Home » Berita » Ikut Ekspedisi Ring of Fire, Nissan Terra Taklukkan Medan Sulit Papua

Ikut Ekspedisi Ring of Fire, Nissan Terra Taklukkan Medan Sulit Papua

NIssan Terra - Ekspedisi Ring of Fire
Youk Tanzil memodifikasi NIssan Terra untuk Ekspedisi Ring of Fire ke Papua. (Foto: Carmudi/Yongki)

Tangerang Selatan – Ekspedisi Ring of Fire tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-10. Youk Tanzil sebagai penggagas memilih Papua sebagai tempat untuk dijelajahi. Untuk petualangan kali ini, PT Nissan Motor Indonesia mempercayakan sebuah Nissan Terra menjelajahi medan sulit Papua sejauh 1.800 kilometer.

Tidak cuma sekedar program televisi, Youk Tanzil yang mengajak serta keluarganya ingin membuat suatu perjalanan yang membangun karakter. Dengan berpetualang ke pelosok, petualangan ini sekaligus memberi kesempatan pada timnya dan masyarakat yang menonton untuk melihat secara langsung keindahan Indonesia.

“Saya ingin mewariskan kepada putra-putri saya lebih dari sekedar materi dengan memberikan kesempatan pada anak-anak melihat Tanah Airnya. Perjalanan ini adalah character building process,” ungkap Youk di Booth Nissan beberapa hari kemarin.

NIssan Terra - Ekspedisi Ring of Fire

Ekspedisi Ring of Fire Jadi Ajang Pembuktian Nissan Terra

Sementara itu bagi pihak NMI, Ring of Fire di Papua menjadi ajang unjuk gigi kemampuan Nissan Terra yang sesungguhnya. Kondisi medan pegunungan yang berbatu, berlumpur, menyeberangi sungai, menjadi habitat yang cocok untuk Terra.

“Kita meluncurkan Nissan Terra tahun lalu. Mobil ini dibuat untuk tangguh di segala medan. Tidak ada tempat yang cocok membuktikan ketangguhan Terra selain di Papua,” tambah Hana Maharani, Head of Communications PT NMI pada kesempatan yang sama.

NIssan Terra - Ekspedisi Ring of Fire
NIssan Terra – Ekspedisi Ring of Fire dipajang di GIIAS 2019. (Foto: Carmudi/Yongki)

Ekspedisi ini dimulai dari Jayapura ke Wamena melewati Habea dan Tiom pada Maret 2019 lalu. Dalam perjalanan selama kurang lebih tiga minggu, Nissan Terra berhasil membuktikan diri sebagai SUV yang mampu menjelajahi segala medan tanpa kendala. Youk mengaku selama perjalanan di Papua ini tidak mengalami kendala karena persiapan yang matang.

“Kuncinya adalah persiapan sebelum berangkat. Saya saat itu bawel ke Nissan Halim minta filter solar sampai tiga. Alasannya, karena kita memakai solar yang tersedia eceran dan kondisi penyimpanannya yang enggak jelas,” ungkap pria berusia 67 tahun itu.

Modifikasi Nissan Terra Untuk Jelajah Papua

NIssan Terra - Ekspedisi Ring of Fire

Dalam melakukan ekspedisi Ring of Fire kali ini, Youk juga melakukan beberapa modifikasi. Tujuannya supaya Nissan Terra tetap nyaman dan makin tangguh melahap medan ekstrem Papua. Ubahan yang ia lakukan ini bersifat sederhana namun fungsional saat melewati medan off-road.

“Saya mengubah suspensi supaya mobil makin nyaman, bisa diatur empuknya. Lalu, saya memakai ban jenis MT (mud terrain) karena kalau pakai ban biasa itu mobil tidak jalan. Saya juga menambah sendiri lampu untuk penerangan,” jelasnya.

NIssan Terra - Ekspedisi Ring of Fire

Youk menambahkan, Terra yang ia gunakan juga memasang skid plate secara menyeluruh di bagian kolong mobil. Tujuannya, untuk melindungi supaya tidak ada serpihan kerikil ataupun tanah yang terselip di sela-sela bagian mesin.

“Ini saya juga tambahkan skid plate, tapi bukan custom. Saya beli dan tinggal pasang karena banyak toko aksesoris yang jual,” jelasnya. (dms)

NIssan Terra - Ekspedisi Ring of Fire

Previous post
Hyundai Siapkan MPV Penantang Avanza, Produksi Lokal
hyundai kona offroad
Next post
Hyundai Kona, Fitur, Desain dan Harga Sangat Masuk Akal