Mobil

Dikenal Irit, Segini Konsumsi BBM Toyota Yaris Terbaru

Konsumsi BBM Toyota Yaris. (Foto: Ilustrasi)

JakartaToyota Yaris telah mengalami pembaruan pada September 2020. Meski eksterior dan interiornya mendapatkan penyegaran, Yaris terbaru masih dibenamkan mesin yang sama dengan model sebelumnya. Berapakah konsumsi BBM Toyota Yaris terbaru ini?

Toyota Yaris merupakan salah satu mobil hatchback yang populer di Indonesia, khususnya di kalangan kawula muda. Mobil ini kini memiliki desain eksterior dan interior yang terlihat lebih modern serta kekinian dibandingkan generasi sebelumnya.

Untuk mesinnya, Yaris terbaru dibenamkan tipe mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder, DOHC Dual VVT-i.

Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal hingga 105 Hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Tenaga mesin tersebut nantinya disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan atau transmisi otomatis CVT 7 percepatan.

Di sisi lain, Yaris terbaru diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan efisien karena telah disematkan sistem bahan bakar fuel injection.

Konsumsi BBM Toyota Yaris Terbaru

Perlu diketahui, Toyota Yaris terbaru memiliki 3 mode berkendara, yaitu mode normal, sports, dan eco. Ketiga mode berkendara ini dinilai dapat mempengaruhi respon transmisi, performa mesin, serta kecepatan mobil.

Dilansir dari berbagai sumber, Toyota Yaris terbaru memiliki konsumsi BBM yang irit hingga 13,8 km per liter untuk penggunaan di dalam kota, sedangkan di luar kota, konsumsi BBMnya sebesar 17,4 km per liter.

Jika memakai mode eco, mobil ini dapat mencatat konsumsi BBM sebesar 13,4 km per liter untuk dalam kota dan 19,6 km per liter di luar kota.

Perbandingan dengan Konsumsi BBM Honda Jazz Terbaru

Honda Jazz

Honda Jazz masih bercokol pada uratan pertama di segmen hatchback. (Foto: Ilustrasi)

Honda Jazz merupakan salah satu pesaing kuat Toyota Yaris di kelasnya. Sama seperti Yaris, Jazz terbaru masih dibenamkan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya meski sudah mendapatkan penyegaran.

Honda Jazz terbaru dibenamkan mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup dengan teknologi i-VTEC dan Drive by Wire (DBW).

Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 118 Hp pada putaran mesin 6.600 Rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada putaran 4.600 Rpm.

Sebagai informasi, teknologi DBW yang dibenamkan pada Jazz terbaru diklaim dapat membuat konsumsi bahan bakarnya jadi lebih irit.

Di sisi lain, mobil ini menawarkan dua transmisi, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan CVT (matik) with Earth Dreams technology.

Jika dibandingkan mesin Yaris baru, tenaga dan torsi mesin Jazz terbaru lebih besar, namun bagaimana dengan konsumsi BBMnya?

Untuk penggunaan di dalam kota, konsumsi BBM Honda Jazz terbaru mencatat angka sebesar 12,8 km per liter untuk pemakaian di dalam kota, sedangkan di luar kota, konsumsi BBMnya 17,2 km per liter, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Secara keseluruhan, mesin Honda Jazz terbaru memang memiliki tenaga dan torsi lebih besar, namun konsumsi BBM Toyota Yaris terbaru lebih irit dibandingkan dengan pesaingnya tersebut.

Tips Mengendarai Toyota Yaris Terbaru dengan Konsumsi BBM Irit

Berlangganan Toyota New Yaris

Toyota New Yaris. (Foto: TAM)

Toyota Yaris memang dikenal sebagai sebuah mobil hatchback yang memiliki konsumsi bahan bakar irit dan efisien sejak model dulu hingga terbarunya.

Meski demikian, pengguna mobil ini dapat membuat konsumsi bahan bakar mobilnya jadi lebih irit lagi.

Caranya dinilai cukup mudah. Pertama, pengemudi mobil pilih mode berkendara eco. Mode tersebut dinilai merupakan pilihan yang tepat untuk membuat konsumsi bahan bakar Yaris terbaru jadi irit.

Pada mode eco, respon gas kurang responsif dan lebih berat, namun ini menjadi hal wajar karena untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar mobil yang irit sesuai keinginan, tidak diperlukan respon gas agresif.

