Home » Berita » Fitur Peugeot 5008 Melimpah, Tapi Tak Bisa Sembarangan Ganti Pelek

Fitur Peugeot 5008 Melimpah, Tapi Tak Bisa Sembarangan Ganti Pelek

Peugeot 5008
Peugeot 5008 punya fitur yang melimpah di segmen SUV 7-seater. (Foto: Carmudi/Rizen)

Tangerang – Astra Peugeot mengajak rekan media untuk mencicipi dan mengulas fitur Peugeot 5008 hari ini, Kamis (04/07/2019). Acara test drive ini pun dilaksanakan setelah SUV asal Perancis ini resmi meluncur pada pekan lalu. Kira-kira, bagaimana impresi yang dihasilkan oleh mobil berkapasitas 7 penumpang ini?

Test drive dilakukan di kawasan BSD, Tangerang tak jauh dari diler Peugeot. Sebelum memulai sesi test drive Peugeot 5008, rekan media diajak untuk mengikuti briefing. Briefing yang dikomandoi oleh Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot merupakan pengenalan mengenai fitur pada mobil tersebut.

Ia menjelaskan secara detail mengenai seluruh aspek yang ada pada SUV ini. Mulai dari bagian luar mobil hingga bagian dalamnya. Sekitar 10 jurnalis yang datang memenuhi undangan test drive pun kemudian mengulitinya habis-habisan.

“Sebelum memulai test drive, kami ingin memberitahukan mengenai detail mobil. Jadi seluruh bagian pada mobil sebisa mungkin harus diketahui oleh para media yang hadir. Mulai dari eksterior, interior, mesin dan fitur yang diusung,” buka Samsudin di sela acara.

Pada sesi pertama, rekan media diajak untuk mengetahui fitur utama Peugeot 5008. Mulai dari lampu senja Adaptive, Auto Tailgate, hingga i-Cockpit. Peugeot 5008 ini juga dibekali dengan Adaptive Foglamp. Adaptive Foglamp ini dapat menyesuaikan nyala lampu dengan arah belok kemudi. Jika kemudi berbelok ke kanan, maka lampu sebelah kanan foglamp akan menyala dan berlaku sebaliknya.

Ruang bagasi Peugeot 5008
Potensi ruang bagasi Peugeot 5008. (Foto: Carmudi/Rizen)

Ruang bagasi Peugeot 5008 pun dapat dimaksimalkan dengan merebahkan jok penumpang baris ke tiga dan ke dua. Uniknya lagi, jok baris ke tiga dapat dilepas dari tempatnya.

“Jika jok baris ke tiga, ke dua dan penumpang depan direbahkan bisa membuat ruang bagasi jadi besar, hingga mencapai 2 ribu liter jika semua kursi kecuali kursi pengemudi direbahkan,” lanjut Samsudin.

Ini menjadi salah satu bagian terunik dari mobil ini. Fitur Auto Tailgate juga dapat diaktifkan menggunakan gerakan kaki dan remote. Untuk membuka bagasi hanya perlu mendekatkan kunci dan mengayunkan kaki di tengah bumper belakang. Cara ini menjadi cara mudah untuk membuka pintu saat membawa barang banyak. Seluruh kaca jendela samping juga dapat dibuka melalui kunci, saat mobil dalam keadaan mati.

Fitur Peugeot 5008 Lengkap dan Canggih

Interior Peugeot 5008
Interior Peugeot 5008 dengan segala fitur yang tersematkan. (Foto: Carmudi/Rizen)

Banyaknya sensor pada mobil ini membuatnya terasa lengkap dan canggih, salah satunya adalah bagian pelek. Tak kalah menarik, mobil ini tidak bisa sembarangan mengganti pelek. Pelek bawaan mobil berukuran 18 inci. Tetapi jika peleknya diganti dengan pelek buatan aftermarket, sensor berpotensi menyala.

“Peugeot 5008 ini sudah dilengkapi dengan grip control. Jadi pelek barunya harus sesuai dengan bobotnya. Kalau kurang berat bisa mempengaruhi sistem dan ABS. Diameter pelek juga berpengaruh, jadi harus dikonfigurasi ulang di diler resmi kalau ingin mengganti pelek. Kalau dipaksakan untuk ganti pelek dan ban, jadi sensornya akan terus menyala, sensor ESP dan ABS pasti akan berkedip terus,” jelas Samsudin.

Ia menyarankan jika ingin mengganti pelek, sebaiknya berdiskusi dulu dengan diler. Sebab, jika sensor pada mobil menyala jelas akan mengurangi kenyamanan.

“Untuk setting konfigurasi itu kita ada semua. Misal mau ganti pelek 17 atau 19 inci, kita sudah ada setting-nya sendiri. Lebar pelek juga berpengaruh,” tutupnya.

Peugeot 5008 ditawarkan dengan harga Rp820 juta. Mobil berstatus CBU ini sudah mulai dijual secara resmi oleh Astra Peugeot sejak minggu lalu. Selain punya desain unik, fitur juga cukup berlimpah. Salah satunya adalah Built-In Parfume, Park Assist, Grip Control, Panoramic Sunroof, HSA, HDC hingga Cruise Control. (dms)

Garansi Kia
Previous post
Kia Sedang Alami "Turbulensi" di Indonesia
VW Tiguan Allspace
Next post
Sebelum GIIAS 2019 Dimulai, VW Nyolong Start Perkenalkan Tiguan All Space ke Konsumen Indonesia