Berita Sepeda motor

Fitur Ini Siap Permudah Kerja ABS di Masa Depan

ABS Bidik Pasar Potensial Indonesia

Jakarta – Bosch memulai pengembangan antilock breaking system ini pada 1984, dan sejak 1995 telah memproduksi lebih dari dua juta unit ABS untuk kendaraan roda dua.

Merek terkemuka Jerman ini melakukan studi bila 25% kecelakaan sepeda motor bisa dicegah apabila menggunakan peranti tersebut.

Mengandalkan ABS untuk pencegahan kecelakaan bagi Bosch tampaknya tidak cukup. Merek yang masuk ke Indonesia sejak 1919 ini memperkenalkan kendali stabilitas sepeda motor (motorcycle stability control/MSC).

Piranti yang lahir pada 2013 ini mengamati parameter pada sepeda motor seperti sudut kemiringan. MSC bisa langsung mengatur rem elektronik dan intervensi akselerasinya sesuai dengan kondisi pengendara.

“Bosch secara konsisten menghadirkan solusi inovatif guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara roda dua. Salah satunya, melalui pengembangan Anti-lock Braking System (ABS) untuk sepeda motor yang telah kami kembangkan sejak lebih dari 30 tahun lalu,” ujar Ralf von Baer, Managing Director Bosch di Indonesia, melalui keterangan resminya.

MSC melalui side view assist akan memudahkan kinerja ABS di masa depan. Fitur side view assist mengecek apakah ada bahaya di kedua sisi sepeda motor yang menjadi area yang sulit dilihat oleh pengendara. Saat berpindah jalur, side view assist memanfaatkan sensor ultrasonik membantu menghindari risiko tabrakan.

ABS Side View Assist

ABS Side View Assist

Indonesia merupakan pasar kendaraan roda dua ketiga terbesar di dunia, setelah Tiongkok dan India. Tidak hanya potensial dari sisi penjualan, risiko kecelakaan di Tanah Air juga tinggi.

Menurut Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri), kurun waktu Januari-Juni 2016 terjadi 51.917 kecelakaan di jalan raya. Data tersebut bahkan menyebut mayoritas kecelakaan melibatkan pengendara sepeda motor. Total 34.578 kejadian dengan lebih dari 90 persen korban meninggal dunia.

Populasi sepeda motor bermesin kecil di Indonesia dan Kawasan ASEAN pada umumnya, jadi bidikan baru Bosch. Merek yang didirikan oleh Robert Bosch memperkenalkan ABS10 pada 2015. Dengan desain yang lebih kecil dan ringan, ABS10 lebih memudahkan produsen dalam mengaplikasikannya di sepeda motor kecil.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts