Home » Berita » Drift Camp, Ajang Pemanasan Sebelum Kejurnas Drifting Seri 1

Drift Camp, Ajang Pemanasan Sebelum Kejurnas Drifting Seri 1

Bekasi – Indonesian Drift Community (IDC), kembali menggelar ajang Drift Camp di BSI Square, Bekasi, Ahad (9/4). Ajang ini digelar sebagai pemanasan sebelum digelarnya kejurnas drifting seri 1 pada Mei mendatang di pentas Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JIExpo, Kemayoran.

drift camp
Salah satu peserta di ajang drift camp 2017 (Dok.Carmudi Indonesia)

Secara keseluruhan, ajang drift camp tahun ini diikuti 52 drifter dari wilayah Jabodetabek. Sementara wilayah Bekasi dipilih untuk penyelenggaraan ajang ini, yang bertujuan agar tak bosan bagi para drifter untuk beraksi di lokasi yang sama.

Antusiasme para drifter yang mengikuti ajang Drift Camp, tak pelak lagi menunjukkan kalau cabang olahraga balap ini kembali dinikmati oleh para pebalap, khususnya anak-anak muda. Terlebih lagi, para drifter pemula dan profesional, banyak yang akan berlaga di kejurnas drifting seri 1.

drift camp
Denny Pribadi, Pebalap Nasional dan juga penyelenggara (Dok.Carmudi Indonesia)

“Saya sangat senang. Acara ini memang kami gelar satu bulan sebelum kejurnas drifting. Tujuannya, agar para pebalap bisa melakukan latihan terlebih dulu, sebelum berlaga di ajang yang sebenarnya,” kata Denny Pribadi, pebalap nasional dan juga ketua harian IDC.

Trek Kecil Digunakan Jelang Kejurnas Drifting Seri 1 

Berbeda dengan trek yang digunakan pada tahun lalu, untuk Drift Camp tahun ini trek yang digunakan terbilang agak kecil. Trek ini disuguhkan dengan menggunakan “kun” sesedikit mungkin, tapi menggunakan cat warna putih untuk treknya seperti trek drifting berskala internasional di luar negeri.

Selain melakukan latihan, ajang ini juga mengadakan Pre-Scrutineering. Tujuannya, agar mobil-mobil drifting yang nantinya akan mengikuti kejurnas drifting, akan memahami peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh IMI Pusat.

drift camp
Aksi drifting saat turun hujan (Dok.Carmudi Indonesia)

“Kami sudah mengadakan ajang Drift Camp sejak 2012 lalu. Tahun ini, pesertanya cukup banyak dan sangat antusias. Aturan baru mengenai drifting, yang dikeluarkan oleh IMI, juga kami perkenalkan pada para peserta yang nantinya akan berlaga di kejurnas drifting,” ungkap Dennny.

Ajang Drift Camp kali ini juga cukup menyenangkan bagi para peserta. Jika pada sesi latihan siang hanya mencoba lintasan kering, pada sore hari mereka bisa mencoba trek basah akibat guyuran hujan deras.

“Kondisi trek kering dan basah cukup bermanfaat bagi para drifter. Dengan ini, mereka bisa berlatih dengan kondisi yang berbeda, sehingga pada saat event misalnya turun hujan, mereka sudah terbiasa dengan trek basah dan licin tersebut,” imbuhnya.

drift camp
Salah satu tim yang tampil di sesi latihan drifting (Dok.Carmudi Indonesia)

Secara keseluruhan, acara ini berlangsung cukup seru. Untuk ke depannya, IDC akan terus berusaha konsisten mengembangkan ajang ini dengan lebih baik lagi.

“Saya cukup puas dengan ajang di tahun ini. Mulai dari para peserta hingga cuaca selama berlangsungnya acara. Ada banyak muka-muka baru yang muncul. Hal ini berarti pembibitan tetap berjalan. Saya ingin regenerasi drifter bisa terus bertambah maju, sehingga bisa menghasilkan drifter-drifter yang berkulitas dan mampu berlaga di ajang berkelas nasional maupun internasional,” tuntas Denny.(Dol)

ACC
Previous post
Hal Penting Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil
Astra Daihatsu Motor
Next post
Pusat R&D Astra Daihatsu Motor Terbesar dan Lengkap di Indonesia