Home » Berita » Diduga Selundupkan Harley Davidson, Dirut Garuda Ari Ashkara Hanya Punya Tiga Mobil

Diduga Selundupkan Harley Davidson, Dirut Garuda Ari Ashkara Hanya Punya Tiga Mobil

Perkiraan Harga Sepeda Motor Harley-Davidson yang Diselundupkan di Pesawat Garuda (Foto: Twitter/ @KemenkeuRI)

Jakarta – Kasus penyelundupan sepeda motor Harley Davidson tipe Shovelhead yang awalnya dikira hanya onderdil sepeda motor Harley Davidson berbuntut panjang. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir sampai turun tangan menangani kasus penyelundupan sepeda motor Harley Davidson klasik yang ditemukan di lambung pesawat Garuda Indonesia, jenis Airbus A330-900 Neo. Disebut selundupan karena sepeda motor gede (moge) tersebut tidak membayar cukai.

Dalam konferensi pers, di kantor Kementerian Keuangan di Jakarta, Kamis (5/12/2019), Erick Thohir membeberkan pemilik sepeda motor Harley Davidson tipe Shovelhead itu adalah Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau Ari Ashkara (AA).

“Ini berdasarkan surat dari Komite Audit, bahwa keterangan saksi tambahan menyebutkan kalau saudara AA memberikan instruksi cari sepeda motor Harley Davidson tipe Shovelhead di tahun 2018 lalu. Ini sepeda motor model tahun 1970, jadi sepeda motor klasik. Lalu pembelian dilakukan pada April 2019. Proses tansfer dari Jakarta dilakukan ke rekening pribadi Finance Manager Garuda di Amsterdam, Belanda,” ungkap Erick Thohir.

Sampai saat ini kasus tersebut masih terus ditindaklanjuti sampai menemukan titik terang siapa sebenarnya pemilik moge selundupan itu. Benarkah Ari Ashkara pemiliknya atau dirinya hanya sebagai perantara pembelian sepeda motor Harley Davidson tipe Shovelhead?

Mobil Milik Ari Ashkara Dibawah Rp700 Juta

Disisi lain jika melihat koleksi kendaraan bermotor yang dimiliki oleh Ari Ashkara, tidak ada sepeda motor. Merujuk pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) tertanggal 28 Maret 2018, mantan Direktur Utama PT Pelindo III itu diketahui memiliki harta kekayaan Rp37.561.339.665.

Dari angka tersebut sekira Rp 23,275 miliar berasal dari tanah dan bangunan. Dirinya juga tercatat memiliki harta bergerak berupa satu mobil Sport Utility Vehicle (SUV) medium, satu sedan, dan miniubus. Bila ditotal nilainya mencapai Rp1,37 miliar.

Adapun ketiga mobil yang dimiliki oleh Ari Ashkara yaitu Mitsubishi Pajero Sport model 2012 seharga Rp325 juta, Mazda 6 sedan model 2017 dengan harga Rp420 juta, dan Lexus minibus 2016 seharga Rp625 juta.

Harga Harley Davidson Tipe Shovelhead

Berdasarkan pemeriksaan petugas Bea dan Cukai, sepeda motor Harley Davidson tipe Shovelhead diselundupkan dengan kondisi terurai. Semua komponen sepeda motor dimasukkan dalam boks berwarna coklat. Jumlahnya ada 15 boks. Diperkirakan total harga dari barang ilegal tersebut hampir menyentuh Rp900 jutaan, sudah termasuk sepeda sepeda Brompton.

“Berdasarkan penelusuran dan harga di pasar, perkiraan harga Harley-Davidson itu mungkin sampai Rp800 juta per-unitnya. Sedangkan sepeda berkisar antara Rp50 juta sampai Rp60 juta per-unit. Dengan demikian total kerugian negara yang terjadi antara Rp520 juta sampai Rp1,5 miliar,” terang Sri Mulyani pada kesempatan yang sama.

Saat ini sepeda motor Harley Davidson tipe Shovelhead hasil selundupan disita Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Tidak menutup kemungkinan sepeda motor itu bisa menjadi aset negara.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Merasakan Mercedes-Benz Classic, Fan Belt Putus Mewarnai Perjalanan
Test Drive Honda Brio Baru
Next post
Buktikan Kelincahan Honda Brio, Geber di Sirkuit Slalom