Berita Mobil Sumber informasi

DFSK Akhirnya Rilis Pesaing Rush, Bowo Sidik Pangarso Penggemar Mobil Toyota

Jakarta – Setelah sekian lama hanya menjadi teka-teki dan berhasil membuat banyak orang penasaran, akhirnya DFSK Glory 560 resmi diliris. Namun sayang pesaing terdekat Toyota Rush itu belum mempunyai harga jual sehingga para pecinta mobil SUV harus bersabar menunggu penggumuman resminya dari DFSK.

Tidak hanya DFSK Glory 560, sepekan kebelakang industri otomotif di Indonesia juga kedatangan mobil baru yaitu Porsche Macan. Selain berita peluncuran ada juga kabar tertangkapnya anggota DPR, Bowo Sidik Pangarso oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rupanya kader Partai Golkar itu pengemar mobil merek Toyota.

Ada banyak berita lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut ini rangkuman berita Carmudi dalam sepekan kebelakang:

1. DFSK Glory 560 Resmi Diliris

PT Sokonindo Automobile Agen Pemegang Merek (APM) mobil DonFeng Sokon (DFSK) di Indonesia resmi merilis SUV terbarunya, DFSK Glory 560. Sebelumnya, penampakan Glory 560 sendiri memang sudah sempat ramai menghiasi dunia maya. Mobil 7 penumpang ini diproduksi di pabrik DFSK yang berlokasi di kawasan Cikande, Tangerang, Banten.

DFSK Glory 560 Eksterior (Carmudi/Badjora Ibrahim)

DFSK Glory 560 Eksterior (Carmudi/Badjora Ibrahim)

DFSK Glory 560 dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, turbocharge yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 148 HP dengan torsi maksimal di angka 230 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi pilihan otomatis CVT dan manual 6 percepatan.

Sayangnya, mobil yang diperkenalkan secara resmi kepada rekan media ini belum memiliki banderol resmi. “Soal harga kami akan membeberkan harga detailnya di pekan depan,” terang Franz Wang.

2. Mobil Termurah Cuma Rp98 Jutaan

Sekarang rata-rata mobil LCGC berada di harga Rp100 juta ke atas. Hanya ada satu model yang sampai saat ini masih bertahan dibawah Rp100 juta, yaitu Daihatsu Ayla varian 1.0 D MT.

Merujuk situs resmi PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ayla 1.0 D MT dibanderol dengan harga Rp98,15 juta. Harga tersebut sangat murah sekali di antara mobil penumpang lainnya yang berada dalam satu segmen. Selengkapnya baca di sini.

Daihatsu Ayla varian 1.0 D MT (Foto: Daihatsu)

3. Porsche Macan Terbaru Meluncur

Menginjak usia lima tahun Porsche Macan terbaru mengalami penyegaran di Indonesia. Porsche Macan terbaru membawa DNA 911 dalam sebuah mobil SUV. Macan terbaru semakin dipertajam dalam hal desain, kenyamanan, konektivitas, dan dinamika berkendaranya. Inovasi yang paling mencolok di dalam kabin yaitu layar sentuh 10,9 inci dari Porsche Communication Management (PCM) baru dan desain kemudi GT Sport yang akrab dengan 911.

Banyak detail yang mancerminkan DNA dari mobil sport 911 yang ikonik dan 918 Spyder. Misalnya saja Porsche Dynamic Light System Plus (PDLS) dapat digunakan untuk mengontrol distribusi cahaya secara adaptif. Desain lampu rem empat titik juga mencerminkan identitas Porsche.

New Porsche Macan 2019

New Porsche Macan resmi meluncur dengan performa lebih galak. (Foto: Carmudi)

4. Mobil yang Masih Dicicil Bisa Dijual

Perlu diketahui membeli mobil dengan cara kredit bukan tanpa risiko. Calon konsumen harus rutin membayar cicilan tiap bulannya sampai masa kontrak selesai. Bila tidak maka calon konsumen akan mendapatkan teguran dari leasing dan efek terburuknya mobil ditarik. Sebenarnya ada satu solusi untuk menghindari mobil ditarik oleh pihak leasing yaitu dengan menjualnya ke pedagang mobil bekas.

Kepala Dealer Mobil88 Tebet, Adji mengatakan trik seperti itu tidak banyak diketahui oleh konsumen. Umumnya mereka pasrah bila mobil yang masih dalam masa kredit diambil begitu saja oleh orang leasiang. Selangkapnya baca di sini.

5. Bowo Sidik Pangarso Pengemar Mobil Toyota

Tak sampai satu bulan setelah penangkapan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap politikus bernama Bowo Sidik Pangarso.

Terlepas dari hebohnya OTT KPK, rupanya ada satu hal yang cukup menarik untuk di bahas, yaitu soal kendaraan pribadi. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara(LHKPN) milik Bowo yang sudah diperbarui pada Februari 2018. Tercatat hanya sedikit aset yang dimilikinya baik berupa harta bergerak, maupun harta tidak bergerak. Kendaraan pribadi masuk dalam kategori harta bergerak.

Dari data LHKPN, Bowo diketahui memiliki dua mobil mewah jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV). Kedua mobil tersebut keluaran pabrikan asal Jepang bermerek Toyota.

Mobil jenis MPV yang dipunyai Bowo adalah Toyota Vellfire. Mobil dengan tahun produksi 2010 ini dibelinya menggunakan uang pribadi seharga Rp350 juta. Sedangkan satu kendaraan lagi yaitu mobil Toyota Land Cruiser Prado keluaran 2011. Saat dibeli, mobil ini dibanderol seharga Rp400 juta.

6. Toyota Supra Bakal Meluncur di Indonesia

Toyota Motor Corporation akhirnya membangkitkan kembali sosok Toyota Supra. Kali ini, sang mobil sport dibangun dengan basis dari BMW Z4 sebagai hasil pengembangan bersama antara Toyota dan BMW. Seluruh dunia kebagian mendapatkan jatah Toyota Supra termasuk Indonesia.

Kabar ini terkuak setelah munculnya nama Toyota Supra di SAMSAT. Nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Supra di web tersebut tertulis Rp 1.492.000.000. Kehadiran mobil sport ikonik Toyota bakal memperluas lini mobil sport brand Jepang itu di Indonesia selain model FT-86.

Toyota Supra (Paultan)

Namun, PT Toyota Astra Motor tampaknya ingin memberikan kejutan kepada publik Indonesia soal peluncuran itu. Henry Tanoto selaku Vice President Director PT TAM belum mau berkomentar lebih jauh soal kapan atau perihal peluncuran Supra di Indonesia.

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts