Home » Reviews » Dikira Tiru Xpander, Ini Spesifikasi Hyundai Santa Fe Menarik Lainnya

Dikira Tiru Xpander, Ini Spesifikasi Hyundai Santa Fe Menarik Lainnya

GIIAS 2018

All New Hyundai Santa Fe
All New Hyundai Santa Fe (generasi ke-4) resmi diluncurkan pada GIIAS 2018. Kini lebih kaya fitur tambahan (Sano)

Tangerang – Spesifikasi Hyundai Santa Fe terus digali terutama oleh tim review Carmudi.co.id. Santa Fe Generasi ke empat ini sebelumnya telah resmi diluncurkan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) saat hari pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Kamis lalu.

Berbekal label ‘All New’, SUV high end andalan Hyundai ini meninggalkan beberapa hal menarik mengenai spesifikasinya berkat ubahan total pada eksterior, dimensi dan interiornya.

Lampu Diduga Mirip Expander

Kendati Hyundai Santa Fe muncul dengan wajah baru dengan konsep lampu tiga layer, banyak yang menyebut tampilan ini justru sangat mirip dengan Mitsubishi Xpander. Namun sejatinya, konsep facia futuristik tersebut justru terinspirasi dari Hyundai Kona yang eksis dua tahun sebelum Xpander mengaspal.

Lebih jauh mundur ke belakang, tampang dengan layout tiga layer ini sudah ada sebelumnya pada Citroen Cactus C4, Jeep Cherokee atau malah Nissan Juke.

Masih soal facia dan spesifikasi Hyundai Santa Fe, desain trapezoidal-nya mampu menghilangkan kesan membosankan. Serta  memberikan presensi mewah dan agresif layaknya SUV high end lainnya.

Spesifikasi lampu depannya sendiri sudah menggunakan LED pada lampu DRL dan lampu kecil di atas, projector LED dan High Beam LED di bagian tengahnya, serta lampu sein dan foglamp halogen.

Interior Semakin Bergaya Eropa

Interior All New Hyundai Santa Fe (Sano)

Meskipun mobil Korea, tapi saat melihat desain dan spesifikasi Hyundai Santa Fe di interiornya bisa dikatakan sangat bergaya Eropa. Mulai dari desain dashboard yang kekinian dengan model layer bertingkat, head unit floating dan desain dashboard yang bersambung langsung ke pintu yang mengitari penumpangnya sangat mengesankan mata.

Tak hanya itu, pemilihan warna juga dinilai sangat tepat sehingga enak dilihat mata. Gabungan dua jenis cokelat dan banyak menggunakan bahan satin krom memberikan poin lebih pada spesifikasi Hyundai Santa Fe secara menyeluruh.

Ditambah lagi, untuk semua varian, jok Hyundai Santa Fe sudah dilapisi material kulit. Sayangnya, head unit Hyundai Santa Fe tergolong kecil. Ya, hanya berkisar sekitar 5″ dan belum touch screen karena masih monochrome.

Transmisi Otomatis 8-Percepatan

Spesifikasi Hyundai Santa Fe di sektor dapur pacu masih dibenamkan mesin bensin dan diesel yang sama. Hanya saja keluaran tenaganya yang berbeda. Mesin bensin masih berkapasitas 2.4 L dengan keluaran tenaga 170 HP dan torsi 225 Nm, serta mesin diesel 2.2 L bertenaga 190 HP dengan torsi 441 Nm.

Kendati mengalami penurunan di output tenaganya, Hyundai Santa Fe dibekali transmisi otomatis 8-percepatan dari sebelumnya yang hanya 6-percepatan. Transmisi ini dikatakan mampu membuat tarikan awal dari gigi 1 dan 2 jadi lebih baik.

Sementara adanya tambahan gigi 7 dan 8 membuat konsumsi bahan bakar saat berakselerasi jadi jauh lebih baik. Penasaran, langsung saja test drive. Untuk lebih lengkap, simak video review Hyundai Santa Fe dari carmudi.co.id ini.(dol)

Previous post
Dipakai Taksi Online, Posisi Daihatsu Xenia Tidak Terimbas Xpander
Next post
Pajang Daihatsu Ayla Turbo, Sayangnya Tidak Dijual