Home » Berita » 5 Fakta Menarik IEMS 2019, Pameran Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia

5 Fakta Menarik IEMS 2019, Pameran Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat pembukaan IESM 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

JakartaBadan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) resmi menggelar Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 hari ini, Rabu (4/9/2019). Ajang pameran kendaraan listrik ini merupakan wujud kampanye pasca diundangkannya Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Acara pameran ini kemudian diklaim sebagai pameran khusus kendaraan bermotor listrik pertama di Indonesia. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan bersama dengan sejumlah produsen otomotif di Tanah Air menggelar Pameran dan Parade kendaraan listrik bertempat di Silang Monas, Jakarta Pusat pekan lalu.

Pembukaan acara di Kartika Expo Balai Kartini Jakarta pagi tadi ini turut dihadiri Kepala BPPT Hammam Riza, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Baca juga:

Bermodal Perpres Mobil Listrik, DFSK Siap Rilis Banyak Model Elektrik

 

Nissan Leaf di IEMS 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Lantas apa yang membuat pameran ini menarik?

5 Fakta Menarik Seputar Indonesia IEMS 2019

  1. Memperdalam Pemahaman Soal Kendaraan Listrik

Pameran ini merupakan upaya atau inisiatif untuk memperdalam dan memperluas pemahaman masyarakat Indonesia mengenai kendaraan bermotor listrik sebagai salah satu contoh disruptif teknologi terbaru.

“Acara ini mempunyai misi untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa penggunaan kendaraan yang bersifat ramah lingkungan sudah sepatutnya mendapat tempat di masyarakat. Respon positif dan antusias masyarakat secara luas, saya harapkan dapat tercermin dalam kegiatan ini,” jelas Kepala BPPT Hammam Riza.

  1. IEMS 2019 Digelar di Dua Lokasi dan Gratis

IEMS akan digelar di dua lokasi berbeda, Balai Kartini, Jakarta pada Rabu dan Kamis (4-5 September). Selama dua hari IEMS akan menyuguhkan berbagai acara seperti seminar, sharing knowledge, dan pengenalan produk kendaraan listrik secara lebih mendalam. Adapun narasumber yang hadir merupakan para stakeholder, pakar, akademisi, dan pelaku industri kendaraan listrik. Bagi Carmudian yang mau datang ke pameran ini tidak akan dipungut biaya apapun, alias gratis.

Beralih dari Balai Kartini Jakarta, gelaran IEMS 2019 pada 7 September 2019 akan dimulai dengan konvoi bersama menggunakan berbagai jenis kendaraan listrik dari Kantor BPPT Thamrin Jakarta menuju Kantor BPPT Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Peserta konvoi akan diajak untuk menyaksikan teknologi Fast Charging Station, Battery Testing Lab, hingga test drive kendaraan listrik.

Toyota Mirai di IEMS 2019. (Foto: Carmudi/Santo)
  1. Test Drive Kendaraan Listrik

IEMS 2019 akan menampilkan berbagai kendaraan listrik maupun hybrid, beragam komponen pendukung, baterai, charging station, hingga test drive kendaraan listrik.

  1. Reli Mobil Listrik

Pameran ini sekaligus menjadi garis finish dari perjalanan Tim Jambore Rally Mobil Listrik ITS Surabaya-Jakarta. Jambore tersebut merupakan reli kendaraan listrik melewati Jalur Selatan sejauh 800 km dari Surabaya menuju Jakarta yang dimulai pada 28 Agustus 2019 lalu.

Wuling E200 di IEMS 2019. (Foto: Carmudi/Santo)
  1. Diikuti 45 Peserta Pameran

Total ada 45 peserta ambil bagian di IEMS 2019, seperti kementerian, BUMN, akademisi, stake holder, industri komponen pendukung, dan para pelaku industri otomotif merek ternama, mulai dari Toyota, DFSK, Mitsubishi, Hino, Gesits, dan lainnya. Produk dalam negeri Indonesia turut hadir untuk memamerkan teknologi dan produk kendaraan listrik.

Baca juga:

Keuntungan Pakai Mobil Listrik di Jakarta, Banyak Keistimewaan dari Pemerintah

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Suzuki Satria FU150
Previous post
Simak Penyakit Suzuki Satria FU Bekas Sebelum Membelinya
Nissan Juke 2020, pakai mesin turbo dan tampilan baru.
Next post
Nissan Juke Generasi Baru Mulai Beredar, Pakai Mesin Turbo

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *