Home » Berita » Ferrari 488 Pista Resmi Hadir di Indonesia, Apa Spesialnya?

Ferrari 488 Pista Resmi Hadir di Indonesia, Apa Spesialnya?

Ferrari 488 Pista
Ferrari 488 Pista hadir di Indonesia. (Foto: Carmudi/Dimas)

JakartaFerrari Jakarta secara resmi menghadirkan unit pertama Ferrari Pista 488 untuk Indonesia, Jakarta, Kamis (9/5) kemarin. Acara yang dihadiri juga oleh Indraguna Sutowo selaku CEO Ferrari Jakarta ini dirasa cukup spesial. Pasalnya, Ferrari 488 Pista merupakan penerus seri spesial Ferrari bermesin V8. Sebelumnya, mesin V8 ini lebih dulu tersematkan di 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia, dan 458 Speciale. Mesin V8 sendiri banyak mendapat apresiasi yang sangat tinggi dalam hal performa dan juga handling.

Ferrari 488 Pista disebut sebagai mobil yang terinspirasi dari mobil balap Ferrari 488 GTE dan 488 Challenge. Mobil ini pun menandai sebuah langkah maju yang signifikan dari seri spesial sebelumnya baik dalam segi dinamika sporty maupun dalam tingkat teknologi yang diadopsi dari ajang balapan. Mengusung spesifikasi baru, 488 Pista ini pun diklaim memiliki bobot yang lebih ringan hingga 90 kg dibanding 488 GTB sebagai model lamanya.

Indraguna menuturkan bahwa pemangkasan bobot ini terjadi berkat penggunaan material serat karbon di banyak bagian 488 Pista.

“Spesifikasi Ferrari 488 Pista disesuaikan secara regional Asia Tenggara, pengurangan bobot itu karena beberapa bagian sudah pakai serat karbon,” ujar Indraguna.

Performa Ferrari 488 Pista Lebih Garang

Ferrari 488 Pista
Ferrari 488 Pista tampak depan. (Foto: Carmudi/Dimas)`

Jika bobot yang lebih ringan ini dikombinasikan dengan kenaikan tenaga mesin terbesar untuk mobil special series (+50 Hp), maka akan menghasilkan standar performa baru dari mobil sport bermesin V8. Sebelumnya, seperti yang dilaporkan dari ajang International Engine of The Year (IEOTY) Awards pada 2018 kemarin, mesin V8 Ferrari mampu menghasilkan tenaga 711 hp dengan torsi maksimal 770 Nm. Mobil bisa dipacu dari diam hingga 100 km/jam dalam 2,85 detik, dengan kecepatan maksimal 340 km/jam.

Tidak melulu soal mesin saja, Ferrari Pista 488 juga memanfaatkan performa aerodinamika. Salah satunya adalah mengadopsi desain S-Duct yang digunakan untuk mobil F1 dan desain diffuser tradisional. Selain itu, spoiler belakang juga dibuat lebih tinggi dan lebih panjang. Secara kolektif, intervensi tersebut membuat Ferrari 488 Pista punya downforce lebih baik sebesar 20%.

Ferrari 488 Pista
Ferrari 488 Pista tampak belakang. (Foto: Carmudi/Dimas)

Ferrari 488 Pista ini pun dibekali suspensi mumpuni guna menunjang performa kencangnya. Pemilihan suspensi kemudian didukung dengan ban baru yang dikembangkan khusus oleh Michelin. Ban disebut semakin tampak garang lantaran membalut pelek karbon baru berukuran 20 inci.

SERA luncurkan 3 aplikasi baru
Previous post
SERA Luncurkan Aplikasi Layanan Sewa dan Lelang Mobil
Next post
Hyundai Kona VS Honda HR-V, Mana yang Lebih Kaya Fitur?