Berita

Diam-diam Kia Persiapkan Seltos Listrik, Meluncur Sebentar Lagi

Kia Seltos EV (Foto: Indianautosblog)

Jakarta – Rumor mengenai kehadiran Kia Seltos electric vehicle (EV) sempat menyeruak beberapa waktu lalu. Rumor tersebut akhirnya menjadi kenyataan. Indianautosblog, berhasil mendapatkan domumen internal perusahaan yang mengkonfirmasi calon-calon mobil baru Kia tahun ini. Satu di antaranya adalah Seltos bertenaga listrik.

Masih dari dokumen yang sama, Kia Seltos EV recanannya diluncurkan semester kedua tahun ini. Peluncurannya akan dilakukan di China. Kemungkinan model ini meluncur dengan nama Kia KX3 EV untuk mengantikan generasi sebelumnya. Belum diketahui pasti apakah model yang sama juga akan hadir di negara lain.

Kia KX3 EV yang saat ini masih dijual di China sudah dibekali dengan baterai Lithium-ion 45,2 kWh sebagai standar. Baterai ini bisa membantu mobil melaju hingga 300 kilometer (km). Motor listrik yang betugas untuk menggerakkan roda mobil memiliki tenaga maksimum 109 hp dan torsi puncak 285 Nm. Kecepatan tertinggi 150 km / jam.

Generasi terbaru Kia KX3 EV (Kia Seltos EV) dikabarkan akan ditawarkan dalam varian dua varian, sama seperti yang ditawarkan pada Hyundai Kona EV.

Kemungkinan varian standar dari Seltos EV akan datang dengan baterai dan motor listrik yang sama dengan Hyundai Elantra EV. Sedan listrik murni dari China ini hanya memiliki baterai Lithium-ion 56,5 kWh. Motor listriknya menghasilkan tenaga maksimum 181 hp dan torsi 310 Nm. Mobil ini dapat melaju sejauh 490 km.

Dilaporkan pula bahwa produksi Kia Seltos EV akan dimulai pada Agustus 2020. Recananya akan diproduksi sebanyak 10.000 unit setiap tahunnya.

Kia Seltos di Indonesia Ditawarkan dengan Mesin Berbahan Bakar Bensin

Nama Kia Seltos sudah lebih dahulu di kenal di India dan Korea Selatan. Sedangkan di Indonesia sendiri baru dikenal sejak awal 2020. Sport Utility Vehicle (SUV) yang didatangkan langunsg dalam bentuk utuh dari Ini dipasarkan oleh PT Kreta Indo Artha (KIA).

Kia Seltos dianggap sebagai model penting bagi pabrikan dalam mendongkrak penjualan di Indonesia. (Foto: Carmudi/Santo)

Di pasar Indonesia, Kia Seltos mengusung mesin Kappa 4-silinder 1,4-liter (1.353 cc) turbocharger. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 138 Hp pada 6.000 Rpm dengan torsi maksimal 242 Nm di rentang 1.500-3.200 Rpm. Seluruh daya tersalur ke roda depan melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-speed. Sebuah transmisi yang diklaim mampu mengolah seluruh daya secara maksimal.

Ada enam pilihan warna menarik yang ditawarkan, yaitu: Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Hadir dengan tiga varian, E, EX dan EX+, Kia Seltos ditawarkan dengan harga Rp295 juta untuk varian E, Rp320 juta untuk varian EX, dan Rp355 juta untuk varian tertinggi EX+ (OTR Jakarta).

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts