Berita

Ferrari Terkuat yang Pernah Diproduksi Resmi Masuk Indonesia

Ferrari 812

Ferrari 812 Superfast resmi hadir di Indonesia (Carmudi Indonesia/Rosano)

Penulis : Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Jakarta – Meski tren dunia mengarah ke pengecilan kapasitas mesin atau yang lebih familiar disebut downsizing, Ferrari jadi salah satu pabrikan langka yang mempertahankan tradisi miliknya.

Yup, mesin besar 12-silinder dengan tenaga ekstra-kuat masih dipertahankan untuk karya terbaru Ferrari.

Seperti dibuktikan hari ini dengan peluncuran perdana Ferrari 812 Superfast di Indonesia oleh Ferrari Jakarta, Agen Pemegang Merek brand eksotis Italia ini di Tanah Air.

Bagi yang belum akrab, 812 Superfast adalah pengganti gran tourer terkencangnya, Ferrari F12 Berlinetta.

“Setiap kami memperkenalkan Ferrari adalah hari yang spesial, namun kali ini lebih spesial lagi dengan 812 Superfast karena mobil yang akan kami perlihatkan adalah Ferrari terkuat yang pernah diproduksi sejauh ini,” buka Marco Sambaldi, Head of Sales Ferrari South East Asia.

Mesin terkuat itu adalah sebuah jantung mekanis V12 dengan kapasitas 6.496 cc naturally aspirated yang sanggup menghasilkan tenaga 800 CV (789 hp) di 8.500 rpm, juga torsi 718 Nm di 7.000 rpm.

Kenaikan tenaga itu dapat diperoleh karena pemakaian 75 persen komponen baru di sektor mesin, juga kenaikan kapasitas dari sebelumnya 6.262 cc di Ferrari F12 Berlinetta sebelumnya.

Ferrari 812 Superfast Jadi Ferrari Terkencang

Ferrari 812 Superfast mampu berakselerasi dari 0-100 dengan waktu 2,9 detik (Carmudi Indonesia/Rosano

Disambungkan ke transmisi dual clutch-nya yang diprogram dengan rasio gir khusus. Ferrari 812 Superfast diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 2,9 detik dan dapat menembus kecepatan maksimum di atas 340 km/jam.

Dengan angka tersebut, 812 Superfast juga jadi Ferrari tercepat yang pernah diproduksi masal. Sesuai dengan namanya, Superfast.

Meski masih mempertahankan desain F12 Berlinetta secara keseluruhan, Ferrari 812 Superfast terlihat lebih agresif secara keseluruhan dibanding pendahulunya. Tentu sejatinya sebagai gran tourer yang sporty juga tak dilupakan dengan distribusi bobot 47% di depan dan 53% di belakang.

Oh ya, 812 Superfast ini juga ditunjukkan dengan warna spesial Rosso Settanta untuk merayakan ulang tahun ke 70 dari perusahaan ini.

Lebih keren lagi, 812 Superfast jadi Kuda Jingkrak pertama yang mengadopsi sistem Electric Power Steering (EPS). Dikombinasikan dengan Virtual Short Wheelbase (PCV) 2.0, kedua sistem ini membuat handling lebih baik lagi dengan mengurangi waktu respon dari kendaraan lebih jauh.

Berapa harganya? Seperti biasa, pihak Ferrari Jakarta enggan memberi angka persis banderol dari GT anyarnya ini. Yang jelas, ekspektasikan versi setir kanannya baru bisa mendarat di garasi rumah Anda tahun 2018 nanti.

Interior mewah Ferrari 812 Superfast bisa dirasakan pemilik di tahun 2018 (Carmudi Indonesia/Rosano)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts