BeritaProdukSepeda motor

Fitur Rahasia BMW C400X, Sudah Pada Tahu Belum?

Jakarta – Pada akhir pekan lalu, PT Maxindo Moto Nusantara APM BMW Motorrad resmi meluncurkan motor barunya. Motor baru ini merupakan skuter matik (skutik) ber-cc besar dengan nama BMW C400X. Yang cukup menarik, ternyata skutik ini punya fitur rahasia BMW yang belum semua orang tahu.

Motor yang pertama kali diperkenalkan pada ajang EICMA 2017 ini punya banderol harga melebihi Xpander. BMW Motorrad menjual mobil ini di kisaran Rp 259 juta off the road. Wah, mahal banget ya untuk ukuran skutik. Eits, tapi tenang dulu. Jangan cuma dilihat harganya aja dong, liat dulu fiturnya.

Sebelum membahas lebih jauh ke fitur rahasia BMW ini, bakalan lebih asyik kalau kita bahas dulu eksteriornya. Gimana sih tampilan eksterior dari BMW C400 X ini?

Eksterior BMW C400X

Sepeda motor terbaru yang dijual BMW Motorrad ini punya desain yang futuristik dan modern. Hal itu bisa dilihat dari tarikan garis tegas yang ada pada bagian bodinya. Tarikan bodinya tegas yang memberikan kesan agresif. Secara tampilan, ini lumayan keren sih untuk sebuah skutik. Untuk dimensinya, motor ini memiliki panjang 2.210 mm, lebar 835 mm, dan tinggi 1.305 mm.

Jika dilihat dari depan, BMW C400X ini memiliki tampilan layaknya BMW F850GS. Mulai dari spakbor, hingga lampu rasanya motor ini mengadopsi dari model motor adventure tersebut. Salah satu penanda motor ini mirip dengan motor adventure F850GS adalah penggunaan lampu.

Lampu depan BMW C400X ini di desain asimetris, lebih besar di bagian sebelah kiri dibanding kanan. Di bagian dalam, terdapat lampu LED DRL berbentuk huruf Y yang terbaring horizontal. Di bagian atas lampu terdapat sebuah wind screen berwarna bening yang membuat skutik ini terlihat gagah.

Sayangnya, wind screen ini tidak dapat diatur kemiringannya alias statis. Kalau skutik lain memiliki lampu sein di bagian atas, berbeda dengan BMW C400X ini. Motor ini memposisikan lampu sein LED di bagian bodi bagian samping. Lampu sein ini diposisikan tepat di atas spakbor dan berada di samping dari lampu utama.

Di bagian dek bagian tengah, BMW C400X ini memiliki lubang pengisian bahan bakar di bagian tengah. Kapasitas tangki bahan bakar ini mampu memuat 12,8 liter bahan bakar. Untuk menempuh perjalanan jauh, motor ini benar-benar bisa diandalkan. Jok motor ini dibuat bertingkat dengan lebih rendah di bagian pengemudi.

Untuk bagian boncenger, posisi duduknya akan lebih tinggi karena busa yang disediakan sangat tebal. Jok ini dilapis dengan bahan kulit yang berpadu 2 warna, hitam dan abu-abu. Karakter busanya empuk, maklum BMW C400X ini memang diperuntukkan untuk keperluan dalam kota yang membutuhkan kenyamanan tinggi.

Berlanjut ke bagian belakang. BMW C400X ini memiliki lampu sein di bagian belakang. Lokasinya tepat berada di sisi lampu rem. Oh iya, lampu sein ini sudah menggunakan lampu LED yang cukup keren. Di bagian bawah juga terdapat knalpot yang di desain sedemikian rupa untuk membuat tampilan motor ini menjadi semakin tangguh.

Knalpot yang pada BMW C400X ini cukup besar, dengan lubang yang berjumlah 1 pada bagian pembuangan. Knalpot ini berbahan stainless steel dengan paduan warna hitam doff.

Fitur Berlimpah BMW C400X

Mengapa kami menyebut sepeda motor BMW C400X ini dibekali fitur berlimpah? Mulai dari awal ya. Sepeda motor ini sudah menggunakan mode tanpa kunci alias keyless entry. Untuk menyalakan motornya Anda hanya cukup menekan tombol power yang terletak di bagian tengah setang.

