HomeBeritaDetik-detik Mobil Listrik Meledak Saat Sedang Dicas

Detik-detik Mobil Listrik Meledak Saat Sedang Dicas

mobil listrik meledak
Mobil listrik Meledak (Foto: Youtube/min marine)

Beijing – Sebuah rekaman mengerikan memperlihatkan detik-detik mobil listrik meledak yang terjadi di salah satu stasiun pengisian daya baterai kendaraan listrik. Kuat dugaan mobil dalam posisi sedang dicas sekira Agustus lalu di Sanming, Cina selatan.

Sulit untuk menebak dengan pasti model mobil apa itu. Tapi menurut laporan dari Drive, yang dikutip ulang oleh Carscoops, Jumat (4/9/2020), hatchback itu memiliki kemiripan dengan BAIC EX360.

Jadi mungkin saja itu adalah model plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) dari BAIC.

mobil listrik meledak
Mobil listrik Meledak (Foto: Youtube/min marine)

Terlepas dari modelnya, dilaporkan bahwa asap mulai keluar dari mobil tak lama setelah dicolokkan di stasiun pengisian daya baterai. Pemiliknya dengan cepat menelepon pemadam kebakaran dan kemudian ditindaklanjuti dengan menyemprotkan air dingin ke mobil listrik tersebut.

Video yang direkam oleh seseorang dari dalam gedung bertingkat memperlihatkan petugas pemadam kebakaran mengarahkan semburan air tepat di bagian belakang kendaraan.

Tak lama disemprot, mobil itu tiba-tiba meledak dan mengeluarkan api. Akibat ledakan, beberapa bagian mobil seperti pintu, wiper, sampai atap terlihat rusak parah. Bahkan ada bagian-bagian luar mobil terlempar hingga beberapa meter.

Penyemprotan Tidak Menggunakan Busa

Menurut penelitian, menggunakan air untuk memadamkan api yang membakar mobil listrik merupakan solusi terbaik. Berbeda dengan kasus kebakaran pada umumnya yang menggunakan busa atau bahan kimia kering lainnya.

Selain menggunakan air, penyemprotan difokuskan ke baterai mobil listrik guna mengontrol api supaya tidak membesar. Cara ini persis dilakukan oleh kru pemadam kebakaran dalam kasus ini.

Beruntung akibat ledakan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Api yang keluar dari mobil juga tidak membesar dan merembet ke kendaraan lain yang diparkir tidak jauh dari sumber ledakan.

Tidak ada laporan berapa kerugian yang diakibatkan ledakan tersebut.

Dalam rekaman juga memperlihatkan suasana di lokasi kejadian sepi, hanya ada petugas pemadam kebakaran dan sejumlah mobil yang parkir.

Belum diketahui secara jelas apa penyebab pasti mobil listrik berkelir merah itu bisa meledak. Hingga artikel ini ditulis, pihak berwajib tengah melakukan investigasi secara mendalam untuk mengetahui penyebabnya.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

All New Hyundai Tucson Mulai Tebar Pesona, Meluncur 15 September

Previous post
Beli Suku Cadang Berkualitas dan Murah Ini Caranya
Next post
Hyundai Kona Facelift Sudah Muncul, Apa Saja yang Berubah?