BeritaMobil

Ekspor All New Suzuki Ertiga ke Filipina, Siap Tembus Target 12.000 Unit

Peluncuran Ekspor All New Suzuki Ertiga dan Nex II

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto bersama jajaran direksi PT Suzuki Indomobil Motor (Foto: Dimas/Carmudi)

Cikarang – Dalam rangka pemenuhan pasar internasional, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) selaku Agen Pemegang Merek Suzuki di Indonesia, meresmikan ekspor All New Suzuki Ertiga yang pertama dan sepeda motor Nex II pada 2018 ini.

Acara yang berlangsung di area manufaktur Cikarang Plant, Cikarang, Senin (22/10) ini pun turut dihadiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto.

“Ekspor dari industri otomotif yang merupakan prioritas dari bagian industri 4.0 itu menunjukkan ekspor ini berjalan terus.” ujar Airlangga setelah melepas All New Suzuki Ertiga dan Nex II secara simbolis menuju Filipina sebagai negara pertama tujuan ekspor.

“Seperti yang dikatakan Presiden, bahwa kunci dari ekspor adalah investasi,” lanjutnya.

Ekspor All New Suzuki Ertiga dan Nex II ini disebut sebagai hasil upaya SIM dalam mendukung roadmap 4IR atau revolusi industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah melalui Kementrian Perindustrian.

Dalam roadmap tersebut Indonesia menjadi pilar terbesar ketiga basis produksi mobil dan motor Suzuki di dunia setelah Jepang dan India.

“Benar, kami tengah mempersiapkan Indonesia sebagai mother plant Suzuki secara global,” tegas Seiji. “Kami mempunyai rencana untuk meningkatkan ekspor 1,5 kali lipat menjadi Rp11,3 triliun hingga tahun 2022,” lanjutnya.

Spesifikasi Ekspor All New Suzuki Ertiga Serupa dengan Lokal

Spesifikasi All New Suzuki Ertiga

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengapresiasi tampilan grill depan All New Suzuki Ertiga yang akan diekspor (Foto: Dimas/Carmudi)

Melanjutkan tren positif ekspor Suzuki Indonesia, All New Suzuki Ertiga didaulat untuk memenuhi target ekspor hingga 12 ribu unit pada 2018 ini. Pemenuhan target ini disambut optimis lantaran capaian ekspor Ertiga yang mencapai sudah berada di angka 11.832 unit sejak 2016 hingga sekarang.

Soal spesifikasi ekspor All New Ertiga, SIM menjelaskan tidak ada perbedaan yang berarti.

“Secara prinsip tidak ada perbedaan antara All New Suzuki Ertiga lokal dengan ekspor. Hanya saja ada penyesuaian untuk memenuhi regulasi negara tujuan,” jawab Shodiq Wicaksono selaku Deputi Procurement.

Dia menambahkan bahwa Meksiko menjadi negara baru tujuan ekspor SIM saat ini.

“Meksiko adalah negara baru tujuan ekspor kami. Penyesuaian dilakukan pada unit Ertiga yang ke sana seperti mesin EURO 5 dan konfigurasi setir kiri,” tuturnya.

Suzuki Nex II Diekspor Menyusul Model Lainnya

Sementara itu pada segmen roda dua, Suzuki Nex II juga sudah sangat dipersiapkan untuk pasar internasional.

Selain Nex II, total ada 8 model motor besutan Suzuki Indonesia yang diekspor hingga tahun 2018 ini. Model-model tenar yang sudah lebih dulu diekspor tersebut diantaranya adalah Satria FU, Address, GSX-R dan GSX-S. (dna)

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts