BeritaSepeda motorTips dan Trik

Dicap Sering Mogok, Ini Kelebihan Vespa Lawas

kelebihan vespa klasik

Bentuknya yang unik membuat Vespa klasik tetap asik dengan kelebihan lainnya. Foto /carmudi

Bogor – Penyebutan klasik pada Vespa sebenarnya hanya untuk membedakan jenis Vespa manual dan matik saja. Seperti diketahui, Vespa sudah memproduksi skuter matik pada 1984 dengan Vespa PK 50S sebagai model matik pertamanya. Padahal, Vespa klasik (transmisi manual) masih diproduksi hingga 2000-an.

Vespa klasik memang mempunyai daya tarik sendiri. “Vespa klasik itu pantas dipakai siapa saja,” ujar Bono, Ketua Scooter Owner Group (SOG) chapter Bogor di bengkel Vespa pribadinya saat ditemui Carmudi.co.id pada Kamis (11/1).

“Motor termahal yang ada sekarang belum tentu bisa menandingi daya tarik motor Vespa,” imbuhnya.

Pria ramah itu berani bertaruh bahwa daya tarik Vespa juga sampai ke hati anak muda zaman sekarang. “Biker paling muda disini (SOG) masih sekolah. Dia mengakui setelah menggunakan Vespa pemberian ayahnya, langsung dapat teman baik yang banyak di jalanan,” lanjut Bono.

“Ada banyak manfaat yang justru didapat jika kita menekuni hobi Vespa daripada hobi motor lainnya,” tukasnya.

Desain Vespa

Kelebihan Vespa yang pertama adalah tampilan atau desain yang dimilikinya. Bentuknya sangat unit jika dibandingkan sepeda motor lainnya. Desain unik inilah yang membuat para biker kepincut untuk menungganginya. Dari bentuknya saja dapat memberikan pengalaman berkendara yang tidak terlupakan.

Tapi ironisnya, para pemburu Vespa klasik seringkali mengabaikan kondisi luaran motor. Mereka lebih memprioritaskan performa mesin dibanding bodi yang mulus. “Kalau bodi masih bisa direstorasi, yang utama itu mesinnya dulu,” ujar Bono.

Mesin Vespa

Banyak alasan mengapa Vespa lebih unggul daripada motor lainnya. Secara umum, kelebihan Vespa pada mesin memiliki sistem kerja lebih sederhana dan bandel. Mesin 2-tak Vespa memang lebih sederhana sehingga hanya perlu waktu sebentar saja untuk memahami mekanismenya.

kelebihan vespa klasik

Mesin Vespa dikenal memiliki mekanisme sederhana. Foto /carmudi.

Mesin 2-tak tersebut terkenal dengan tarikannya yang kuat dan spontan. Maka jangan heran jika Vespa sangat familiar untuk jalan santai tapi juga garang untuk adu kebut. Vespa juga kuat untuk menempuh tanjakan karena sistem transmisinya tanpa perantara rantai. Selain itu, Vespa juga memiliki sistem pendingin mesin yang lebih stabil.

Suku Cadang

Kelebihan Vespa lainnya adalah pada suku cadang. Suku cadang Vespa sangat mudah dicari. Beberapa suku cadang baik itu yang orisinil maupun repro (KW) masih sangat mudah ditemukan. “Kalau mau yang hemat kita bisa main repro. Biasanya banyaknya buatan Bandung,” terang Bono.

Hanya saja ada pengecualian. Beberapa model klasik seperti Corsa atau small frame mungkin bisa sangat sulit didapat. (dna)

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts