Berita

Fakta Tuksedo Studio, Seniman Lokal Pembuat Piala World Superbike 2021 Mandalika

Lombok — Gelaran World Superbike (WSBK) 2021 sesi ke-13 atau sesi terakhir telah bergulir di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain WSBK, di ajang tersebut digelar dua ajang balap lainnya; World Supersport 2021 dan Asia Talent Cup 2021.

Menariknya, trofi atau piala yang diberikan kepada pembalap ternyata hasil desain para seniman Tuksedo Studio dari Bali secara handmade alias dengan tangan langsung.

tuksedo studio bali

Hal tersebut dikatakan oleh Bambang Soesatyo, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI). Menurut Bamsoet, piala tersebut didesain khusus untuk memberikan fokus kepada simbol Mandalika sebagai sirkuit yang digunakan.

“Trofi dibuat secara handmade oleh para seniman Indonesia di Tuksedo Studio Bali, sehingga mampu meninggalkan kesan mendalam bagi para juara yang menerimanya maupun bagi penggemar balap pada umumnya,” ujarnya dalam siaran resmi.

Pria yang juga menjabat Ketua MPR Republik Indonesia ini juga menjelaskan jika material piala tersebut terbuat dari bahan aluminium yang dicampur stainless steel.

tuksedo studio bali

Paduan material tersebut diklaim sebagai gambaran dari Tuksedo Studio yang memang bergerak di bidang pembuatan kit car dan restorasi kendaraan. Tuksedo Studio sendiri memang lebih banyak menangani material aluminium dan stainless steel dalam setiap pengerjaannya.

IMI menggandeng Tuksedo Studio untuk membuat piala tersebut guna mendukung UMKM dalam negeri. Diharapkan UMKM ini bisa menunjukkan bahwa mereka mampu membuat karya berkualitas internasional.

“IMI senantiasa mendukung pelibatan UMKM industri dalam negeri untuk mendukung penyediaan sarana dan prasarana dalam setiap penyelenggaraan kejuaraan otomotif. Pelibatan UMKM menjadi bukti bahwa karya mereka memiliki kualitas internasional,” pungkasnya.

Tuksedo Studio sendiri berlokasi di Jl. Tukad Tampuagan No.356, Ketewel, Kabupaten Gianyar, Bali.

Selain membuat piala untuk kejuaraan balap di Mandalika, Tuksedo Studio juga pernah membuat mobil langka replika dari blueprint khusus.

Beberapa mobil yang pernah dibuat di antaranya adalah Porsche 356, Mercedes-Benz 300 SL Gullwing, Jaguar XK 120, Toyota 2000GT, Porsche 550 Spyder, Ferrari 250 GTO, Maserati 450S, dan masih ada beberapa mobil lain.

Bukti dari hasil karya mereka yang tidak main-main adalah pemesan yang datang dari para kolektor kelas kakap.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *