata ini setelah pandemi berakhir, ya!

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts