Home » Berita » Dibanjiri Mobil Jenis SUV, Toyota Akan Tetap Mempertahankan Sedan

Dibanjiri Mobil Jenis SUV, Toyota Akan Tetap Mempertahankan Sedan

Toyota Camry XSE AWD (Foto: Carscoops)

Washington – Seiring berjalannya waktu selera masyarakat terhadap mobil mengalami perubahan. Belakangan ini mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) tengah menjadi tren di dunia. Selaras dengan hal tersebut banyak pabrikan otomotif yang berlomba-lomba menghadirkan SUV terbaru. Akibat adanya perubahan selera konsumen, kini mobil sedan secara perlahan mulai ditinggalkan.

Di pasar Amerika Serikat beberapa pabrikan otomotif seperti Ford dan Buick memutuskan untuk menghentikan produksi sedan. Pabrikan lain yang juga akan mengambil keputusan serupa yaitu Lincoln, Cadillac, dan Chevrolet. Lantas bagaimana dengan Toyota? Pabrikan mobil asal Jepang itu memilih untuk tetap memproduksi dan memasarkan mobil sedan, meski saat ini masyarakat lebih condong membeli SUV.

Sebagai salah satu contoh bukti Toyota masih serius menggarap sedan, baru-baru ini perusahaan mengumumkan kehadiran Camry SE 2021 dan Avalon XSE 2021 edisi Nightshade. Kemudian Edisi Corolla Apex, Corolla Hybrid, serta versi AWD dari Prius, Avalon, dan Camry. Tak cuma itu saja, Toyota juga berencana mendatangkan generasi kedua dari sedan Mirai hydrogen fuel cell yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Marketing Vice President Toyota Amerika Serikat, Cynthia Tenhouse, mengatakan masa depan mobil sedan masih cerah.

“Sungguh menakjubkan hingga saat ini permintaan terhadap mobil sedan masih tergolong banyak. Kami mengharapkan mobil sedan Toyota terjual 4 juta unit pada 2020. Kami dengan senang hati mengambil sebanyak mungkin pasar sedan. Bagi kami, ini akan mewakili sekira 750 ribu unit mobil sedan di Amerika Serikat,” katanya sebagaimana dikutip dari Carcoops, Jumat (14/8/2020).

Sebagai informasi, tahun lalu Toyota berhasil menjual sebanyak 2,1 juta kendaraan di Amerika Serikat. Dari total penjualan hampir 770 ribu unit disumbang dari sedan.

Toyota juga bangga dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan kepada pembeli. Camry, misalnya, dapat dimiliki dengan mesin empat silinder V6 atau hybrid, ditambah pilihan penggerak semua roda dan model TRD yang lebih sporty. Secara keseluruhan, ada 17 varian berbeda.

“Kami memberi orang lebih banyak pilihan dalam setiap seri,” tambah Tenhouse.

All New Toyota Camry (Foto: Carmudi)

Sedan Toyota di Indonesia

Mobil keluarga jenis MPV dan SUV menjadi favorit orang Indonesia. Mobil sedan kurang mendapat perhatian khusus dihati konsumen. Sebab mobil sedan dikategorikan sebagai kendaraan mewah sehingga pelanggan akan dikenakan pajak lebih tinggi dibandingkan mobil SUV dan MPV. Selain itu orang Indonesia lebih suka mobil berukuran besar dengan kemampuan membawa banyak penumpang dan barang bawaan.

Kendati demikian, minat konsumen terhadap mobil sedan masih tetap ada meski jumlahnya sedikit. PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai APM mobil Toyota di Indonesia menjadi salah satu pabrikan yang sampai sekarang tetap memasarkan sedan.

Setidaknya ada 3 model sedan dipasarkan oleh TAM. Ketiganya adalah Toyota Camry, Toyota Corolla Altis, dan Toyota Vios. Dari ketiganya Camry menjadi sedan terlaris Toyota. TAM terakhir kali mendatangkan Camry versi terbaru pada awal 2019.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Pasca Corona, Penjualan Mobil Baru di China Mulai Melonjak

Previous post
Pasca Corona, Penjualan Mobil Baru di China Mulai Melonjak
Next post
Promo Pembelian Mobil Baru Wuling, Cuma Berlaku Agustus