Home » Berita » Diam-diam, Suzuki Siapkan Ignis Facelift

Diam-diam, Suzuki Siapkan Ignis Facelift

Diam-diam, Suzuki Siapkan Ignis Facelift
Diam-diam, Suzuki Siapkan Ignis Facelift (Foto: Gaadiwaadi)

Mumbai – Maruti Suzuki India Limited (MSIL) agen pemegang merek (APM) Suzuki di India diam-diam tengah menyiapkan Ignis facelift. Mobil perkotaan ini akan mendapatkan sejumlah perubahan, tidak hanya dari segi penampilan saja tapi juga standar emisinya lebih baik dari model sekarang.

Perubahan yang dilakukan oleh Suzuki terhadap Ignis terinspirasi dari beberapa prodok Suzuki lain yang sudah meluncur lebih dahulu. Rumor yang beredar, Suzuki Ignis facelift segera meluncur.

Nantinya mobil ini sudah dibekali dengan mesin bensin baru yang sudah memenuhi standar emisi BSVI atau setara dengan Euro6. Disertai pula dengan pembaruan kosmetik. Menurut salah seorang sumber yang dekat dengan perusahaan, Ignis facelift akan mendapatkan fasia depan terbaru.

Tampilan eksteriornya Suzuki juga merevisi bagian grille dengan menambahkan desain cincin berbentuk U seperti di Vitara Brezza. Bumper bawah turut mendapatkan pembaruan berupa silver skid plate. Sementara itu bagian belakang diharapkan juga mendapat sedikit perbaikan.

Saat ini, Suzuki Ignis mengusung mesin bensin 1,2 liter seri K bertenaga 82 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 113 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan sebagai standar atau AMT lima percepatan sebagai pilihan.

Dilansir dari Gaadiwaadi, MSIL terakhir kali memperbarui Suzuki Ignis pada Februari 2019. Saat itu Suzuki menambahkan beragam fitur dan aksesori di masing-masing varian baik itu dibagian eksterior maupun interornya. Penambahan ini berdampak pada naiknya harga jual Suzuki Ignis. Pada akhir April 2019, produsen mobil terbesar di India itu mengumumkan bahwa penjualan Ignis mencapai 100 ribu hanya dalam waktu dua tahun saja.

Belum Dirpoduksi di Indonesia

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM mobil Suzuki di Indonesia mulai memasarkan Ignis di Indonesia sejak 2017. Permintaan yang cukup positif membuat SIS mendatangkan varian-varian baru. Suzuki Ignis yang dijual di Indonesia didatangkan secara impor utuh (Compeletely Built Up) dari Suzuki India. Walaupun penjualannya cermelang di dalam negeri, tapi sampai sekarang SIS belum memiliki rencana untuk memproduksinya secara lokal.

“Kami masih on progress. Kami juga lihat beberapa arahan dan regulasi ke depan,” kata Dony Saputra, Direktur Pemasaran SIS 4W seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Menurut Dony pihaknya tidak ingin terburu-buru untuk mengambil keputusan memproduksi Ignis di dalam negeri. Selain itu Suzuki juga tidak bisa sembarangan melokalkan produk sebab semu itu berujung pada utung rugi yang akan dihadapi perusahaan.

“Kalau kami lihat kan bagaimana kalau kami mau melokalkan produk atau memperkenalkan produk. Itu bagaimana dampaknya terhadap market spesifiknya terhadap jualan kami,” katanya.

Di Indonesia Suzuki Ignis tersedia dalam empat varian. Di antaranya GL MT dibanderol Rp157 juta, GL AGS Rp167 juta, GX MT Rp176 juta, dan GX AGS dijual dengan harga Rp186 juta. Selain itu ada juga tipe Suzuki Ignis Sport Edition dengan dua varian. Untuk varian GL SE MT dijual Rp167 juta, dan GL SE AGS Rp177 juta. Semua harga on theroad Jakarta Juni 2019.(dol)

Diler Piaggio Jatinegara
Previous post
Diler Piaggio Jatinegara Menjadi Diler Kedua di Jakarta Timur
Next post
Lima Komponen Mobil Wajib Diperiksa Usai Digunakan Mudik Liburan