Berita Sepeda motor Sumber informasi

Ducati 1299 Panigale R Final Edition, Lebih Buas dan Menawan

Laguna Seca – Pabrikan sepeda motor asal Italia, Ducati, baru saja memerkenalkan edisi terakhir dari keluarga Panigale dan dijual secara terbatas.

Motor sport ini terbilang cukup istimewa. Selain menjadi edisi terakhir, Ducati 1299 Panigale R Final Edition menjadi model penghormatan untuk mesin legendarisnya yang menorehkan sejarah di ajang World Superbike (WSBK).

Jika dibandingkan model lainnya, 1299 Panigale R Final Edition ini dibalut dengan tiga warna yang merepresentasikan bendera Italia, yakni merah, putih, dan hijau.

Ducati 1299 Panigale R Final Edition (dok.autoevolution)

“Saya merasa sangat bangga untuk memerkenalkan versi terakhir dari Panigale kami. Mungkin, tak ada pabrikan sepeda motor lain yang memilki ikatan kuat dengan mesin yang dipergunakan, seperti halnya Ducati dengan mesin sports silinder ganda,” ucap Claudio Domenicali yang dikutip dari laman AutoEvolution.

Motor yang terbilang istimewa ini, diperkenalkan pada putaran delapan ajang WSBK di Laguna Seca. Selain Domenicali, dalam acara peluncuran Ducati 1299 Panigale R Final Edition, dihadiri juga oleh dua pebalap dari Aruba.it, yakni  Chaz Davies dan Marco Melandri.

Ducati 1299 Panigale R Final Edition

Ducati 1299 Panigale R Final Edition di sirkuit laguna seca (dok.autoevolution)

“Hari ini kami merayakan sejarah. Seperti halnya ketika berdiri untuk sebuah era baru, di mana sistem desmodromic akan dipergunakan pada generasi terbaru mesin V4. Mesin ini mengambil pengalaman dari ajang MotoGP, sebuah kejuaraan di mana mesin kami sanggup memerlihatkan performa yang luar biasa,” tukas Domenicali.

Performa  Ducati 1299 Panigale R Final Edition

Sepeda motor ini memiliki performa yang menawan. Tenaga yang mampu disemburkan sebesar 209 dk, pada putaran 11.000 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 142 Nm pada 9.000 rpm.

Berat bodinya juga cukup ringan, tapi sangat kuat. Ducati 1299 Panigale R Final Edition ini mengadopsi model rangka monokok, yang terintegrasi dalam boks udara dan memainkan peranan penting untuk membuat bobotnya menjadi berkisar 179 kg.

Ducati 1299 Panigale R Final Edition

Dua model Ducati 1299 Panigale R Final Edition (dok.autoevolution)

Untuk sasisnya, masih tetap sama seperti yang terdapat pada Panigale R. Menggunakan sistem suspensi mekanis dari Ohlins dan kerampingan bodinya mencapai 24 derajat. Bahan bakar motor ini sudah setara dengan Euro4.

Sebagai pelengkap Panigale edisi terakhir ini dibenamkan knalpot ganda yang seluruhnya berbahan titanium. Mirip dengan yang dipakai Panigale R yang berlaga di ajang WSBK. Untuk memberikan keunikan, setiap 1299 Panigale R Final Edition akan dibenamkan nomer plakat individual. (Dol)

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts