Home » Berita » Dianggap Aman, Produk Mitsubishi Fuso Bisa Konsumsi Bahan Bakar B30

Dianggap Aman, Produk Mitsubishi Fuso Bisa Konsumsi Bahan Bakar B30

Pengujian bahan bakar B30 (Foto: Kementerian ESDM)

Jakarta – Penggunaan bahan bakar B30 (campuran biodiesel 30% pada bahan bakar solar) diimplementasikan sejak awal 2020. Sebelumnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap bahan bakar B30 dengan menggunakan beberapa kendaraan komersial dan penumpang. Setelah melakukan road test sepanjang 40 km, diperoleh kesimpulan bahwa bahan bakar B30 aman untuk dikonsumsi oleh kendaraan bermesin diesel di Indonesia.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia menjadi salah satu pabrikan otomotif yang turut mendukung pengujian bahan bakar B30. KTB memberikan satu unit produknya yaitu Mitsubishi Canter untuk diikutikan dalam road test bahan bakar B30 beberapa waktu lalu.

“Sebagai regulasi pemerintah Mitsubishi Fuso memang mendukung kebijakan tersebut (bahan bakar B30). Secara internal kami juga sudah melakukan road test terhadap beberapa produk kami. Prinsipnya, semua produk kami siap untuk mengikuti kebijakan pemerintah,” ungkap Head of PR and CSR Departement KTB, Dony Hermawan, belum lama ini di Jakarta.

Berkaca dari hasil test Kementerian ESDM, KTB memastikan bahwa semua produknya aman untuk menggunakan bahan bakar B30. Hanya saja ucap Dony, filter atau saringan bahan bakar kendaraan lebih cepat kotor karena efek blocking. Tapi apabila sudah diganti akan kembali normal seperti awal.

“Berdasarkan uji coba memang enggak ada masalah atau kendala, jadi kendaraan masih berjalan normal. Untuk yang produk-produk Mitsubishi Fuso yang baru sudah kami siapkan komponen-komponen yang berkaitan dengan saringan bahan bakar dan lainnya. Di diler kami sudah pasti siap sebagai antisipasi saja. Karena kan sifat bahan bakar B30 itu pertama kali pakai akan membersihkan, jadi saringan udara mudah kotor. Kami semuanya sudah siap,” sambung Dony.

Tak cuma menyediakan komponen pendukung untuk pergantian saringan bahan bakar saja, KTB sudah melakukan sosialisasi soal penggunaan bahan bakar B30 kepada diler dan pelanggan.

“Mulai dari diler dan di media sosial pun kami sudah sosialisasi. Intinya produk Mitsubishi Fuso siap menggunakan bahan bakar B30,” papar Dony.

Presiden Jokowi rilis bahan bakar B30, diharapkan mampu menghemat devisa negara puluhan triliun.
Presiden Jokowi rilis bahan bakar B30, diharapkan mampu menghemat devisa negara puluhan triliun.

Indonesia Negara Pertama yang Menerapkan Penggunaan B30

Indonesia merupakan negara pertama di dunia yang menerapkan penggunaan B30. Penggunaan B30 menggantikan bahan bakar sebelumnya yaitu B20 yang resmi diimplementasikan pada 2018. Negara tetangga seperti Malaysia saat ini baru bisa menerapkan B10, sedangkan Thailand akan mulai mengembangkan bahan bakar B20.

Peningkatan pemakaian biodiesel dalam campuran solar dari 20 persen menjadi 30 persen juga diikuti dengan peningkatan kualitas mutu dari biodiesel yang digunakan.

Hasil uji jalan B30 yang dilakukan sepanjang 2019 menunjukkan tidak terjadi dampak yang signifikan antara penggunaan B20 dengan B30. Selain itu juga uji start-ability yang dilakukan di dataran tinggi Dieng menunjukkan bahwa kendaraan dapat dihidupkan dengan normal setelah didiamkan (soaking) sampai 21 hari dengan menggunakan B30.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Jangan Takut Gunakan Bahan Bakar B30 untuk Mesin Diesel

Previous post
Mobil Pertama Mercedes Benz di Pulau Jawa Dijuluki Kereta Setan
Next post
Balik ke Yamaha, Jorge Lorenzo Puji Performa Yamaha YZR-M1