HomeReviewsFirst Drive Nissan Magnite, Gimana Rasanya Mesin Kecil Berturbo?

First Drive Nissan Magnite, Gimana Rasanya Mesin Kecil Berturbo?

first drive nissan magnite

Jakarta – First drive Nissan Magnite menjadi event pembuka yang diselenggarakan oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) di awal 2021 ini. Salah satu yang diunggulkan dari mobil ini adalah penggunaan mesin kecil dengan turbocharger.

Jujur saja, buat konsumen di Indonesia mesin kecil dengan turbo seperti ini masih jarang terdengar. Nah, Nissan Magnite ini punya turbo di mesin berkode HRA0.

Kapasitas dari mesin ini hanya 999 cc, 3 silinder yang ditambah tenaga dari turbo. Hembusan tenaga yang dihasilkan dari mesin kecil ini diklaim mampu mencapai 98,6 hp @5.000 rpm dengan torsi 160 Nm @2.800-3.600 rpm.

Tenaga ini pastinya didistribusikan ke roda bagian depan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

Spesifikasi dapur pacu tersebut tentu mengundang rasa penasaran akan performanya.

Gimana sih rasanya mesin kecil yang ada turbonya? Seberapa parah turbo lag yang dihasilkan?

Carmudi kebetulan mendapatkan kesempatan first drive yang diberikan oleh Nissan untuk menjajal si mobil buatan India ini.

Baca Juga: 

Eksterior Nissan Magnite

Secara dimensi, mobil 5 penumpang ini punya ukuran yang kompak dan tidak terlalu besar untuk ukuran crossover. Desainnya lumayan oke, cuma ada beberapa hal dari mobil ini yang membuat saya kurang sreg.

first drive nissan magnite

Misalnya seperti bagian gril, foglamp, dan terakhir pelek. Sejujurnya, pelek Nissan Magnite ini jadi bagian yang paling saya tidak suka dari semua bagian di mobil ini.

Mungkin karena mobil ini buatan India, makanya desain peleknya mengikuti selera masyarakat di sana.

Ah, tapi itu mungkin hanya perasaan saya saja ya rasanya. Oke, lanjut ke interior.

Interior Nissan Magnite

Sayangnya dalam first drive kali ini saya cuma mendapat kesempatan lebih kurang 15 menit saja. Sehingga saya tidak bisa mengeksplorasi interior yang ada di mobil ini secara detail.

Tapi begitu pertama kali duduk di mobil ini, hal yang saya suka adalah bagian jok yang dibuat seperti semi bucket.

first drive nissan magnite

Saya dengan postur 172 cm juga enggak terlalu susah masuk ke dalam kabin. Duduk di dalam mobil ini serasa duduk di dalam LCGC pada umumnya. Hanya saja posisi duduknya lebih tinggi seperti sebuah SUV.

Melihat material interior, menurut saya memang tidak menunjukkan kualitas yang oke. Namun dengan harga yang ditawarkan saya rasa sedikit kemahalan (overprice).

Tapi, fitur yang ada memang patut diacungi jempol. Nissan Magnite punya spidometer digital, Tire Pressure Monitor, Head Unit Touch Screen 8 inch, Cruise Control, Hill Start Assist, Camera 360, Vehicle Dynamic Control, dan Traction Control System.

First Drive Nissan Magnite

Walaupun hanya diberi kesempatan 15 menit, setidaknya saya punya gambaran mengenai mobil ini. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, gimana sih performa mesin kecil dengan turbo? Apakah lag nya parah?

interior nissan magnite

Selama mencicipi mobil ini, saya merasa performa mesinnya cukup oke.

Putaran mesin bawah dan tengah dari mobil ini cukup terasa. Hembusan tenaga dari turbo baru bisa dinikmati pada 2.500 rpm. Tenaganya terbilang cukup buat dinikmati di perkotaan seperti Jakarta.

Sayang, kondisi jalan yang macet saat saya test drive tidak bisa membuat mobil melaju kencang. Soal suspensi, rasanya mirip-mirip seperti Datsun Go tetapi Magnite terasa lebih solid.

Kekedapan kabinnya juga lebih baik dibanding Datsun Go maupun Datsun Go+ Panca.

Oh iya, visibilitas juga terbilang cukup baik. Hanya saja kaca spion tengah menurut saya ukurannya cukup kecil. Ditambah kaca belakangnya juga kecil, sedikit menyulitkan melihat kondisi belakang.

Data Spesifikasi Mesin Nissan Magnite

MesinHRA0
Jumlah Silinder3, Segaris
Kapasitas Mesin999cc
Teknologi Mesin
DOHC, Turbocharger, Mirror Bore Cylinder Coating
Tenaga Mesin
99 HP (100 PS) @ 5.000 rpm
Torsi Mesin (MT)
160 Nm @ 2.800-3.600 rpm
Torsi Mesin (AT)
152 Nm @ 2.200-4.400 rpm
Transmisi (MT)
Manual 5-percepatan
Transmisi (AT)CVT
Layout Mesin
Mesin Depan Penggerak Roda Depan
Kapasitas Tangki40 liter

Letak Posisi Fitur Cukup Aneh

Selama mengendarai Nissan Magnite, saya ditemani oleh karyawan produk Nissan. Ia menjelaskan sedikit fitur yang ada pada mobil ini.

Ada dua fitur yang menurut saya punya letak cukup aneh. Pertama adalah posisi Sport Mode dan kedua adalah tombol Cruise Control.

Tombol Sport Mode ditempatkan di belakang tuas transmisi. Jadi, buat memindahkan ke Sport Mode, pengemudi perlu menekan tombol yang berada di belakang tuas transmisi.

Sedangkan yang kedua, tombol Cruise Control diletakkan di bagian dasbor sebelah kanan setir. Padahal biasanya pabrikan memasang tombol Cruise Control di pengaturan pada setir.

Fitur lainnya yang punya letak cukup aneh adalah pengunci pintu yang ditempatkan di bagian tengah dasbor berupa tombol seperti tuas pesawat.

Sayang, first drive Nissan Magnite yang detail belum bisa saya dapatkan. Tapi, mesin yang tertanam pada Magnite ini cukup menyenangkan untuk dikendarai.

Walaupun 3 silinder tetapi tenaga yang dihasilkan tidak terlalu lemot-lemot amat. Masih oke lah buat dijadikan mobil harian di perkotaan.

Harga Nissan Magnite (OTR DKI Jakarta)

Nissan Magnite Upper 1.0L Turbo M/TRp208.800.000
Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo M/TRp226.300.000
Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo M/TDual ToneRp228.300.000
Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo CVTRp238.800.000
Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo CVT Dual ToneRp 240.800.000

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Riset Nissan Magnite
Previous post
Hasil Riset, Nissan Magnite Menawarkan Tiga Daya Tarik Utama
Mobil Daihatsu Terlaris
Next post
Mobil Daihatsu Terlaris Sepanjang 2020, Bukan Xenia

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *