Berita Sumber informasi

Diklaim Lebih Istimewa, Inilah 7 Fakta Seru GIIAS 2018

GIIAS 2018 kembali digelar di ICE BSD

Penulis: Santo Evren S

Jakarta – Dalam waktu kurang dari satu bulan lagi GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Tahun ini GIIAS 2018 diklaim lebih istimewa dibanding tahun lalu. Ada banyak mobil dan motor baru yang bakal diluncurkan baik itu pertama di Indonesia, Asia Pasifik, maupun dunia. Disamping itu ada juga Agen Pemegang Merek (APM) yang akan memamerkan teknologi terbaru.

Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengungkapkan bahwa GIIAS ditujukan sebagai ajang yang dapat memberikan informasi terkini kepada masyarakat Indonesia mengenai perkembangan industri otomotif nasional dan juga global.

”Kami ingin agar GIIAS dapat menjadi tempat mensosialisasikan berbagai informasi dan kebijakan terbaru dari industri otomotif Indonesia. Tujuannya agar mendapatkan pengertian dan dukungan dari publik, demi pertumbuhan positif industri otomotif Indonesia”, ujarnya di Jakarta, Selasa (10/7).

Berikut ini tujuh fakta seru GIIAS 2018 yang akan diselenggarakan mulai 2-12 Agustus:

1. Deklarasi Euro4

Menyambut penerapan Euro4 di Indonesia, pada kesempatan GIIAS tahun ini, GAIKINDO akan dilakukan seremonial khusus yang akan dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah. Seremonial ini akan menjadi sebuah momen besar bagi Indonesia sebab meningggalkan dua negara yakni Laos dan Myanmar yang sampai saat ini masih menggunakan standar emisi Euro2.

“Deklarasi yang menandai Indonesia telah memasuki era Euro4, sebuah langkah yang sangat penting untuk pertumbuhan industri otomotif Indonesia,” kata Nangoi.

2. Mobil Pedesaan Meluncur di GIIAS

Pameran otomotif GIIAS 2018 tidak dimanfaatkan oleh produsen mobil terkenal saja tapi juga perusahaan lokal seperti PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI). Rencananya KMWI akan meluncurkan mobil pedesaan atau dikenal juga dengan sebutan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di GIIAS.

“Pemerintah berencana akan meluncurkan Alat Mekanik Multiguna Pedesaan (AMMDes), sebagai satu lagi pencapaian industri di Indonesia. Kedua momen tersebut memberikan kebanggan tersendiri bagi GAIKINDO,” terang dia.

3. 40 Mobil Baru dan Konsep

Pameran GIIAS 2018 dimanfaatkan betul oleh APM mobil di Tahan Air untuk meluncurkan kendaraan dan mobil konsep terbaru. GIIAS 2018 menjadi ajang pilihan APM untuk menghadirkan teknologi otomotif masa depan yang mencerminkan tema Beyond Mobility, lewat lebih dari 40 premiere dan cencept vehicle world premiere, Asian premieres, South east asia premieres, dan Indonesian premieres.

Tidak menutup kemungkinan kendaraan baru yang akan diluncurkan bertambah mendekati hari pelaksanaan GIIAS 2018.

GIIAS 2018 Bakal Dihadiri Oleh Merek Mobil dan Sepeda Motor Nasional (Foto: Carmudi)

“Kita harapkan sampai mendekati hari pelaksanaan masih ada beberapa produk-produk lain bertambah. Jadi rasanya tidak berlebihan kalau kami (Seven Event selaku pihak penyelenggara GIIAS ) mengklaim bahwa GIIAS merupakan paltform yang benar-benar ditunggu oleh APM untuk meluncurkan produknya,” ujar Project Director Seven Event Agus Riyadi, pada kesempatan yang sama.

4. 8 Sepeda Motor Baru

Selain dari kendaraan roda empat, ada juga APM dari sepeda motor yang bakal meluncurkan produk baru. Total ada 8 sepeda motor baru dan konsep yang hadir di sana.

“Ini juga sesuatu yang baru bagi kami di mana GIIAS juga dijadikan sebagai ajang untuk meluncurkan sepeda motor. Sebelumnya kita hanya berfokus pada kendaraan roda empat,” tutur Agus.

5. Dibuka Oleh Presiden Jokowi

Sebelumnya pameran otomotif GIIAS selalu dibuka oleh wakil presiden Jusuf Kalla, namun tahun ini diharapkan akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Tahun ini akan sedikit istimewa dari sebelumnya karena kita punya rencana yaitu mudah-mudahan bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bisa berkenan membuka acara kita,” ungkap Nangoi.

6. Tiket Online

Pengunjung GIIAS 2018 akan dimudahkan dengan pembelian tiket secara online. Fasilitas tiket online menjadi pilihan paling tepat untuk mempersiapkan kunjungan ke area pameran. Dibuka sejak pertengahan Juli 2018, tiket online GIIAS 2018 tersedia di aplikasi Tokopedia dan Gotix. Dengan satu klik pengunjung akan lebih nyaman merencanakan kunjungannya terlebih dahulu.

7. Merek-Merek Kendaraan yang Ikut Serta

Merek-merek kendaraan kenamaan dunia seperti Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wu|ing, serta dari commercial vehicle yakni FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks, akan hadir di GIIAS 2018.

Selain itu ada juga dari merek roda dua seperti Benelli, BMW Motorrad, Honda, Kawasaki, Suzuki, Viar, Yamaha, KTM, dan Harley- Davidson.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/