Berita

Dirumorkan Masuk Indonesia, Simak Fakta Menarik Suzuki S-Presso

Jakarta – Beredar rumor Suzuki S-Presso akan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat. Sinyal kuat kedatangannya sudah tercium sejak pertengahan bulan lalu.

Suzuki S-Presso terlebih dahulu meluncur di India pada September 2019. Mobil SUV mungil ini dibanderol sangat murah, yaitu 439 ribu Rupee atau sekira Rp85 jutaan untuk varian terendah. Sedangkan varian tertingginya dibanderol 536 ribu Rupee atau Rp103 jutaan.

Suzuki S-Presso Indonesia

Suzuki S-Presso kemungkinan akan meluncur di Indonesia (Foto: Suzuki)

Setelah hampir dua tahun sejak resmi dipasarkan di India, muncul rumor bahwa pesaing Toyota Raize itu bakal masuk Indonesia. Hal ini diperkuat dengan tercantumnya nama S-Presso di data Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomor permohonan DID2021020609.

Nama tersebut didaftarkan oleh Suzuki Motor Corporation sejak 25 Maret 2021. Sampai sekarang statusnya masih dalam proses.

Terkait kehadiran Suzuki S-Presso di Indonesia, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih belum mau berkomentar banyak.

Nah, sambil menunggu kepastian dari Suzuki Indonesia, tidak ada salahnya untuk menyimak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai fakta menarik Suzuki S-Presso yang dipasarkan di India.

Eksterior

Suzuki S-Presso dirancang oleh Maruti Suzuki, selaku anak perusahaan Suzuki Motor Corporation di India.

Suzuki S-Presso Indonesia

Tampak belakang Suzuki S-Presso (Foto: Suzuki)

Eksteriornya didesain sedemikian rupa untuk memberikan kesan kuat dan tangguh. Kesan tangguh diperkuat dengan penambahan bumper, gril depan dengan motif trapesium, dan lampu depan kembar yang didesain seolah mencengkeram lampu sein.

Mobil ini punya panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.549 mm, dan jarak sumbu roda 2.380 mm.

Interior

S-Presso hadir dengan interior unik yang menempatkan speedometer digital di tengah dasbor berbentuk lingkaran.

Selain itu terdapat beberapa fitur utama yang membuat mobil ini tidak terkesan murahan, seperti kontrol audio di lingkar kemudi, tombol naik-turun kaca jendela di konsol tengah, voice controls, dan sebagainya.

Demi memaksimalkan kabin, Suzuki memberikan sedikit ruang untuk menyimpan barang bawaan di belakang bangku baris kedua. Dengan begitu, diharapkan mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan penggunanya.

Interior Suzuki S-Presso (Foto: Suzuki)

Mesin

Mobil yang diproduksi lokal di pabrik milik Maruti Suzuki ini sudah dibekali mesin bensin 1.0L 3-silinder berkode K10B dengan tenaga yang dihasilkan sekuat 67 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 90 Nm pada 3.500 rpm.

Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis AGS (Automated Gear Shift).

Fitur Keamanan

Meski harganya tergolong sangat murah, tapi bukan berarti mobil ini miskin fitur keamanan.

Kabin Suzuki S-Presso (Foto: Suzuki)

Demi memberikan rasa aman saat berkendara Suzuki menyematkan setidaknya empat fitur keamanan utama, meliputi platfom Heartect, ABS dengan EBD, airbag ganda, dan sensor parkir belakang.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/