Home » Sepeda motor » Honda CRF150L Buatan Indonesia Makin Laris di Luar Negeri

Honda CRF150L Buatan Indonesia Makin Laris di Luar Negeri

Honda CRF150L diekspor (Foto: AHM)

Jakarta – Sepeda motor adventure Honda CRF150L buatan Indonesia yang dikirim ke luar negeri mengalami peningkatan sangat siginifikan. PT Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sekaligus perusahaan yang memproduksi CRF150L mencatat sebanyak 1.160 unit sudah diekspor ke negara lain pada Agustus 2019. Angka itu naik sekira 71% dibandingkan dengan capaian ekspor tahun lalu pada periode yang sama yaitu sebesar 680 unit.

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan perusahaan memiliki komitmen untuk terus meningkatkan volume ekspor sepeda motor Honda di setiap bulan. Hal ini sejalan dengan tingginya minat konsumen di luar negeri.

“Kami senantiasa berupaya untuk menghasilkan produk sepeda motor yang memiliki kualitas terbaik berstandar global. Kami optimis hingga akhir tahun ekspor unit dan komponen sepeda motor Honda akan meningkat,” ujar Kurniawati dalam keterangan resminya.

Honda CRF150 merupakan hasil karya anak bangsa. Memiliki tampilan tangguh, sepeda motor ini punya beragam fitur unggulan yang membuat pengemudi merasa nyaman dalam berkendara baik di medan jalan mulus maupun kasar. Dilengkapi mesin 150cc SOHC tak hanya membuatnya semakin tangguh tapi juga andal dan bertenaga.

Kontribusi Eskpor Terbanyak Masih Skutik

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) pada Agustus 2019, ekspor sepeda motor secara nasional dalam kondisi utuh atau Completely Built Up (CBU) tercatat sebanyak 81.497 unit. Sepeda motor Honda memberikan kontribusi ekspor sebanyak 30.342 unit atau 37 %.

Kontribusi ekspor sepeda motor Honda terbanyak masih berasal dari segmen skuter matik (skutik) yaitu 28.893 unit, diikuti segmen sport sebanyak 1.329 unit, dan segmen motor bebek 120 unit. Adapun dari sisi tipe, kontribusi ekspor terbanyak adalah Honda Vario series 15.792 unit. Pada bulan yang sama, AHM pun melakukan ekspor sepeda motor bentuk terurai atau Completely Knocked Down (CKD) sebanyak 33.080 set.

Honda CRF150L Extreme Red (Foto: AHM)

Sepanjang Januari-Agustus 2019, AHM telah mengirimkan 180.422 unit sepeda motor Honda dalam bentuk CBU dan 189.500 set dalam bentuk CKD ke luar negeri. Ekspor sepeda motor dalam bentuk CBU didistribusi ke Filipina dan Bangladesh. Sementara itu, ekspor sepeda motor Honda secara terurai dikirim ke Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Kamboja.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Buat Jok Honda PCX dan ADV150 Lebih Nyaman, Pasang Per Jadi Alternatif

Previous post
Jangan Sedih, Ini Alasan BMW Tidak akan Hadirkan Generasi Penerus i3
Honda
Next post
Keluhan Honda Vario, Masalah Sepele yang Sangat Mengganggu