Tips dan Trik

Di Rumah Lagi, Isi Waktu Luang dengan Merawat Rantai Motor

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan pemilik kendaraan roda dua untuk merawat rantai motor miliknya. Atau setidaknya melihat kondisi rantai tersebut apakah masih layak atau sudah waktunya ganti.

Cara Merawat Rantai Motor

(Foto: AHM)

Faktanya, pengecekan terhadap rantai motor merupakan salah satu bentuk perawatan berkala yang wajib dilakukan. Hal tersebut disampaikan Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda dalam keterangan pers, Rabu (23/6/2021).

“Perawatan ataupun pengecekan rantai roda disarankan rutin dilakukan setiap periode 4.000 km,” tegasnya.

Cara Merawat Rantai Motor

Pemilik bisa melakukan pengecekan lewat beberapa tahap. Mulai dari mengenali bagian-bagian rantai motor, memerhatikan jarak main bebas, kemudian memberi pelumas.

Kenali Bagian-Bagian Rantai Motor

Pertama, mari lihat bagian-bagian rantai yang dimaksud.

Rantai motor terhubung dengan dua buah sprocket atau yang biasa disebut gir, yaitu drive sprocket yang berada di mesin dan driven sprocket yang menempel di roda.

Sedangkan rantai itu sendiri terdiri dari roller link yang saling terhubung dan disatukan oleh master link sebagai penyambung dua sisi rantai.

“Pengguna sepeda motor perlu memastikan roller link dapat berputar 180 derajat,” terang Endro.

rawat motor

Cek rantai motor untuk hindari kerusakan

Mengatur Jarak Main Bebas

Selanjutnya adalah mengatur jarak main bebas. Tahap inilah yang kerap membingungkan karena butuh perhitungan.

Sekadar informasi, jarak main bebas dapat dikatakan adalah batas kekenduran rantai motor. Perlu penyetelan yang tepat agar tenaga dari mesin tersalurkan secara optimal ke roda. Jadi tak boleh terlalu kendur atau sebaliknya.

Untuk mengeceknya, parkir sepeda motor menggunakan standar tengah. Pastikan mesin mati dan gigi pada posisi netral.

Kemudian coba angkat rantai motor menggunakan jari tangan atau obeng. Sebaiknya Carmudian juga menggunakan penggaris untuk melihat seberapa jauh rantai tersebut dapat terangkat.

Pada umumnya jarak main bebas berada di rentang 15 mm sampai 25 mm. Tapi untuk memastikannya, coba lihat sticker yang menempel di swing arm

“Jika kekenduran melebihi batas jarak main bebas yang terdapat pada sticker, sebaiknya dilakukan setel kekencangan atau dapat dibawa ke bengkel resmi terdekat,” sambung Endro.

Memberi Pelumas

Langkah terakhir adalah memberi pelumas. Tapi sebelumnya pastikan rantai dibersihkan dulu agar kotoran-kotorannya rontok. Idealnya pembersihan dilakukan menggunakan degreaser dengan bantuan sikat kecil

Setelah itu barulah pemberian pelumas dilakukan. Endro mengatakan, pada dasarnya rantai motor bekerja secara bergesekkan dengan komponen lain sehingga membutuhkan perawatan yang rutin. 

Dengan mengetahui cara merawat rantai motor, pemilik pun bisa menambah masa pakai dari komponen tersebut. Jadi tak ada ruginya dilakukan sambil mengisi waktu luang saat harus kembali bekerja dari rumah.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/