Home » Berita » DFSK Hadirkan Super Cab Ambulans Khusus Pasien Covid-19

DFSK Hadirkan Super Cab Ambulans Khusus Pasien Covid-19

DFSK Super Cab Ambulans (Foto: DFSK)

Jakarta – Kebutuhan mobil ambulans di tengah pandemi virus corona (Covid-19) sekarang ini sangat tinggi sekali. Oleh karena itu PT Sokonindo Automobile selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Dongfeng Sokon (DFSK) menghadirkan Super Cab Ambulans.

Menggandeng perusahaan karoseri Ambulance Pintar Indonesia, DFSK menawarkan Super Cab Ambulans dalam berbagai kategori dan varian sesuai dengan kebutuhan konsumen. Salah satunya Super Cab Ambulans kategori transport yang bisa dimanfaatkan untuk menangani pasien Covid-19.

“Memang ada standarisasi yang sudah ditetapkan dari pemerintah untuk kendaraan ambulans, termasuk juga kategori dan jenis ambulans yang biasa digunakan di instansi pemerintah atau swasta. Terbagi dalam kategori ambulans transport, ambulans jenazah, dan lainnya. Jadi ada beberapa kategori yang harus diikuti dan spesifikasinya juga harus sesuai dengan aturan yang dibuat oleh pemerintah atau Kementerian Kesehatan,” ungkap Ari Cukmara, Branch Manager Ambulance Pintar Indonesia saat teleconference bersama media, Kamis (2/7/2020).

Khusus untuk ambulans yang membawa pasien Covid-19, lanjut Ari, ada beberapa peralatan yang wajib ada. Seperti misalnya stretcher isolator yang berfungsi melindungi tenaga kesehatan ketika mendampingi pasien wabah Covid-19.

“Pada saat evakuasi, pasien akan dimasukkan ke dalam stretcher isolator. Selain itu di dalam kabin ambulans juga terdapat lemari peralatan yang berguna untuk menyimpan tabung oksigen. Ada juga bangku panjang bagi perawat, lampu geser operasi yang bisa disesuaikan posisinya, gantungan infus, lampu sorot belakang, alat pemadam kebakaran (APAR) model serbuk, dan sebagainya,” terang Ari.

Super Cab Ambulans dilengkapi peralatan wajib. (Foto: DFSK)

DFSK Super Cab Ambulans kategori Transport juga telah dilengkapi dengan sekat yang memisahkan kabin depan dan belakang, serta penyejuk udara (AC).

Karoseri Tidak Boleh Sembarangan

Pengerjaan DFSK Super Cab menjadi mobil ambulans tidak dilakukan di pabrik DFSK yang berada di Cikande, Banten, melainkan di tempat karoseri. Pemilihan karoseri tidak dilakukan secara asal. Ada beberapa pertimbangan dalam memilih tempat produksi mobil ambulans.

“Karena karoseri yang kami pilih harus punya standar sesuai dengan ketentuan yang DFSK miliki. Jadi kami enggak bisa sembarangan tunjuk karoseri. Karena takutnya ketika ada perubahan bodi nanti akan mengubah hal-hal yang penting di mobil kami. Karoseri ini juga sudah diverifikasi dengan pihak Research and Development (R&D) kami sehingga nantinya enggak mengganggu garansi normal,” terang Denny Perdana Area Sales Manager PT Sokonindo Automobile, pada kesempatan yang sama.

Sementara itu terkait jumlah pemesanan, saat ini ada dua unit DFSK Super Cab Ambulans yang sudah digunakan oleh salah satu rumah sakit di Cirebon. Masih ada sekira 34 unit mobil ambulans lagi yang saat ini tengah menjalani proses pengerjaan.

Ambulans ersedia dalam dua pilihan mesin. (Foto: DFSK)

“Kami sangat bersemangat memasarkan produk ini, karena antusiasmenya luar biasa. Sampai sekarang pun kami sudah banyak menerima permintaan. Cuma yang sekarang sudah dalam tahap pengerjaan ada 34 unit atau ditotal sudah ada 36 Super Cab ambulans,” papar Denny.

DFSK Super Cab ambulans tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu 1.3T Diesel dan 1.5L Gasoline. Konsumen dapat memilih untuk penggunaan mesin diesel 1.300 cc turbocharged dengan tenaga 73 hp dan torsi 190 Nm. Atau mesin bensin 1.500 cc bertenaga 100 hp dan torsi 140 Nm.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

PSBB Transisi Diperpanjang 14 Hari, Sistem Ganjil Genap Belum Berlaku

Previous post
Pakai Filter Udara After Market Yamaha NMax Ngacir
Next post
Antisipasi Lonjakan Permintaan Mobil Baru, Daihatsu Siapkan 2 Shift Proses Produksi