Berita

Eropa Berniat Matikan Model Honda Accord

Salah satu pabrikan raksasa Jepang, Honda, dikabarkan tengah memertimbangkan untuk mematikan model Honda Accord yang dipasarkan di negara-negara Eropa. Namun, Honda tak hanya menghentikan model Accord di Eropa, tapi segmennya juga takkan dimasuki lagi.

Honda Accord dikenal juga sebagai Honda Acura TSX yang dijual ke pasar Amerika Serikat. Sementara di pasar Eropa, Accord disediakan sebagai model alternatif untuk sedan keluarga yang dijual oleh Honda Amerika. Namun, dengan model TSX terbaru yang akan dilebur dengan Acura TL untuk menggarap TLX, Honda global sepertinya takkan mengisi kekosongan segmen tersebut. “Kami takkan memproduksi lagi Accord, dan kami juga takkan kembali lagi ke segmen tersebut,” ujar Leon Brannan, kepala divisi otomotif Honda Inggris, yang dikutip Automotive News Europe.

(Honda Accord 2015)

(Honda Accord 2015)

Sementara itu, spesifikasi Honda Accord untuk pasar Eropa dan Amerika Serikat ternyata memiliki kesamaan ketika dijual di pasar Jepang. Pembedaan model-model Accord secara regional, baru diperkenalkan untuk kali pertamanya pada 1998 silam. Perbedaan hanya terletak pada segi penamaan saja, di mana untuk versi Eropa masih tetap memertahankan nama Accord, sedangkan versi Amerika menggunakan label Inspire.

Geser ke Segmen Sedan Mewah

Salah satu alasan mengapa Honda Eropa menghentikan Honda Accord karena adanya pergeseran segmen. Faktanya, seperti banyak yang dikabarkan, tren yang tengah terjadi di Eropa kini sudah mulai bergeser ke segmen sedan mewah. Hal ini menyebabkan banyak pabrikan yang bermain di segmen sedan berukuran sedang, banyak yang mengalami kerugian.

(Honda Accord 2015)

(Honda Accord 2015)

Tak hanya Honda saja, pabrikan lain seperti Volkswagen yang menggelontorkan Scirocco, dan Ford yang memerkenalkan Mondeo, juga mengalami kerugian penjualan di segmen mid-size sedan karena banyak konsumen di Eropa kini lebih memilih penawaran yang disodorkan oleh dua pabrikan sedan premium asal Jerman, BMW dan Mercedes-Benz, yang masing-masing menawarkan 3-Series dan C-Class.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: galih.rachdityo@carmudi.co.id

Related Posts