Home » Berita » First Drive New Honda Mobilio, Rasa Sama Desain Lebih Segar

First Drive New Honda Mobilio, Rasa Sama Desain Lebih Segar

Jakarta – Pada Rabu (27/2) lalu, Carmudi Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mencicipi New Honda Mobilio. Sesi test drive yang diberikan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) ini ternyata cukup untuk memberikan impresi berkendara kepada kami.

Acara dimulai sejak pagi hari, pukul 09.00 WIB dengan berkumpul di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Para rombongan yang terbagi oleh 20 mobil New Honda Mobilio tipe E CVT ini ditantang untuk melibas rute BSD-Ancol. Rute pertama yang harus dilalui adalah BSD, Tangerang Selatan menuju rest area yang berada di KM6.

First Drive New Honda Mobilio
First Drive New Honda Mobilio, photo: Rizen

Sepanjang perjalanan, rombongan media yang terdiri dari media cetak dan online ini wajib melakukan checkpoint di lokasi pertama. Setelah melakukan checkpoint, peserta langsung menuju lokasi  kedua yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Impresi Berkendara New Honda Mobilio

Sebenarnya, untuk impresi berkendara yang diberikan oleh Mobilio terbaru ini sama saja dengan versi sebelumnya. Mengapa? Karena ubahan yang terjadi hanya di bagian eksterior dan interiornya saja.

Ubahan yang dilakukan oleh HPM hanya di bagian lampu yang kini proyektor, garnish pada bodikit, list orange pada tipe RS, velg desain baru dan head unit layar sentuh.

Sisanya, tak ada yang berubah masih sama seperti yang dulu. Carmudi Indonesia satu mobil dengan rekan media dari Liputan6.com dan Otosia.com. Pada sesi pertama, rekan media dari Otosia terlebih dahulu mencicipi New Honda Mobilio ini. Saya hanya duduk di belakang menjadi penumpang dan akan memberikan impresi sebagai penumpang di baris kedua.

First Drive New Honda Mobilio
First Drive New Honda Mobilio, photo: Rizen

Duduk di baris kedua mobil ini terasa sama. Ruang kaki dan ruang kepala yang diberikan mobil ini cukup lega bagi saya dengan postur 171 cm. Posisi duduk nyaman, dengan bangku yang dapat diatur reclining atau kemiringannya. Busa lebih tebal juga memberikan kenyamanan, karena semakin empuk untuk diduduki.

Hembusan AC di baris kedua juga tetap sama, berkat adanya double blower di bagian atas. Sayangnya, mobil test yang saya cicipi mengalami sedikit kendala di bagian head unit dan lampu kabin. Head unit yang tertanam pada mobil kami tidak dapat digunakan sama sekali. Tentu hal ini sangat membuat kami kecewa, karena kami tidak dapat mencicipi head unit yang katanya baru ini.

Head Unit dan Lampu Kabin Tak Berfungsi

Sayang beribu sayang, kami mendapatkan unit test drive yang head unitnya tak dapat digunakan. Perasaan kecewa tentunya ada, tetapi hal ini tak menjadi masalah besar bagi kami karena kami masih bisa menikmati perjalanan menggunakan lagu dari suara handphone yang disetel keras.

Setelah melalui PIK, kami pun langsung menuju lokasi Pantai Ancol untuk penghitungan konsumsi bahan bakar. Sebelum memulai perjalanan, pihak HPM memang memberikan tantangan liga irit kepada rekan media.

Sayang, konsumsi bahan bakar mobil kami hanya mencapai 1:17 km/liter dari Cilandak menuju Ancol. Konsumsi bahan bakar ini kami dapat dengan menjaga ritme kecepatan di angka 60-80 km/jam.

First Drive New Honda Mobilio
First Drive New Honda Mobilio, photo: Rizen

Putaran mesin tetap kami jaga di angka 2 ribu RPM, agar mendapat kecepatan konstan. Setelah tiba di Ancol, kami pun langsung menuju mall Ancol Beach City (ABC). Di lokasi ini, kami memarkirkan kendaraan untuk menuju sesi foto yang diadakan oleh Honda.

Sayangnya, lokasi parkir disini cukup minim cahaya. Sehingga minimnya cahaya tersebut membuat kami menyalakan lampu kabin untuk membantu penerangan.

Setelah menekan tombol, lampu kabin mobil yang kami gunakan ternyata juga tidak menyala. “Waduh, kenapa ini kok lampu kabinnya juga mati?,” kata pewarta yang semobil dengan kami. Setelah diusut, ternyata ada beberapa mobil unit test drive yang mengalami hal serupa dengan kami. Kami pun bertanya kepada Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM mengenai hal yang alami ini.

First Drive New Honda Mobilio
First Drive New Honda Mobilio, photo: Rizen

“Jujur saya tidak mengetahui hal ini secara pasti. Tetapi saya terima kasih atas informasi yang di dapat dari rekan media. Kami akan selidiki penyebab kerusakan tersebut. Nanti akan langsung kami cek dulu ya,” kata Jonfis saat dikonfirmasi mengapa ada unit yang mengalami mal fungsi fitur. Kendati mendapatkan unit test yang malfungsi fitur, kami pun sudah cukup mendapatkan impresi berkendara.

Hasil Impresi New Honda Mobilio

Secara keseluruhan, rasa berkendara New Honda Mobilio ini sama seperti generasi sebelumnya. Hanya saja desain dari New Honda Mobilio ini terlihat lebih segar dan lebih keren karena mendapatkan penyegaran. Honda Mobilio E CVT yang kami cicipi saat ini dibanderol Rp 225,5 juta. Harga tersebut merupakan harga on the road yang harus Anda tebus jika ingin meminang Low MPV yang satu ini.

First Drive New Honda Mobilio
First Drive New Honda Mobilio, photo: Rizen

Selain hadir dengan tampilan yang lebih segar, mobil ini juga memiliki kenyamanan yang cukup baik. Konsumsi bahan bakar yang dihasilkan dari mobil ini juga tergolong sangat irit, cocok digunakan untuk di perkotaan yang macet seperti Jakarta.(dol)

Kampas kopling motor
Previous post
Membandingkan Harga Oli Diesel vs Oli Motor, Bagaimana Ketahanannya di Mesin Motor?
Test Drive Wuling Almaz SUV di bawah Rp350 juta
Next post
Wuling Motors Ungkap Rahasia Dibalik Harga Murah Almaz