Home » Sepeda motor » Diam-Diam Piaggio Siapkan Skuter Listrik Baru, Kapan Meluncur?

Diam-Diam Piaggio Siapkan Skuter Listrik Baru, Kapan Meluncur?

Vespa Elettrica (Foto: Vespa)

Italia – Mengikuti tren otomotif global, Piaggio membangun skuter listrik Vespa Elettrica. Skuter ini pertama kali dipamerkan di EICMA (Esposizione Internazionale del Ciclo, Motociclo, Accessori) 2016 di Milan, Italia. Kemudian pada September 2018 skuter tanpa emisi (zero emission) ini pun mulai diproduksi. Kemudian pada awal 2019 dipasarkan di Eropa. Tak berhenti sampai di Vespa Elettrica, rupanya secara diam-diam Piaggio tengah mempersiapkan skuter listrik terbaru menemani produk sebelumnya.

Sebagaimana diberitakan Indianautosblog, Piaggio diketahui telah meminjam uang sebesar Rp70 juta Euro atau sekira Rp1,1 triliun dari European Investment Bank. Nah, uang sebesar itu nantinya akan digunakan untuk membangun fasilitas penelitian dan pengembangan atau Research And Development (RnD), serta mengembangkan sepeda motor listrik terbaru. Waktu pengembangan dan pembangunannya disebut akan mulai dari 2019 sampai 2021. Besar kemungkinan, skuter listrik terbaru dari Piaggio akan meluncur 2021.

Belum banyak informasi yang didapat soal skuter listrik terbaru tersebut, namun Piaggio telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan memperkenalkan sistem kecerdasan buatan (AI) dalam skuter listriknya. Selain itu, ada teknologi baru lain yang dapat membantu pengendara memberitahu potensi kecelakaan saat berkendara. Bahkan motor listrik itu akan menyediakan peta dan data lalu lintas yang real.

Peluncuran Vespa Elettrica di Indonesia Masih Tanda Tanya

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) resmi diundangkan pada 12 Agustus 2019. PT Piaggio Indonesia (PID) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Vespa, Piaggio, Moto Guzzi dan Aprilia menyambut baik Perpres tersebut. Meski begitu, PID belum bisa memastikan kapan pihaknya mendatangkan skuter listrik seperti Vespa Elettrica ke dalam negeri.

Presiden Direktur PID, Marco Noto La Diega mengatakan bahwa peluncuran skuter listrik menunggu waktu yang pas. Menurutnya, masih ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum memasarkannya di sini.

“Saya bisa katakan Vespa Elettrica sudah siap. Kenapa tidak meluncurkannya sekarang? Sebab kami masih punya tanggung jawab yang harus diselesaikan terlebih dulu. Kami akan meluncurkan skuter listrik ketika peralatan pendukung sudah siap mulai dari sparepart hingga training sales dan mekanik,” terangnya.

Vespa Elektrik
Tampilan samping dan depan Elettrica, Vespa Elektrik lansiran Piaggio

Marco Noto La Diega pun melanjutkan bahwa pihaknya pasti akan meniagakan Vespa Elettrica. Sebab pemerintah sudah mulai membuka ruang dan mendukung kendaraan listrik berkembang di Indonesia.

“Tentu kami mempelajari Vespa Elettrica. Ya, kami akan menyiapkannya,” tandasnya.

Vespa Elettrica dibekali motor listrik yang menghasilkan tenaga sekuat 5,3 Hp. Vespa mengklaim bahwa skuter ini mampu berjalan hingga 100 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Cari Sensasi lain, Presiden Jokowi Kendarai Kawasaki W175 Custom di Nunukan

Cari Sensasi lain, Presiden Jokowi Kendarai Kawasaki W175 Custom di Nunukan
Previous post
Cari Sensasi lain, Presiden Jokowi Kendarai Kawasaki W175 Custom di Nunukan
Next post
Suzuki New Baleno Meluncur, Beda Harga dengan yang Lama Cuma Rp3 Juta