Home » Berita » Tunggangan Baru Marcus Gideon dari Toyota Tidak Masuk Finalis Mobil Terbaik Eropa 2020

Tunggangan Baru Marcus Gideon dari Toyota Tidak Masuk Finalis Mobil Terbaik Eropa 2020

Dua unit Toyota GR Supra diserahkan kepada konsumen di sirkuit Sentul
Dua unit Toyota GR Supra diserahkan kepada konsumen di sirkuit Sentul

Jenewa – Mobil-mobil yang berhasil masuk ke babak final pemilihan mobil terbaik Eropa atau European Car of the Year 2020 telah diumumkan. Sebelum menentukan finalis, para dewan juri melakukan proses penyeleksian terhadap 35 mobil yang masuk ke dalam nominasi pemilihan mobil terbaik Eropa. Dari jumlah tersebut, salah satunya ada Toyota GR Supra. Tapi sayang mobil sport terbaru tunggangan pebulu tangkis Marcus Fernaldi Gideon tersebut gagal masuk final pemilihan mobil terbaik Eropa.

Sebanyak 60 orang dari 23 negara Eropa dilibatkan untuk menjadi juri pemilihan mobil terbaik Eropa. Para dewan juri telah bekerja cukup lama untuk menentukan 35 kandidat yang masuk nominasi. Supaya lebih mudah menetukan pemenang, juri kembali melakukan proses seleksi sehingga akhirnya terpilihlah tujuh mobil yang berhak masuk ke babak final. Ini dilakukan agar memenuhi syarat pemilihan, di samping semua mobil harus baru dan tersedia setidaknya di lima negara Eropa.

“Daftar singkat ini mewakili arah pengembangan saat ini dalam bisnis otomotif. Kami melihat elektrifikasi tengah berlangsung, serta mesin konvensional dengan standar tertinggi,” kata Frank Janssen, Presiden juri pemilihan mobil terbaik seperti dilansir dari Carscoops.

Dirinya menambahkan untuk pemilihan mobil terbaik Eropa kali ini kendaraan listrik diwakili oleh Porsche Taycan, dan Tesla Model 3. Sementara sisanya adalah mobil-mobil yang masih menggunakan mesin berbahan bakar fosil.

Para juri akan kembali melakukan pertemuan untuk menggelar pemungutan suara pada akhir Februari 2020. Dari pertemuan terakhir itu akan ditentukan siapa yang berhak menyandang predikat sebagai mobil terbaik Eropa 2020. Rencananya pengumuman pemenang dilakukan pada Maret 2020 bersamaan dengan pameran otomotif terbesar di Swiss yaitu Geneva Motor Show.

Finalis mobil terbaik di Eropa 2020 telah diumumkan. (Foto: Carscoops)

Daftar Finalis Mobil Terbaik Eropa 2020:

  • BMW 1-Series
  • Ford Puma
  • Peugeot 208
  • Porsche Taycan
  • Renault Clio
  • Tesla Model 3
  • Toyota Corolla.

Tahun lalu, pemenang utama mobil terbaik Eropa 2019 diraih oleh SUV listrik Jaguar I-Pace. Mobil listrik pertama Jaguar ini berhasil mengalahkan Alpine A110. Kemudian pada 2018 Volvo XC40 keluar sebagai pemenang, sedangkan pada 2017 ada Peugeot 3008, 2016 diraih oleh Opel/Vauxhall Astra, 2015 oleh Volkswagen Passat dan mobil terbaik Eropa 2014 kembali diraih oleh Peugeot 3008. Tak lama setelah menarik perhatian pengunjung di Paris Auto Show 2012, VW Golf Mk7 berhasil menyandang gelar mobil terbaik Eropa 2013.

infografis peugeot 3008

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Mazda3 Kembali Dinobatkan Sebagai Mobil Terbaik, Kali Ini di China

Previous post
Bandung Belum Terapkan Tilang Bagi Pelanggar Jalur Sepeda
Next post
Menko Marves Luhut: Kami Ingin Adanya Diversifikasi Produsen Mobil