Home » Berita » Ertiga di Thailand Punya Head Unit 10 Inci, Suzuki Indonesia Tak Mau Ikutan?

Ertiga di Thailand Punya Head Unit 10 Inci, Suzuki Indonesia Tak Mau Ikutan?

Suzuki Ertiga di Thailand (Foto: Suzuki)

Jakarta – Suzuki Thailand belum lama ini memberikan sedikit penyegaran kepada Ertiga yaitu berupa penyematan head  berukuran 10 inci. Penyematan head unit berukuran besar di Suzuki Ertiga menjadikannya terkesan mewah dan premium.

Berbanding terbalik dengan Ertiga yang dipasarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki di Indonesia. Mobil keluarga yang sudah dirakit lokal itu hanya mempunyai head unit berukuran 8 inci. Padahal Ertiga yang dipasarkan di Thailand merupakan hasil produksi dari pabrik Suzuki yang ada di Indonesia.

Lantas apakah Suzuki Indonesia tidak tertarik untuk ikut menyematkan head unit 10 inci di Ertiga?  Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT SIS, Harold Donnel, jawabannya tidak. Karena masing-masing negara memiliki karakter serta kebutuhan konsumen yang berbeda-beda.

“Kebutuhan market itu tidak hanya dilihat dari survei kepada masyarakat saja tapi juga dari price sensitivity yang ada di market tersebut. Nah pastinya price sensitivity di Thailand dengan di Indonesia pasti beda. Sehingga, mungkin secara produk strateginya juga berbeda antara Suzuki yang ada di Thailand ataupun di Indonesia.” kata Harold, saat konferensi pers virtual bersama rekan-rekan media, di Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Dirinya menambahkan, untuk pasar Indonesia sendiri Ertiga dengan head unit berukuran 8 inci dirasa sudah cukup. Selama ini lanjut dia belum ada pelanggan atau pemilik mobil Suzuki Ertiga komplain atau mengeluh dengan head unit yang sudah perusahaan sediakan.

“Selama ini masih diterima dengan baik di market Indonesia, dan puji Tuhan tidak mendapatkan banyak komplain dan tidak ada hal-hal yang sangat menggangu. Dan itu (head unit 8 inci) akan kami pertahankan dan pastinya akan menjadi subjek yang bisa di upgrade apabila dari market berbicara lain,” sambung dia.

Head unit 10 inci di Suzuki Ertiga (Foto: Suzuki)

Menawarkan Kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto

Tak cuma besar saja, head unit 10 inci yang ada di Ertiga untuk pasar Thailand sudah dibekali dengan berbagai fungsi tambahan. Di antaraya menawarkan kompatibilitas dengan Android Auto atau Apple CarPlay, konektivitas Bluetooth. Serta mendukung input USB, Aux dan HDMI. Layarnya memiliki desain terbaik yang belum pernah terlihat, bahkan ada di Suzuki Ertiga sebelumnya.

Di pasar Negeri Gajah Putih, Suzuki Ertiga buatan Karawang Jawa Barat itu ditawarkan dalam dua pilihan varian. Ertiga GL dibanderol dengan harga THB 6,59,000 atau sekira Rp293 juta, sedangkan Ertiga GX THB 7,25,000 atau Rp322 jutaan.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Penyebab radiator mobil rusak.
Previous post
Jelang New Normal, Ini Persiapan Penting Sebelum Berkendara Mobil
Next post
Suguhan Warna Baru Honda Vario, Tampil Lebih Sporty