Home » Sepeda motor » Ducati Desmosedici GP19 Makin Lincah Saat Belokan di GP Assen

Ducati Desmosedici GP19 Makin Lincah Saat Belokan di GP Assen

Sasis baru Ducati Desmosedici GP19 makin stabil di tikungan

Barcelona – Salah satu kelemahan mendasar dari Ducati Desmosedici GP ialah kesulitan saat berbelok. Kekurangan ini telah ada sejak era Casey Stoner di tahun 2007 dimana motor digdaya di trek lurus dan memble saat harus meliuk-liuk di tikungan sirkuit. Kubu Borgo Panigale pun terus mencari cara agar Desmosedici GP19 kian lincah saat melahap tikungan panjang.

Pada sesi tes di sirkuit Catalunya pekan lalu, Ducati turut membawa sasis baru yang stabil untuk corner speed. Danilo Petrucci sebagai pebalap utama Ducati mengakui sasis baru yang dibawa Ducati pada tes Catalunya telah meningkatkan performa Desmosedici GP19 dalam hal menikung.

“Ada peningkatan di corner speed tanpa mengorbankan kekuatan pengereman. Di tikungan, motor kami tetap baik pada pengereman dan kami meningkatkan kemampuan dalam hal menikung. Jadi, itu bagus,” ucap pebalap asal Italia sebagaimana dikutip Motorsport.

Petrucci puas dengan ubahan di sasis GP19

Sebelum adanya pembaharuan sasis, Petrucci mengaku kesulitan menjinakkan motor saat harus melewati tikungan panjang. Kondisi ini sangat kontras ketika Ducati Desmosedici GP19 digeber di trek lurus yang stabil pengendalian sekaligus pengereman dalam sesi uji coba. Perbedaannya begitu terasa antara sasis baru dan lama ketika di Catalunya.

“Saya waktu itu balapan dengan Yamaha dan Suzuki. Kami sangat kuat dalam akselerasi dan pengereman, tetapi saya kesulitan di tikungan panjang. Alex Rins menyalip saya di Tikungan 4, dan Fabio Quartararo di Tikungan 3, karena kami tidak bisa kencang,” keluhnya soal sasis lama Desmosedici GP19.

Hasilnya, Petrucci menempati posisi ke-11 usai tes Catalunya. Sasis baru ini akan digunakan saat GP Assen, Belanda yang terkenal akan tikungan cepat. Pada sirkuit ini, kecepatan menikung menjadi hal krusial.

“Kami kira sasis ini bagus untuk Assen, jadi kami mulai memakainya. Kami juga menemukan banyak perbaikan lain, untuk aerodinamika dan elektronik,” ucapnya.

Dovizioso Puas dengan Kemampuan Sasis Baru Ducati Desmosedici GP19

Pebalap Ducati lainnya yaitu Andrea Dovizioso turut puas atas komponen baru Desmosedici GP19. Ia mengaku lebih bagus performanya ketika masuk tikungan. Dari hasil tes di Catalunya pekan lalu, Dovi mempertimbangkan untuk memakainya di Assen.

“Tidak mudah untuk merasakan perbedaan di sasis baru, karena setiap kali Anda mengubah sesuatu pada sasis itu sangat sulit. Kali ini, saya senang karena bisa merasakan perbedaannya. Masuk tikungan sedikit lebih baik dan ini positif, tetapi sulit untuk mengatakan berapa banyak peningkatannya,” ujar DesmoDovi.

Honda Genio
Previous post
Honda Luncurkan Dua Sepeda Motor Baru hingga Kevin Aprilio Rela Jual Ferrari 430
Rio Haryanto bersama T2 Motorsport
Next post
Rio Haryanto Jadi Sorotan di Jepang, Apa Sebabnya?