Untuk transmisinya, disarankan tetap berada di posisi D. Ini disebabkan karena pada posisi tersebut, mesin akan berkutat di putaran yang rendah sehingga bahan bakarnya bisa dipakai secara lebih efisien.

Jika sudah menggunakan cara-cara di atas, pengguna Toyota Yaris terbaru dapat merasakan tenaga mesinnya terasa lebih halus serta konsumsi bahan bakarnya lebih irit dan efisien dibandingkan saat berkendara dengan mode normal.

Selain itu, terdapat cara lainnya agar konsumsi bahan bakar mobil ini bisa irit sebagai berikut.

Menggunakan Bensin Berkualitas

Disarankan untuk menggunakan bensin yang berkualitas tinggi. Jika tidak, bisa terjadi engine knocking atau gejala ngelitik pada mesin mobil sehingga performanya jadi kurang maksimal dan konsumsi bahan bakarnya tidak irit.

Menjaga Putaran Mesin

Pada umumnya, torsi paling efisien berada pada putaran 2.000 hingga 3.000 Rpm. Disarankan untuk menjaga putaran mesin di angka tersebut.

Jika putarannya terlalu tinggi, maka suplai bensin ke ruang bakar bisa semakin banyak, dan jika terlalu rendah, dibutuhkan injakan pedal gas lebih dalam untuk menambah kecepatan yang tentunya memerlukan konsumsi bahan bakar lebih banyak.

Spesifikasi Toyota Yaris Terbaru 2020

Review Spesifikasi dan Harga Toyota Yaris 2020

Review Spesifikasi dan Harga Toyota Yaris 2020. (Foto: TAM)

Jika sebelumnya sudah mengetahui spesifikasi mesinnya, Carmudi juga telah rangkum spesifikasi eksterior, interior, dan fitur Toyota Yaris terbaru.

Dari segi dimensi, mobil ini memiliki ukuran panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm, serta wheelbase atau jarak sumbu roda 2.500 mm.

Jika Yaris model sebelumnya seperti memiliki senyum Joker, kini senyum tersebut sudah hilang. Pihak Toyota mendesain ulang wajah mobil ini agar terlihat lebih proporsional.

Khusus Yaris terbaru tipe TRD, bagian depannya disematkan lampu utama berdesain New Striking LED yang dinilai dapat memberikan pencahayaan terang.

Selain itu, turut disematkan fog lamp LED atau lampu kabut yang dapat membuat mobil aman dibawa berkendara saat cuaca berkabut.

Beralih pada bagian interiornya, Toyota Yaris terbaru memiliki ruang kabin cukup luas untuk memberikan ruang gerak yang leluasa bagi pengemudi dan para penumpang.

Yaris terbaru memiliki kapasitas penumpang sebanyak 5 orang. Di sisi lain, jok kursi mobil ini sudah menggunakan material berkualitas tinggi yang dapat memberikan kenyamanan saat pengemudi dan penumpang duduk di kursinya.

Tidak ketinggalan, setir kemudi Yaris terbaru khusus tipe TRD sudah disematkan layar TFT MID.

Fitur tersebut merupakan fitur meteran kombinasi optitron yang berfungsi untuk memberikan visibilitas secara fungsional pada penumpang.

Yaris terbaru kini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan dan keselamatan yang cukup lengkap serta canggih.

Sistem pengereman di semua tipe Yaris terbaru sudah didukung dengan teknologi ABS (Anti-Lock Braking System), Electronic Braking Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) yang dapat menjamin keamanan dan keselamatan pengguna mobil ini.

Terdapat juga fitur keselamatan lain seperti airbags atau kantong udara sebanyak 7 buah, serta driver knee untuk melindungi pengemudi jika terjadi benturan keras.

Baca juga: Toyota Akan Memperkenalkan SUV Listrik Berbasis e-TNGA

Harga Toyota Yaris Terbaru 2020

Harga Toyota Yaris terbaru 2020. (Foto: Ilustrasi)

Berikut ini adalah harga Toyota Yaris terbaru On The Road (OTR) DKI Jakarta.

  • G M/T 3 AB Rp263,4 juta
  • G M/T 7 AB Rp268,4 juta
  • G CVT 3 AB Rp274,2 juta
  • G CVT 7 AB Rp279,2 juta
  • TRD M/T 3 AB Rp284,8 juta
  • TRD M/T 7 AB Rp289,8 juta
  • TRD CVT 3 AB Rp296,4 juta
  • TRD CVT 7 AB Rp301,4 juta

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts