BeritaMobilProdukSumber informasi

Fitur dan Harga Sokon Glory 580, Siap Jegal Honda CR-V dan Nissan x-Trail

Penulis: Dony Lesmana

Jakarta – Tahun depan, pasar mobil Sport Utility Vehicle (SUV) bakal diramaikan dengan pendatang baru dari Cina. PT Sokonindo Automobile akan meluncurkan ke pasaran subuah SUV Glory 580 dengan strategi harga bersaing.

Glory 580 merupakan mobil jenis SUV pertama yang diproduksi di pabrik baru Sokonindo Automobile yang berada di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten. Rencanannya akan dipasarkan mulai awal tahun dengan dua varian, 1.500 cc Turbo bertansmisi matic CVT dan mesin 1.800 cc dengan transmisi manual enam percepatan.

Alexander Barus selaku Chief Executive Officer Sokonindo Automobile mengatakan, semua hal yang dibutuhkan untuk pembuatan mobil baru, seperti uji jalan, sudah selesai dilakukan.

“Kami sudah siap untuk menjual. Kami siapkan dulu aftersales-nya, baru dijual. Untuk SUV ini mungkin awal 2018 bisa mulai masuk. Mungkin Februari, tapi terbatas dulu untuk Jabodetabek,” ujarnya di Serang, Banten, Selasa 28 November 2017.

Interior Sokon

Interior Sokon Glory 580. Foto/Carmudi.

Menurut dia, menentukan harga jual itu tidak mudah, karena dirinya tidak mau masyarakat menganggap mobil Cina itu murahan. Paling penting adalah konsumen harus tahu kalau fitur yang dibenamkan tidak kalah canggih.

Dan yang menjadi masalah lainnya, jika harga mobil dalam kondisi baru saja sudah murah, apalagi harga jualnya. “Glory 580 lengkap sekitar Rp300-350 juta,” tuturnya.

Sebagai informasi, harga tersebut jelas lebih murah ketimbang Honda CR-V 1.5L Turbo yang dibanderol Rp466 juta dan CR-V 1.5L Turbo Prestige Rp 506 juta.

Baca juga: Sokon Glory 580 Penantang Honda CR-V dan Nissan x-Trail Mulai Diproduksi

Fitur Canggih Glory 580

Kemunculan Glory 580 ini bisa mengancam kompetitor lain merek asal Jepang. Pasalnya fitur yang disematkan oleh Sokon pada Glory 580 ini terbilang cukup komplit, apalagi harganya akan berbeda jauh dengan kompetitor.

Selain mesin 1.5L turbo, ada juga mesin 1.8 liter dan pilihan transmisi manual 6-speed. Tampilan eksterior maupun interior juga sudah modern. Ada lampu proyektor dengan DRL serta lampu sein LED.

Mesin Sokon

Mesin turbo Sokon Glory 580. Foto/Carmudi.

Masuk dalam kabin interiornya sudah dibalut kulit. Juga dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 8 inci di tengah dashboard dengan fitur konektivitas ke smartphone dan juga navigasi. Tambah terlihat “jos gandos” mobil ini juga mempunyai Sunroof bahkan tersedia di semua tipe.

Balutan kulit menyelimuti lingkar kemudi dimana juga terdapat tombol audio dan piranti cruise control. Fitur kamera parkir sudah menjadi standar. Hal yang paling menarik dari mobil SUV Glory 580 adalah sudah dilengkapi dengan in-dash camera yang berfungsi untuk merekam perjalanan mobil.

Piranti ini jarang ada pada mobil kompetitornya, bahkan bisa dibilang tak ada mobil sekelas ini yang dijual di Indonesia menggunakan in-dash camera. Seperti Honda CR-V mobil ini tidak ada lagi tuas rem tangan, sudah menggunakan tombol elektronik. Kantong udara juga ada empat, dua di depan dan dua di samping. Tombol start/stop juga sudah tersedia, begitu juga dengan smart entry.

Selain tiap jok dilengkapi seat belt, piranti keamanan ada ABS, EBD dan juga Electric Brake Assist semakin lengkap dengan adanya Electric Stability Program (ESP).

Baca juga: Perang Merek Mobil Cina, Giliran Sokon Resmikan Pabrik di Indonesia

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts