Mobil

Fitur Hyundai Santa Fe 2021 Bisa Jaga Lajur, ‘Driver’ Tetap Harus Awas

Keberadaan Advanced Driver Assist System (ADAS) menjadi salah satu keunggulan Hyundai Santa Fe varian Signature yang didapuk sebagai opsi tertinggi. Fitur Hyundai Santa Fe 2021 yang satu ini tak dimiliki oleh dua varian lainnya, yakni Style dan Prime.

Di dalam fitur ADAS itu sendiri terdapat banyak sistem yang pada dasarnya bertujuan meningkatkan keselamatan sekaligus membuat aktivitas berkendara menjadi lebih mudah.

Fitur Hyundai Santa Fe 2021

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Carmudi merasakan sendiri manfaatnya pada kesempatan test drive yang diberikan PT Hyundai Motors Indonesia (HMDI), Kamis (29/4/2021).

Sistem Blind-spot View Monitor (BVM) adalah yang paling sering bekerja. Wajar saja, sistem ini aktif setiap kali pengendara menyalakan lampu sein. Begitu tuasnya digeser otomatis tampilan speedometer atau tachometer akan berubah menampilkan visual sisi samping kendaraan.

Visual yang ditampilkan mirip dengan apa yang nampak di kaca spion tapi sudut pandangnya sedikit lebih luas. Sistem ini bisa bekerja berkat adanya sepasang kamera yang menempel di spion.

Blind-spot View Monitor Hyundai Santa Fe 2021

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Faktanya, Hyundai Santa Fe Signature totalnya dilengkapi empat buah kamera di eksteriornya. Selain dua yang sudah disebutkan, kamera juga terletak di bagian depan dan belakang mobil.

“Karena ada empat kamera itu maka mobil ini juga bisa menampilkan Surround View Monitor (SVM) atau istilah umumnya kamera 360 derajat,” kata Bonar Pakpahan, Product Expert PT HMDI.

Tapi mungkin sistem ADAS yang paling menarik Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assists (LFA). Kedua sistem ini bekerja satu paket secara kontinyu ketika pengemudi mengaktifkannya.

Pada intinya sistem ini bertujuan menjaga posisi mobil tidak keluar lajur dan menjaga posisinya selalu berada di tengah-tengah lajur.

“Sistem ini menggunakan forward facing camera (kamera yang menghadap ke depan) untuk memantau garis marka jalan yang ada di depan kendaraan. Jika mobil semakin dekat dengan marka, mobil bisa melakukan intervensi setir,” jelas Bonar.

Bekerjanya sistem ini ditandai indikator warna hijau dengan visual gambar mobil diapit oleh dua garis.

Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assists (LFA)

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Penjelasan Bonar nyata adanya. Ketika Carmudi bersama rekan media lain coba mengaktifkan sistem ini di jalan tol, mobil memiliki kemampuan untuk melakukan koreksi setir saat hendak keluar lajur.

Meski demikian Bonar mengingatkan bahwa sistem LKA dan LFA adalah sebatas fitur keselamatan aktif. Bukan menjadikan mobil sebagai kendaraan otonom.

“Itu mengapa pengemudi harus tetap memiliki rasa tanggung jawab mengendarai mobilnya. Pengemudi harus selalu memegang setir mobilnya dengan kedua tangan setiap saat,” tegasnya.

Hyundai Santa Fe sendiri bisa mengetahui apabila pengemudi melepas kedua tangannya dari lingkar setir. Jika hal itu terjadi maka akan ada peringatan muncul di instrument cluster.

Warning ADAS Hyundai Santa Fe 2021

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Alasan lain pengemudi harus tetap mengendarai mobilnya dengan penuh perhatian ialah tak selamanya sistem LKA dan LFA bisa bekerja. Hal ini mungkin saja terjadi jika marka jalan menghilang atau hanya ada di satu sisi jalan.

“Mungkin dia (LKA dan LFA) akan tetap dalam posisi on. Tapi sudah tidak membaca adanya marka jalan. Jadi sekali lagi pengendara harus tetap mengendalikan mobilnya sendiri,” ucap Bonar.

Fitur ADAS juga masih menyimpan beberapa fungsi lain. Seperti halnya Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Blind Spot Avoidance Assist (BCA), Driver Attention Warning (DAW), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Safe Exit Assist (SEA), dan Rear Occupant Alert (ROA).

Harga Hyundai Santa Fe 2021

Fitur Hyundai Santa Fe 2021

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Seperti sudah disinggung, ADAS adalah serangkaian fitur Hyundai Santa Fe 2021 yang eksklusif hanya tersedia di varian Signature. Baik untuk model yang menggunakan mesin bensin 2.500 cc ataupun diesel 2.200 cc.

Secara keseluruhan masing-masing pilihan mesin itu punya tiga varian. Adapun daftar lengkap beserta harganya bisa disimak di bawah ini.

Model Harga
New Santa Fe G 2.5 6AT StyleRp569.000.000
New Santa Fe G 2.5 6AT PrimeRp599.000.000
New Santa Fe G 2.5 6AT SignatureRp678.000.000
New Santa Fe D 2.2 8DCT StyleRp629.000.000
New Santa Fe D 2.2 8DCT PrimeRp659.000.000
New Santa Fe D 2.2 8DCT SignatureRp729.000.000

Harga berdasarkan informasi yang didapat pada April 2021 dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts