Duo Scrambler, Bangkitkan Kesenangan Berkendara di Era 60an dan 70an
Jakarta – Salah satu model sepeda motor lansiran Ducati yang cukup populer di masyarakat adalah Scrambler. Motor bergaya semi-offroad ini digemari karena sangat menyenangkan untuk dikendarai. Tak hanya sebagai tunggangan harian, tapi juga untuk berpetualang di alam bebas.
Bisa dikatakan kalau era 60an dan 70an, sebagai era kebangkitan sepeda motor. Suasana yang mencuatkan kesenangan dan kebebasan, menjadi hal melekat di era tersebut.
Untuk membangkitkan kembali suasana di era 60an dan 70an, Ducati memunculkan dua model Scrambler terbaru. Hal ini untuk melengkapi jajaran keluarga Scrambler, yakni Scrambler Ducati Cafe Racer dan Scrambler Ducati Desert Sled.
Dengan kehadiran dua model baru ini, jajaran keluarga Scrambler kini sudah semakin lengkap. Secara keseluruhan, keluarga Ducati Scrambler kini berjumlah 12 model. Untuk harga jualnya, kedua model terbaru Scrambler ini dibanderol dengan harga Rp 379 juta.
Scrambler Ducati Cafe Racer
Scrambler Ducati Cafe Racer muncul sebagai representasi sepeda motor legendaris pada era 60an, di mana saat itu sedang gencar revolusi sepeda motor.
Varian cafe racer ini mengusung skema warna ‘Black Coffee’, karena ingin mengangkat kembali nuansa ‘rockers’ yang saat itu tengah ramai di ibukota Inggris, London.
Seperti tipikal Scrambler lainnya, varian Cafe Racer ini tetap mengusung model tangki dengan bentuk teardrop, dengan side panel aluminium yang bisa diganti. Sementara untuk lebih mengesankan sepeda motor sport, kaca spion ditempatkan di bagian stang motor.
Dengan knalpot dual tailpipes Termignoni, dan dibenamkannya mesin twin-cylinder Desmodue. Tenaga yang dilontarkan sebesar 75 dk pada 8.250 rpm, dengan torsi puncaknya 68 Nm pada 7.750 rpm.
Data Spesifikasi
Engine Type | L-Twin, Desmodromic distribution, 2 valves per cylinder, air cooled |
Displacement | 803 cc |
Power | 75 hp (55 kW) @ 8.250 rpm |
Torque | 68 Nm (50 lb-ft) @ 7.750 rpm |
Fuel Injection | Electronic Fuel Injection, 50 mm throttle body |
Emissions | Standard Euro 4 |
Transmission | 6 Speed |
Clutch | APTC wet multiple with mechanical control |
Frame | Tubular Steel Trellis Frame |
Front Suspension | Upside down Kayaba 41 mm fork |
Rear Suspension | Progressive linkage with pre-load adjustable monoschock. Aluminium double-sided swingarm |
Front Wheel | Pirelli Diablo Rosso II 120/70 ZR17 |
Front Tyre | Pirelli SCORPION RALLY STR 120/70 R19 |
Rear Wheel | 10-Spoke in light alloy, 5.50” x 17” |
Front Tyre | Pirelli Diablo Rosso II 180/55 ZR17 |
Front Brake | 330 mm semi-floating discs, radially mounted Monobloc Brembo M4-32 Calliper, 4—pistons, radial pump with adjustable lever, with Bosch ABS as standard |
Rear Brake | 245 mm disc, 1-piston floating calliper with ABS as standard equipment |
Dashboard | LCD |
Wheelbase | 1.436 mm |
Fuel Tank Capacity | 13.5L |
Dry Weight | 172 kg |
Seat Height | 805 mm |
Number of Seats | Dual Seat |
Scrambler Ducati Desert Sled
Berbeda dengan model cafe racer, varian Scrambler Ducati Desert Sled terinspirasi dari daerah gurun pasir dan pegunungan California, Amerika Serikat. Di sinilah sejarah kebangkitan sepeda motor dari Negeri Paman Sam pada era 60an dan 70an.
Scrambler Ducati Desert Sled meneruskan jiwa sepeda motor untuk area gurun, yang dibekali dengan serangkaian perlengkapan khusus. Termasuk frame dan suspensi yang telah dimodifikasi, headlight mesh guard, mudguard, serta engine skid plate.
Mengenai performa, varian Desert Sled dilengkapi dengan mesin twin-cylinder Desmodue. Mampu menghasilkan tenaga sebesar 75 dk pada 8.250 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 68 Nm pada 7.750 rpm.
Desert Sled juga sudah dilengkapi dengan swingarm aluminium baru, dengan ban Pirelli SCORPION™ RALLY STR 19 inci di bagian depan dan 17 inci di bagian belakang. Sasisnya menggunakan model terbaru, sehingga motor ini sangat tangguh ketika melibas kondisi jalanan ‘soft offroad’. (Dol)
Data Spesifikasi
Engine Type | L-Twin, Desmodromic distribution, 2 valves per cylinder, air cooled |
Displacement | 803 cc |
Power | 75 hp (55 kW) @ 8.250 rpm |
Torque | 68 Nm (50 lb-ft) @ 7.750 rpm |
Fuel Injection | Electronic Fuel Injection, 50 mm throttle body |
Emissions | Standard Euro 4 |
Transmission | 6 Speed |
Clutch | APTC wet multiple with mechanical control |
Frame | Tubular Steel Trellis Frame |
Front Suspension | 46 mm fully adjustable usd forks |
Rear Suspension | Kayaba rear shock, pre-load and rebound adjustable. Aluminium double sided swingarm |
Front Wheel | Spoked aluminium wheel 3.00” x 19” |
Front Tyre | Pirelli SCORPION RALLY STR 120/70 R19 |
Rear Wheel | Spoked aluminium wheel 4.50” x 17” |
Front Tyre | Pirelli SCORPION RALLY STR 170/60 R17 |
Front Brake | 330 mm disc, radial 4-piston calliper with ABS as standard equipment |
Rear Brake | 245 mm disc, 1-piston floating calliper with ABS as standard equipment |
Dashboard | LCD |
Wheelbase | 1.505 mm |
Fuel tank capacity | 13.5L |
Dry weight | 191 kg |
Seat height | 860 mm – low seat 840 mm |
Number of seats | Dual seat |