Home » Berita » Empat Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kia Sonet

Empat Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kia Sonet

Kia Sonet (Foto: Indianautosblog)

New Delhi – Setelah Seltos, Kia berencana akan kembali membuat gebrakan di pasar otomotif global dengan menghadirkan SUV baru, mereka menyebutnya Sonet. Sebelumnya Kia telah memperkenalkan versi konsep dari Sonet pada Februari 2020 bersamaan dengan ajang Delhi Auto Expo. Menurut informasi resmi yang beredar, versi produksi Sonet akan diluncurkan untuk pertama kalinya di dunia pada 7 Agustus mendatang di India.

Jelang peluncuran, Kia telah membagikan teaser Sonet yang memperlihatkan beberapa bagian dari mobil. Jika sudah resmi diluncurkan maka Kia Sonet akan bersaing dengan lawannya dari merek lain di kelas yang sama, seperti Suzuki Vitara Brezza, Hyundai Venue dan Tata Nexon.

Menurut informasi yang Carmudi dapat dari Rushlane, Kia Sonet tidak cuma dipasarkan di India, tapi juga akan meluncur di Indonesia. Belum diketahui pasti waktu dan tanggal peluncurannya, namun salah seorang penguna jalan memergoki sebuah mobil SUV dibungkus stiker kamuflase sedang melaju di jalan raya. Dugaan sementara mobil tersebut adalah Kia Sonet yang tengah melakukan uji jalan.

Sambil menunggu peluncuran resmi Kia Sonet, yuks simak emat hal yang perlu diketahui tentang Kia Sonet seperti dikutip dari Indianautosblog, Rabu (5/8/2020):

1. Desain

Kia telah memberi beberapa gambar siluet yang memperlihatkan eksterior dan desainnya. Pabrikan asal Korea Selatan itu mengklaim selain gril berbentuk hidung harimau, Sonet akan memiliki desain body terbaru dalam gaya berbeda. Mobil ini menonjolkan desain berotot pada lengkungan roda depan dan belakang. Lampu belakang Sonet membentang dari ujung kiri hingga kanan, kemudian terdapat cat emas, dan gagang pintu flush.

Dari gambar tersebut juga memperlihatkan bahwa nantinya mobil ini memilkki ground clearance yang tinggi, mirip seperti Hyundai Venue.

2. Fitur

Kia Seltos memiliki keungulan dari segi fitur, diharapkan Sonet bisa lebih dari itu dan tidak kurang sama sekali. Mengingat para pesainnya Venue dan Vitara Brezza telah hadir dengan sejumlah fitur terkini, jadi Sonet harus datang dengan paket fitur yang lebih menarik lagi.

Kia Sonet (Foto: Indianautosblog)

Beberapa fitur penting dari Seltos dikabarkan akan dibawa ke Sonet. Selain itu, kemungkinan Kia akan membahkan beberapa fitur lain seperti sistem infotainment layar sentuh HD 8 inci, eSIM built-in untuk fitur konektivitas mobil UVO, tombol-start dengan keyless entry, automatic climate control, wireless charger, electric sunroof, AC belakang, enam airbag dan masih banyak lagi.

3. Peforma

Kia belum mengeluarkan informasi resmi mengenai pilihan mesin di Sonet. Namun, besar kemungkinan Kia Sonet menggendong mesin bensin 1.0 liter turbocharged yang menghasilkan 118 hp dan torsi puncak 171 Nm. Ada juga mesin bensin 1.5 liter bertenaga 113 hp dengan torsi puncak 144 Nm dan mesin diesel turbocharged 1.5 liter yang mengeluarkan tenaga 113 hp serta torsi 250 Nm. torsi. Manual 6 percepatan dan otomatis 7 percepatan dual-clutch menjadi dua pilihan transmisi yang kemungkinan disediakan oleh Kia.

4. Produk Paling Penting Kia

Kia Sonet akan diperkenalkan di segmen yang paling digemari di India. Akhir-akhir ini Kia telah memperluas jajaran produk mereka di segmen SUV yang bertujuan untuk mencari sekaligus menjawab keinginan konsumen. Jika keinginan konsumen terpenuhi maka hal itu akan berimbas pada penjualan Kia khususnya di India.

Sonet merupakan mobil baru paling penting bagi Kia setelah Seltos. Kia berambisi Sonet bisa diterima dengan baik oleh konsumen sama seperti Seltos. Sejak diluncurkan pada Agustus tahun lalu, Seltos telah mendapat sambutan positif dari konsumen dengan membukukan penjualan sebesar 45.000 unit.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Bikin Plat Nomor Cantik Resmi, Begini Prosedur dan Biayanya
uji coba tilang elektronik
Next post
Sosialisasi Berakhir, Pelanggar Sistem Ganjil Genap Didenda Rp500 Ribu