Berita

Digaransi 8 Tahun, Harga Baterai Hyundai Ioniq 5 Sekitar 40 Persen Banderol Mobilnya

Jakarta — Harga baterai Hyundai Ioniq 5 tak bisa dibilang murah karena nilainya hampir setengah dari banderol mobil itu sendiri. Memang sudah bukan rahasia lagi baterai merupakan komponen paling mahal pada sebuah kendaraan listrik murni.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menjelaskan bahwa baterai yang digunakan pada mobil ini bersifat modular. Artinya terdiri dari beberapa bagian yang kemudian dirangkai menjadi satu.

Harga Baterai Hyundai Ioniq 5

Seorang tenaga penjual Hyundai (paling kiri) berbicara kepada pengunjung stan Hyundai dalam pameran IIMS 2022. (Foto: Carmudi)

Lebih detail, battery pack untuk varian Long Range (72,6 kWh) terdiri dari 4 sub battery pack dan sebuah module. Kemudian untuk battery pack varian Standard Range (58 kWh) terdiri dari 3 sub battery pack dan sebuah module.

Mirip mobil listrik Hyundai yang lain, baterai Ioniq 5 juga dilindungi garansi selama 8 tahun atau 160.000 km tergantung mana yang dicapai lebih dulu. Konsumen berhak mengajukan klaim garansi atas sejumlah kondisi.

>>>>> Cari mobil Hyundai baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Salah satunya ketika daya maksimal penyimpanan baterai berada di bawah 70 persen sebelum masa garansinya lewat. Demikian disampaikan Suprayetno, Head of Service Planning and Strategy Department HMID, Selasa (5/4/2022) di booth Hyundai dalam pameran IIMS 2022.

“Kapan kita ganti baterai? Pada saat kita cek di bawah 70 persen (daya maksimal penyimpanannya). Itu konsumen punya hak untuk mengajukan warranty-nya ke kita, sebelum 8 tahun,” katanya.

Harga Baterai Hyundai Ioniq 5

Pada kesempatan yang sama pihak HMID juga memberi informasi kisaran harga baterai Hyundai Ioniq 5 walaupun tak menyebut angkanya secara pasti. Dijelaskan bahwa harganya hampir menyentuh setengah dari banderol mobilnya.

“Kira-kira 40 persen harga mobilnya,” kata Tony Hadiyanto, Head of Parts Department HMID. Penting diingat bahwa harga tersebut adalah kisaran untuk harga battery pack secara keseluruhan.

Baterai Hyundai Ioniq 5

(Foto: Carmudi)

Ioniq 5 itu sendiri telah resmi mengaspal di Indonesia seiring peluncurannya yang berlangsung dalam pameran IIMS 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta yang berlangsung hingga 10 April mendatang.

Namun, sayangnya HMID belum merilis harga mobil listrik buatan Cikarang tersebut. Rumor yang beredar menyebutkan varian tertinggi akan dibanderol sekitar Rp800 juta dengan estimasi pengiriman dilakukan pada bulan Juni.

>>>>> Cari mobil Hyundai baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts