Home » Berita » Dua Merek China Masuk Nominasi Mobil Terbaik FORWOT 2018

Dua Merek China Masuk Nominasi Mobil Terbaik FORWOT 2018

FORWOT Car of The Year 2018
Foto 5 finalis FORWOT Car of The Year 2018 (FORWOT)

Jakarta – Sebuah kejutan terjadi di ajang pemilihan mobil terbaik versi Forum Wartawan Otomotif edisi tahun 2018.

2 merek kendaraan asal China, Wuling Motors dan DFSK mampu menempatkan produknya ke dalam 5 besar calon mobil terbaik 2018.

Wuling Motors dengan Cortez serta DFSK dengan Glory 580 dipilih oleh mayoritas panel juri yang juga berprofesi sebagai jurnalis di bidang peliputan otomotif, menemani tiga model kendaraan lainnya, yakni Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan Toyota Rush.

Hasil ini sekaligus menggambarkan penerimaan positif para jurnalis otomotif akan kehadiran mobil China.

Sekaligus mensejajarkannya dengan merek kendaraan Jepang yang selama ini terus mendominasi pasar kendaraan roda empat di Tanah Air.

Sebagai informasi, ajang penghargaan bergengsi ini diinisiasi oleh Forum Wartawan Otomotif untuk memilih (hanya) satu mobil terbaik.

Penilaian dilakukan berdasarkan berbagai aspek, mulai dari desain, kenyamanan, keselamatan, ekonomis, handling, performa, fungsional, ramah lingkungan, kepuasan berkendara dan harga.

Ratusan jurnalis memilih 5 mobil terbaik dari 23 model mobil yang benar-benar baru, bukan minor change, major change, atau varian tambahan yang meluncur selama periode Agustus 2017 hingga Juli 2018.

“Pada FORWOT Car of the Year 2018 kami melibatkan partisipasi seluruh anggota FORWOT untuk memberikan penilaian, tidak hanya terbatas pada panel juri. Hal ini diharapkan bisa memberikan penilaian yang lebih beragam dan komprehensif,” kata Ketua Dewan Juri, Raju Febrian.

Lima Besar FORWOT Car of The Year 2018 Menggambarkan Kondisi Pasar Otomotif Nasional

Hasil tahun ini juga menggambarkan bagaimana kondisi pasar otomotif nasional dibanding periode sama tahun lalu.

Jika pada pemilihan mobil terbaik tahun lalu menempatkan sebanyak 32 model mobil baru, maka tahun ini hanya sebanyak 23 model mobil.

Tentu ini jadi gambaran lesunya pabrikan otomotif di Indonesia dalam menawarkan model mobil terbaru.

Di sisi lain, terpilihnya DFSK Glory 580, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Rush dan Wuling Cortez sebagai 5 finalis mobil terbaik FCOTY, juga menggambarkan model pilihan konsumen Indonesia yang cenderung menyukai model kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV).

Karena belakangan memang hanya dua model tersebut saja yang sangat digandrungi konsumen dan menyumbang angka penjualan terbesar.

Selanjutnya, penjurian FORWOT Car of the Year 2018 akan memasuki tahap menentukan satu mobil terbaik.

Pengumuman akan digelar pada Jumat, 28 September 2018 mendatang di Jakarta.

Previous post
DFSK Coba Peruntungan di Jawa Timur Lewat GIIAS Surabaya 2018
uji coba tilang elektronik
Next post
Catat, Jakarta Segera Uji Coba Penerapan Tilang Elektronik