Setelah ditekan, layar di bagian setang motor ini akan menyala dan memunculkan logo X. Layar ini memakai layar sentuh dengan TFT yang berukuran 6,5 inci dengan Multi Controller di bagian handle sebelah kiri. Ada beberapa informasi yang ditampilkan oleh layar ini. Mulai dari odometer, suhu lingkungan sekitar, jam, kecepatan hingga jarak tempuh dari motor ini.

Untuk mengakses berbagai pengaturan yang ada pada BMW C400X, Anda cukup menekan tombol menu di setang bagian kiri. Di menu ini Anda dapat masuk ke Setting untuk melakukan berbagai pengaturan. Lampu depan bisa diatur otomatis menyala saat gelap atau manual. Ada juga pengaturan untuk jam, GPS, tekanan ban, temperatur mesin, dan konsumsi bahan bakar dari motor ini.

Selain itu, layar ini juga dilengkapi dengan perangkat Bluetooth. Perangkat ini dapat di sinkronisasi dengan gadget yang Anda miliki. Bluetooth ini dapat digunakan untuk memutar lagu, atau memasang perangkat intercom bluetooth dari helm. Gila, canggih kan fiturnya?

Soal pengaturan cahaya dari layar TFT ini juga dapat diatur sedemikian rupa. Nggak ada tuh alasan terlalu terang atau terlalu gelap, tinggal atur sendiri deh. Selain fitur di atas, ada juga fitur Media, Telephone dan Navigation yang semuanya dapat digunakan dengan mengunduh aplikasi dari BMW.

Glove Box pada BMW C400X

Selain fitur di atas, masih ada lagi nih fitur penyimpanan pada motor ini. BMW C400X ini punya glove box berjumlah 2 buah di kiri dan kanan. Glove box di sebelah kanan terdapat lubang pengisian daya dengan ruang yang cukup besar. Sayangnya di glove box sebelah kiri kosong, dan ruang penyimpanannya cukup kecil. Tapi masih oke lah.

Tepat di bagian bawah tombol kunci start, terdapat tuas untuk pembuka jok. Nah, disini joknya sudah dilengkapi dengan perangkat hidrolik. Di bagian dalam bagasi juga terdapat lampu LED yang mampu memberikan penerangan saat malam hari membuka bagasi. Ada satu fitur rahasia BMW yang cukup canggih pada BMW C400X ini.

Sebagai gambaran, BMW C400X ini punya fitur rahasia BMW bernama Flex Case untuk menambah kapasitas bagasi. Bagasi bagian belakang ini mampu dimaksimalkan dengan menarik tuas di dekat lampu bagasi. Seketika ditekan, voilaaa bagasi akan turun dan menambah kapasitas muat. Tetapi, fitur rahasia ini hanya bisa digunakan saat motor sedang berhenti saja, lho.

Suspensi BMW C400X

Suspensi bagian depan BMW C400X ini memakai teleskopik berukuran 35 mm. Di bagian bawah terdapat cakram ganda berukuran 265 mm dengan kaliper 4 piston buatan BYBRE. Wow! Agar semakin gambot, velg depan dijejali dengan ukuran 3.50 ring 15 inci yang dibalut ban 120/70-15. Gimana gimana?

Lanjut di bagian belakang. Suspensi ganda dengan pengaturan preload 5 macam ditanamkan pada skutik bongsor ini. Di bagian bawah, terdapat rem cakram tunggal ABS berukuran 265 mm yang hanya dijepit kaliper 1 piston saja. Soal ukuran velg belakang, sepeda motor ini dibekali dengan ukuran 4.25 ring 14 inci. Lebih besar dibanding dengan yang depan.

Velg tersebut dibungkus dengan ban berukuran 150/70-14. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan rem ABS dual channel. Mantap nih buat berkeliaran di Jakarta. Semuanya sudah dibahas dengan lengkap nih, bagaimana dengan mesinnya?

Mesin BMW C400X

BMW C400X dibekali dengan mesin injeksi berkapasitas 350 cc, 1 silinder, SOHC, berpendingin cairan. Sepeda motor ini merupakan sepeda motor overbored, alias diameter pistonnya lebih besar dibandingkan dengan langkah pistonnya. Sehingga diklaim mampu memberikan tenaga yang cukup mengasyikkan.

Mesin ini mampu memproduksi tenaga hingga 34 hp dengan torsi maksimal di angka 35 Nm. Bagi kalian yang ingin memiliki sepeda motor dengan desain yang anti mainstream, BMW C400X ini sangat cocok. Desain futuristik, keren, fitur sangat berlimpah menjadi alasan kalian memboyong sepeda motor yang satu ini.

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts